8 Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Anda

Tipscaraalami.com - Manfaat kuning telur - Kuning telur adalah suatu bagian dari telur yang merupakan makanan dari embrio. Pada bagian telur, kuning telur ini berada di tengah-tengah putih telur atau terapung diantara putih telur. Kenapa disebut kuning telur? Sederhana saja, karena warnanya warna kuning, makan sangat mudah untuk di ucapkan.


manfaat kuning telur
Manfaat Kuning Telur (c) Pixabay.com/byrev
Kuning telur selain dijadikan makanan atau lauk, ternyata terdapat berbagai macam manfaat bagi kesehatan, apalagi kuning telur ayam kampung, pasti sudah banyak yang mencobanya dan tidak perlu diragukan lagi khasiat kuning telur.

Selain memakan putih telurnya saja, Anda patut juga mencoba kuning telur, karena kandungan kuning telur ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, inilah 8 manfaat kuning telur bagi kesehatan.


Manfaat Kuning Telur

1. Bagus bagi perkembangan otak
Manfaat kuning telur bagi tubuh yang pertama adalah dapat membantu tumbuh kembangnya otak lebih baik lagi karena kuning telur kaya akan kandungan chlorine, yaitu zat mineral yang baik untuk perkembangan otak.

2. Manfaat kuning telur bagi ibu hamil
Bagi ibu hamil atau menyusui, ternyata mengkonsumsi kuning telur bermanfaat penting dalam membantu perkembangan otak janin.

3. Tidak perlu takut kelebihan kolesterol
Karena satu butir telur saja cuma terdapat 280 - 190 miligram kolesterol. Jadi tidak perlu kuatir mengkonsumsi kuning telur akan kelebihan kolesterol di dalam tubuh, karena tubuh manusia saja membutuhkan maksimal 300 miligram kolesterol perhari.

4. Bagus bagi anak
Bagi anak-anak, kuning telur juga bermanfaat penting bagi tumbuh kemban otak dan kesehatan mereka. Jadi jangan ragu untuk memberi makan kuning telur bagi anak-anak.

5. Bermanfaat bagi tulang
Manfaat kuning telur lainnya adalah untuk tulang kuat. Kuning telur kaya akan nutrisi, beberapa nutrisi tersebut adalah kalsium, zat besi, fosfor, dan zat seng. Kalsium baik untuk memperkuat tulang, zat besi untuk pembentukan sel darah merah dan membantu meningkatkan fungsi otak serta sistem kekebalan tubuh. Sementara zat seng bekerja sebagai antioksidan sekaligus melindungi kesehatan tulang. Jadi tidak hanya dengan meminum susu saja supaya tulang kuat, Anda cukup mengkonsumsi kuning telur saja.

6. Omega-3
Tak hanya pada ikan, kuning telur juga kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan ini bermanfaat sangat baik bagi pertumbuhan beberapa organ dalam tubuh manusia.

7. Penyakit berbahaya
Kuning telur juga mengandung vitamin bernama kartenoid yang membantu melindungi tubuh dari degenerasi makula. Degenerasi makula adalah penyakit yang bisa menyebabkan kebutaan. Jadi jangan mengabaikan untuk tidak mencoba kuning telur.

8. Manfaat lainnya
Para ahli berpendapat bahwa makan satu butir telur atau hanya kuning telur lebih baik daripada makanan olahan atau junk food.

Itulah beberapa manfaat kuning telur bagi kesehatan. Anda bisa memakan 1-3 butir telur atau kuning telur setiap hari. Tapi bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol tinggi, Anda perlu hati-hati dalam memakannya, lebih baik konsultasi pada dokter, karena kuning telur berbahaya dan dapat meningkatkan penyakit jantung bagi penderita penyakit jantung bila mengkonsumsi berlebihan.

Selain mengetahui manfaat kuning telur, Anda wajib juga membaca manfaat mengkonsumsi telur secara mentah dan juga manfaat putih telur bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!