5 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - 5 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan - Yang dimaksud dengan putih telur adalah bagian putih yang terdapat pada sebuah telur atau disebut albumen. Putih telur pada sebuah telur berfungsi melindungi kuning telur dan  menyediakan nutrisi tambahan supaya embrio dapat tumbuh sempurna.

Namun, putih telur tidak se-populer dengan kuning telur, banyak yang membuangnya dan hanya menikmati kuning nya saja. Padahal kandungan protein pada putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apakah Anda juga termasuk yang hanya menikmati kuning telur saja? Bila iya, mulai sekarang Anda patut mencoba mengkonsumsi putih telur dan merasakan manfaat dibawah ini. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini manfaat putih telur bagi kesehatan.


Manfaat Putih Telur

1. Membangkitkan energi
manfaat putih telur
(c) Pixabay.com/Nemo
Manfaat putih telur yang pertama adalah dapat membangkitkan energi. Albumen atau protein yang tinggi pada putih telur mudah diserap oleh tubuh dan memberikan suntikan energi instan ke dalam tubuh.

2. Memperkuat otot
Manfaat putih telur untuk otot adalah memperkuat dan membentuk otot. Pada putih telur kaya akan protein dan asam amino yang dapat dengan mudah membentuk otot. Selain itu, kandungan lutein salah satu zat karoten dalam putih telur juga dapat memperkuat tulang. Mungkin alasan tersebutlah para penggila tempat fitness menyukai putih telur.

3. Dapat menurunkan berat badan
Selain membentuk otot, manfaat putih telur lainnya adalah putih telur dapat menurunkan berat badan. Hal tersebut disebabkan karena protein pada putih telur rendah akan kalori dan lemak daripada kuning telur. Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet, tak salahnya mencoba mengkonsumsi putih telur ini.

4. Dapat menurunkan kadar kolesterol
Selain itu, kadar kolesterol pada putih telur sangat rendah bila dibandingkan dengan kuning telur. Jadi sangat cocok untuk Anda konsumsi karena menurunkan kadar kolesterol dan bagus bagi melancarkan diet Anda.

5. Menurunkan stres
Kadar kalium yang ada di dalam putih telur selain baik untuk memperbaiki sistem saraf juga baik untuk meredakan stres dan juga depresi. Jadi selain manfaat di atas juga dapat mengatasi dan mengontrol stres Anda.

Itulah beberapa manfaat putih telur bagi kesehatan. Jadi jangan membuangnya lagi, karena begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan. Selain menikmati telur dengan cara merebusnya, mengkonsumsi telur secara mentah juga bermanfaat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!