Tipscaraalami.com - Cara mengatasi anak susah makan - Apakah anak susah makan sayur, anak susah makan nasi, atau makanan sehat lainnya dan anak susah makan umur 1 tahun dan umur lainnya? Semuanya dapat diatasi bila ada keseriusan, kesabaran dan tau apa yang harus Anda lakukan. Tapi tenang saja, karena kami akan membagikan tips jika anak Anda susah makan.

Memang banyak para ibu mengeluh dan kuatir pada anak mereka karena tidak mau makan dan anak susah makan. Banyak cara yang dilakukan para orang tuan untuk cara mengatasi anak susah makan. Tapi apa boleh buat, segala cara yang telah dilakukan tetap gagal membuat anak untuk mau makan. Kalau sudah begini, banyak orang tuan pada stres karena memikirkan anak mereka yang tidak mau makan.

cara mengatasi anak susah makan
Anak susah makan (c) Pixabay.com/digihanger
Sebenarnya hal seperti ini terjadi pada semua anak yang pada masa pertumbuhan. Penyebab anak susah makan bisa terjadi karena mereka terlalu asyik bermain dengan permainannya dan mendapat gangguan pada saat mereka sedang asyik bermain. Gejala anak susah makan lainnya juga bisa disebabkan karena mereka pilih-pilih makanan.

Ada beberapa cara untuk menyiasati anak susah makan. Nah, supaya si kecil kesayangan Anda mau makan, ini cara mengatasi anak anak susah makan seperti dilansir dari Meetdoctor.com.


Cara Mengatasi Anak Susah Makan

1. Memahami selera makan si kecil
Yang perlu di perhatikan pada saat memberikan makan anak Anda, jangan sekali-kali memaksakan anak untuk makan bila mereka tidak lapar, contohnya membuka mulut mereka. Bila Anda melakukan hal ini, maka mereka semakin tidak mau makan. Yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui apa makanan kesukaannya dan perhatikan juga bahwa makanan itu bergizi dan bervitamin. Anda bisa memasukkan vitamin anak susah makan supaya mereka lebih bernafsu untuk menyantap makanan.

2. Membuat makanan yang menarik
Selain itu, buat pula desain makanan yang akan Anda berikan pada anak terlihat lebih menarik dan lucu-lucu. Karena anak-anak sangat menyukai makanan-makanan yang berbentuk benda kesukaannya dan jangan lupa pula yang berwarna cerah. Hal tersebut dapat membangkitkan selera makan mereka.

3. Bersabar dengan menu baru
Jangan memaksakan anak untuk memakan makanan menu baru atau makanan yang belum mereka lihat dan rasakan sebelumnya. Mereka tidak biasa akan hal baru-baru, termasuk dengan makanan. Anak-anak cuma akan menciumnya dan mencicipi sedikit saja lalu menaruhnya kembali. Jadi Anda harus sabar menghadapinya, karena nanti lama-kelamaan mereka akan terbiasa juga.

4. Buat jadwal makan si kecil
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi anak susah makan adalah dengan cara membuat jadwal makan mereka. Anda bisa mengatur waktu kapan sikecil makan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur jadwal makan besar sehari 3 kali. Selain makanan besar, usahakan anak juga mendapat makanan ringan yang menyehatkan. Pilih makanan yang sehat, seperti sayur dan buah, dan jangan memberikan anak Anda makanan olahan, contohnya mie instant dan makanan yang mengandung gula dan tepung.

5. Jangan pilih makanan cepat saji
Jangan sekali-kali memberikan makanan cepat saji kepada si kecil Anda, baik di bawah satu tahun atau satu sampai remaja. Makanan cepat saji atau makanan olahan tidak memberikan nutrisi apa-apa bagi anak, malah akan menghambat penyerapan nutrisi anak Anda. Solusinya, buatlah makanan Anda sendiri yang lebih sehat dirumah.

6. Libatkan anak dalam menyajikan makanan
Cara lainnya cara mengatasi anak susah makan adalah dengan cara melibatkannya dalam membuat makanan sehat. Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah melibatkannya dalam berbelanja bahan masakan dan memilih buah dan sayur kesukaan mereka pada saat memasak. Dengan cara begini, mereka akan penasaran dengan masakan yang dimasak bersama tadi, dan membuat mereka tak sabaran untuk menyantapnya.

7. Jangan menawarkan makanan penutup di awal
Selain itu, jangan memberikan makanan penutup pada awal. Mereka akan menganggap makanan penutup sebagai makanan terbaik dan inti, jadi mereka akan melewatkan makanan utama yang sebenarnya. Dan anak Anda akan merasa kenyang dengan makanan penutup di awal tadi, jadi melupakan makanan utama. Usahakan untuk memberikan makanan utama pada saat mereka makan.

8. Berikan contoh 
Tau kah Anda bahwa apa yang orang tua lakukan pasti akan ditiru oleh anak. Jadi lakukan hal-hal yang baik, berikan contoh pada anak Anda dengan cara memakan makanan yang sehat. Jadi sikecil akan meniru Anda untuk mau makan makanan sehat tersebut.

9. Minimalkan gangguan
Pas pada saat jadwal makan sikecil tiba, segera minimalkan semua gangguan. Anda bisa mematikan televisi, menjauhkan mereka dari mainannya dan lain-lain. Karena dengan gangguan semua itu akan membuat mereka tidak mau makan dan malah asyik sama yang lainnya.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi anak susah makan dan tidak mau makan. Lakukan cara mengatasi anak susah makan diatas supaya anak Anda mau memakan makanan yang Anda berikan. Bila semua hal di atas sudah Anda lakukan dan anak Anda tetap tidak mau makan, segera pergi ke dokter anak, dokter anak akan memberikan solusi yang tepat. Selain itu, wajib juga untuk mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga bayi yang benar dan makanan yang bisa memperbanyak ASI. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top