5 Obat Luka Bakar Alami Menyembuhkan Secara Tradisional

Tipscaraalami.com - Obat luka bakar - Banyak penyebab dan kejadian yang tak sengaja membuat kulit terbakar dan menyisakan luka, seperti luka bakar terkena knalpot, minyak panas, air panas, bahkan zat kimia. Kulit yang terbakar akan terkelupas dan meninggalkan luka.


obat luka bakar
Obat Luka Bakar (c) Wikipedia.org
Penanganan luka bakar bila sangat parah Anda bisa meminta pertolongan ke rumah sakit, dan bila luka bakar yang Anda alami kecil dan tidak parah, pengobatan luka bakar bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

Seperti dilansir dari Healthmeup.com, ini 5 obat luka bakar ringan dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dirumah dengan bahan alami.


Obat Luka Bakar

1. Menggunakan madu
Obat luka bakar yang sangat terkenal sejak zaman dahulu adalah madu. Zat antiseptik yang terdapat pada madu ternyata dapat menyembuhkan luka bakar ringan. Caranya sangat sederhana, yaitu cukup mengoleskan madu pada bagian yang terluka. Madu akan membantu meredakan rasa sakit terbakar dan meminimalisir bekas luka bakar di kemudian hari.

2. Menggunakan cuka
Senyawa kimia organik ini juga sering digunakan sebagai obat luka bakar ringan. Cara mengunakan juga sangat gampang, yaitu dengan membasahi kain dengan cuka, lalu mengompres pada luka bakar. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat.

3. Lidah buaya
Obat luka bakar ringan lainnya yang bisa Anda lakukan dirumah adalah lidah buaya. Lidah buaya atau aloe vera adalah tumbuhan yang sangat terkenal sejak dahulu. Lidah buaya selain banyak manfaat bagi kecantikan, ternyata dapat menyembuhkan luka bakar. Caranya dengan memotong lidah buaya dan gel-nya yang keluar di oles pada bagian luka. Lakukan secara berulang sampai luka mengering. Lidah buaya selain memberi efek mendinginkan luka, namun juga mempercepat proses pemulihan kulit yang terluka.

4. Minyak lavender
Lavender adalah tumbuhan liar yang hidup di semak-semak dan menyatu dengan rumput ini ternyata bermanfaat mengobati luka bakar dan meredakan rasa sakit. Caranya Anda bisa mencampur minyak lavender, lidah buaya, dan oleskan pada luka bakar. Lakukan ini hingga rasa sakitnya berkurang. Selain minyak lavender, minyak zaitun juga bisa meredakan rasa sakit akibat luka bakar dan membantunya lebih cepat sembuh.

5. Kulit pisang
Kulit pisang yang sering Anda buang itu ternyata bermanfaat mengobati luka bakar ringan. Anda bisa meletakkan kulit pisang pada bagian luka, dan membuat rasa sakit hilang. Para ahli menyarankan untuk meletakkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah hitam.

Itulah beberapa obat luka bakar ringan dengan cara alami. Lakukan cara di atas sebagai pertolongan pertama pada luka bakar ringan Anda. Pasti tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut dirumah. Bila Anda sudah menggunakan cara di atas tetapi luka bakar ringan Anda belum sembuh juga dan malah semakin parah, sebaiknya Anda cepat-cepat pergi memeriksa diri ke dokter. Semoga bermanfaat!