6 Bahaya Merokok Bagi Fisik, Membuat Anda Terlihat Tua

Tipscaraalami.com - Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh manusia - Apakah Anda perokok? Sepertinya tidak perlu diperingati beribu-ribu kali pasti Anda sudah mengetahui apa saja dampak buruk merokok, seperti memicu kanker, penyakit jantung, mati, impotensi, dan buruk bagi wanita hamil. Dan akhir-akhir ini slogan tersebut sudah di gantikan dengan yang lebih tragis lagi, yaitu merokok membunuhmu. Dan di bungkus-bungkus rokok semua ada gambar menakutkan. Namun tahukah Anda bahwa merokok tidak hanya berdampak buruk bagi organ dalam Anda saja, tapi merokok juga menyebabkan perubahan fisik tubuh Anda dan sangat merugikan.


bahaya merokok
Bahaya Merokok (c) Pixabay.com/tatlin
Bahaya merokok bagi tubuh dan fisik Anda disebabkan oleh nikotin. Nikotin dan berbagai zat racun lainnya pada rokok akan merubah penampilan fisik Anda yang sangat mengerikan dan membuat Anda terlihat lebih tuan dari umur Anda. Apa saja nampak negatif merokok bagi fisik Anda? Melansir dari Boldsky.com, ini 6 bahaya merokok bagi fisik.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

1. Kantong mata
Akibat merokok dan bahaya merokok yang pertama, ternyata tidak hanya kurang tidur dan begadang saja yang membuat mata Anda berkantong dan membuat penampilan Anda terlihat tidak fresh, tapi merokok ternyata mampu menimbulkan kantong mata. Hal tersebut disebabkan oleh nikotin, nikotin akan merampas cairan di mata Anda dan membuat mata Anda terlihat sayu, menimbulkan kantong mata, dan membuat penampilan Anda kurang segar.

2. Gigi berwarna kuning
Sangat mudah memang mengetahui seseorang itu adalah perokok aktif, yaitu gigi di bagian dalam mereka akan menguning. Bila Anda perokok berat pasti gigi Anda berwarna kuning. Hal ini disebabkan oleh nikotin, nikotin akan menutupi enamel gigi sehingga membuat gigi Anda berwarna kuning.

Selain gigi Anda menguning, kuku dan kulit di jari tangan Anda juga akan menguning dan sangat sulit untuk dibersihkan.

3. Cepat beruban
Penyebab timbulnya uban di usia muda selain karena faktor keturunan adalah gaya hidup buruk Anda. Salah satu contoh gaya hidup yang buruk adalah merokok. Merokok akan membuat penampilan fisik Anda terlihat tua, salah satunya memicu tumbuhnya uban lebih awal. Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh zat racun nikotin, nikotin akan merampas nutrisi rambut Anda.

4. Kulit kering
Bahaya merokok bagi kulit Anda adalah akan membuat kulit jadi kering dan bersisik, terutama kulit wajah. Saat Anda merokok, asap beracun yang keluar pada saat Anda merokok akan merampas kelembaban alami kulit Anda sehingga kulit menjadi kering dan kusam.

5. Pinggang berlemak
Bila Anda ingin mewujudkan perut sixpack, sepertinya hal tersebut akan sulit Anda wujudkan bila Anda masih merokok. Pasalnya merokok akan membuat lemak menumpuk di perut Anda dan di pinggang Anda. Hal ini disebabkan karena rokok mampu membuat Anda menjauhi pola makan sehat yang kemudian berdampak pada timbulnya kegemukan.

6. Keriput
Bahaya merokok bagi kecantikan selain membuat kulit kering dan kantong mata, masalah kulit lainnya adalah keriput. Keriput ini terjadi karena rendahnya nutrisi kulit dan rokok mampu merampas pasukan oksigen yang ada di dalam pembuluh darah di kulit.

Itulah bahaya merokok lainnya yang jarang diketahui. Setelah mengetahui dampak buruk merokok bagi fisik, apakah Anda ingin segera berhenti merokok atau malah tetap melanjutkan kebiasaan buruk merokok? Ingat, merokok tidak hanya berdampak buruk bagi Anda saja, tetapi merokok juga berdampak bagi lingkungan disekitar Anda dan perokok pasif, dan lebih beruk lagi pada anak anak kecil.

Nah, bila Anda ingin berhenti merokok, kami punya tips bagi Anda yaitu cara paling ampuh berhenti merokok. Selain itu, baca juga cara membersihkan paru-paru dari nikotin bagi Anda yang sudah berhenti merokok. Bila artikel bahaya merokok ini bermanfaat jangan lupa klik tombol berbagi di bawah ini supaya teman-teman Anda ikut merasakan juga manfaatnya. Terimakasih!