0
Tipscaraalami.com - Manfaat daun kelor - Nama daun kelor sudah tidak asing lagi bukan ditelinga Anda. Anda semua tahu, seperti apa daun kelor itu. Tapi pastinya Anda belum banyak tahu apa khasiat daun kelor. Tumbuhan ini kaya manfaat dan banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan tubuh kita. Walaupun ukurannya yang relatif kecil jangan salah, karena khasiatnya sangat luar biasa.

Banyak penelitian mengungkap fakta bahwa kandungan vitamin pada daun kelor yakni tujuh kali lipat lebih banyak dari pada kandungan vitamin buah jeruk dan 4 kali lipat dari wortel. Kandungan potassiumnya yang tinggi setara dengan 3 kali lipat dari buah pisang. Sedangkan kandungan kalsiumnya setara dengan empat gelas air susu dan dua yogurt. Serta zat tepung pada daun kelor mengandung protein lebih tinggi dari daun kelor segar yaitu 20-26 gram per 100 gram. Cukup mencengangkang bukan? Dibalik daunnya yang kecil ternyata banyak khasiatnya.

Di Indonesia, sayangnya tidak mudah untuk menjumpai tumbuhan ini. Tumbuhan ini banyak tumbuh subur di daerah nusa tenggara. Di Jawa khususnya di daerah pedalaman, masih bisa kita jumpai tumbuhan ini namun hanya sedikit. Nutrisi yang terkandung didalam daun kelor sangat beragam. Kandungan gizinya juga tinggi. Protein di dalam daun kelor setiap 100 gram setara dengan jumlah protein satu butir telur.

manfaat daun kelor
Manfaat daun kelor (c) kliklkm.co.id
Selain daun kelor kaya akan mineral, vitamin, protein dan kalsium, daun kelor juga bisa kita manfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut manfaat daun kelor dan khasiat daun kelor sebagai obat.

Manfaat Daun Kelor

1. Mengobati herpes dan luka bernanah
Cara mengobatinya dengan menumbuk halus daun kelor dan kapur, kemudian kita balurkan pada bagian yang terluka.

2. Sebagai obat rabun ayam
Manfaat daun kelor yang kedua adalah dapat mengobati rabun ayam. Cara mengobatinya dengan menumbuk halus bagian gagang daun kelor, kemudian campurkan sedikit madu. Aduk ramuan ini dengan rata dan siap untuk diminum. Sebaiknya dikonsumsi sehari sekali sebelum Anda tidur.

3. Mengobati sakit kuning
Ambil 3 sampai 7 gagang daun kelor, kemudian tumbuk sampai halus lalu saring sampai terpisah antara air dan ampasnya. Tambahkan 1 sendok madu dan tambahkan 1 gelas air kelapa hijau. Campur secara merata, lalu diminum secara rutin sampai terlihat tanda-tanda sembuh.

4. Mengobati penyakit cacingan
Manfaat daun kelor selanjutnya adalah dapat menghilangkan cacingan. Gunakan 3 gagang daun kelor dan 1 gagang daun cabe, kemudian tambahkan 2 batang meniran. Setelah semua bahan terkumpul rebus secara bersamaan dengan menambahkan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih lalu saring dan siap untuk di kosumsi.

5. Mengobati sakit mata
Tumbuk halus 3 gagang daun kelor berserta daunnya, kemudian tambahkan 1 gelas air. Aduk sampai rata, kemudian disaring. Air dari ramuan ini bisa Anda gunakan sebagai obat tetes mata.

6. Kesulitan buang air kecil
Selain dapat mengobati sakit mata, manfaat daun kelor lainnya adalah dapat mengatasi kesulitan buang air kecil. Cara mengobatinya dengan memarut daun kelor dan buah ketimun. Setelah bahan tercampur beri 1 gelas air, lalu disaring. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya Anda mengonsumsinya setiap hari.

7. Mengobati alergi
Cara mengobatinya dengan merebus 3 gagang daun kelor dan 1 siung bawang merah, lalu tambahkan adas pulasari secukupnya, dan jangan lupa menambahkan 3 gelas air. Setelah semua bahan masak, saring ramuan tersebut lalu dinginkan terlebih dahulu sebelum diminum. Konsumsi ramuan ini secara teratur minimal 2 kali sehari, setiap pagi dan sore hari.

8. Mengobati rematik dan pegal linu
Manfaat daun kelor yang terakhir adalah dapat mengatasi pegal linu dan rematik. Cara mengobatinya dengan menumbuk halus 2 gagang daun kelor lalu tambahkan ½ sendok kapur sirih. Setelah tercampur rata, oles atau gosokan pada bagian tubuh yang mengalami rematik atau pegal linu.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh. Memang dari bentuknya yang imut tidak sebanding dengan khasiat yang bisa kita dapat yang sangat luar biasa. Tidak salah jika sampai sekarang orang-orang tempo dulu masih melestarikan pengobatan tradisional ini. Cara membuat ramuan berkhasiat ini sangatlah mudah. Bahan-bahan yang digunakan sebagai campurannya sangat mudah kita dapatkan.


Di zaman modern ini sudah banyak obat-obat yang dijual untuk mengobati penyakit-penyakit di atas. Kapan saja kita bisa membelinya di apotik terdekat. Kemasannya sangat praktis berbentuk kapsul, sehingga kita mudah meminumnya. Tapi tidak ada salahnya bukan kita sebagai generasi muda melestarikan tradisi leluhur kita.

Nah, selain mengetahui manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh, baca juga manfaat daun seledri, dan manfaat daun singkong bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top