0
Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Seledri - Mungkin yang kita tahu bahwa daun seledri hanya bisa digunakan sebagai campuran sayur sop, soto, rica-rica, dan garang asem bukan? Atau untuk sekedar penyedap rasa masakan? Padahal tidak hanya untuk itu. Daun seledri memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan tubuh kita. Bentuk daunnya yang menurut kita tidak bertekstur berwarna hijau kekuning-kuningan dan aromanya yang sangat menyengat ternyata banyak mengadung khasiat yang sangat bermanfaaat bagi kesehatan. Salah satun khasiat yang terkandung didalamnya mampu melancarkan buang air kecil. Bagi Anda yang mengalami masalah ini. Apa salahnya Anda mencoba obat tradisional yang kaya khasiat.

Tumbuhan ini dari zaman dahulu sejak Belanda menjajah Indonesia memang sudah dikenal sebagai obat tradisional. Nenek moyang kita mampu meracik tanaman ini menjadi obat tradisional yang berkhasiat. Herannya sampai sekarang didaerah-daerah pedesaan khususnya daerah pedalaman, obat ini masih digunakan karena memang tidak diragukan lagi khasiat yang terkandung didalam daun seledri.

manfaat daun seledri
Manfaat daun seledri (c) pixabay.com/hans
Mereka terus-menerus melestarikan tradisi nenek moyang mereka kepada cucu cicit mereka, walaupun sekarang ini dijaman yang serba instan sudah banyak obat modern yang terjual bebas bisa menjadi pilihan mereka. Mereka percaya obat tradisional lebih mujarab dibanding obat-obat modern sekarang ini. Dengan kita membuat ramuan tradisional ini sendiri, kita bisa mengetahui secara rinci bahan-bahan yang kita butuhkan sebagai pelengkap. Bahan-bahan yang dipilih masih segar dan berkualitas.

Daun seledri sangat mudah untuk kita dijumpai. Dipasar-pasar dan sepermarket banyak menjual daun ini. Harganya sangat murah, malahan lebih murah dari pada sayur-sayuran lainnya. Ciri-ciri daun seledri yang masih segar berwarna hijau dan masih keras. Jika kita meremas-remas daun tersebut dan menimbulkan sedikit bunyi kres dan daun atau batangnya mudah patah, berarti bisa kita pastikan daun seledri ini masih segar. Tapi apabila warnanya sudah mulai kuning yang terdapat bercak coklat, terlihat layu berarti daun seledri ini sudah tidak segar lagi.

Daun seledri mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan dan pengobatan. Berikut manfaat daun seledri dan khasiat daun seledri untuk kesehatan.

Manfaat Daun Seledri

  • Daun Seledri baik untuk dinding lambung dan saluran usus Anda dalam tubuh
  • Daun seledri mampu memperlambat proses penuaan dini
  • Membantu menjaga kelenturan dan aktivitas otot tubuh
  • Berkhasiat untuk membantu mengobati penyakit asma
  • Berkhasiat mengobati diabetes
  • Membantu melarutkan kalsium di dalam tubuh kita
  • Membatu melancarkan aliran darah
  • Membantu menetralkan asam tubuh
  • Melindungi sitem otak dan sistem saraf
  • Membantu mengobati arthritis
  • Mampu mengobati neuritis
  • Mampu mengobati rematik
  • Bisa menurunkan tekanan darah, dan
  • Menjaga kestabilan berat badan.
Selain itu ada juga manfaat daun seledri lainnya untuk kesehatan seperti dibawah ini:

1. Mengobati batuk
Untuk mengobati batuk, caranya bersihkan daun seledri serta batangnya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih, kemudian potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga rebusannya mendididh. Jangan lupa untuk menambahkan madu asli secukupnya pada ramuan tersebut. Minum dua kali sehari setiap pagi dan sore hari.

2. Mengobati rematik
Manfaat daun seledri untuk mengobati penyakit reumatik. Jika Anda menderita reumatik Anda bisa mencoba ramuan tradisional ini. Cara membuatnya sangat mudah, ambil 1 tangkai daun seledri segar lalu cuci sampai benar-benar bersih. Gunakan daun seledri ini sebagai lalapan. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Mata kering
Manfaat daun seledri untuk mengobati mata yang kering. Siapkan daun seledri yang sudah dicuci bersih. Campurkan daun bayam dan daun kelor yang sudah terlebih dahulu dibersihkan. Tumbuk hingga halus ketiga daun tersebut. Tambahkan sedikit garam kedalamnya. Jangan lupa tambahkan air matang kira-kira 1/2 gelas. Aduk ramuan tersebut sampai tercampur rata. Kemudian pisahkan dengan ampasnya. Air ramuan tersebut diminum 3x sehari secara rutin.

4. Tekanan darah tinggi
Manfaat daun seledri mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau hypertensi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi Anda bisa mengonsumsi obat tradisional ini. Cara meramu obat ini cukup mudah, caranya siapkan 100gram daun seledri yang sudah dibersihkan. Batang dan akarnya tetap digunakan. Tumbuk sampai halus daun seledri lalu tambahkan 1 gelas air, rebus hingga mendidih. Diamkan terlebih dahulu sebelum diminum. Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi obat tradisional ini setiap pagi dan sore.

Itulah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan yang ternyata dapat mengatasi banyak penyakit. Ketahui juga manfaat daun singkong, dan manfaat daun pisang bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top