Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Tipscaraalami.com - Manfaat daun singkong - Singkong, adalah salah satu bahan makanan sejenis umbi-umbian yang banyak mengandung karbohidrat dan menjadi salah satu makanan pokok di daerah tertentu. Makanan ini sering dikonsumsi dengan cara digoreng maupun direbus, serta banyak digemari oleh masyarakat. Selain diambil umbinya, ternyata daun dari tanaman singkong ini juga nikmat bila dikonsumsi. Hampir disetiap rumah makan Padang, pasti menyajikan olahan daun singkong sebagai salah satu menu yang ditawarkan. Dengan ciri khas rasa yang unik, daun singkong menjadi salah satu olahan yang banyak diminati.

Selain di rumah makan Padang, daun singkong juga sering diolah oleh ibu-ibu rumah tangga seperti dijadikan sayur, urapan ataupun masakan lain yang berbahan dasar daun singkong. Namun demikian, masih jarang yang mengetahui tentang khasiat dan manfaat daun singkong tersebut. Namun demikian, daun singkong memiliki khasiat yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun singkong untuk menjaga kesehatan.

Kandungan yang Terdapat Didalam Daun Singkong

Banyak orang yang tidak suka sayuran dan berkata kalo daun singkong itu pahit dan rasanya tidak enak. Namun, tahukah Anda bahwa daun singkong mengandung banyak sekali nutrisi penting yang berguna bagi tubuh kita? Bisa dibilang banyak orang yang tidak tahu jika daun singkong ini kaya akan kandungan vitamin, asam amino essensial serta protein yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.
manfaat daun singkong
Manfaat daun singkong (c) flickr.com/Nelindah

Seperti yang diketahui, protein nabati sangat berguna sebagai unsur yang bisa membangun sel tubuh dan menjadi sistem komponen pembentuk enzim, dan daun singkong ini adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung protein nabati tersebut. Selain itu, ada juga asam amino yang berfungsi sebagai pengubah karbohidrat menjadi energy. Asam amino ini juga bermanfaat untuk pemulihan luka yang ada di kulit, membantu regenerasi sel tubuh, meningkatkan daya ingat, menguatkan tulang serta membantu sistem metabolismedi dalam tubuh kita. Tidak ketinggalan juga klorofil yang terdapat pada daun singkong tersebut sangat berguna sebagai anti-kanker dan sebagai zat antioksidan.

Manfaat Daun Singkong

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan nilai nutrisi yang cukup lengkap tidak bisa dipungkiri bahwa daun singkong adalah salah satu sayuran yang memiliki manfaat sangat besar. Dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seperti daun ini, dapat menunjang kesehatan tubuh kita. Selain memiliki kandungan vitamin serta mineral yang sangat penting bagi tubuh, daun singkong juga merupakan sayuran dengan kandungan kalori yang cukup rendah.

Jadi, daun singkong juga dapat menjadi pilihan bagi mereka yang sedang menjalankan diet untuk mengurangi berat badan. Lalu, bagi mereka yang mengalami kesulitan saat buang air besar, daun singkong ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan karena daun singkong memiliki serat yang tinggi.

Selain bisa diolah menjadi makanan yang lezat, ternyata daun singkong juga dapat dijadikan obat herbal yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Obat herbal ini telah turun temurun diberikan kepada kita oleh para leluhur. Obat herbal ini dipercaya dapat mengatasi masalah, sakit kepala, rematik, flu, luka bernanah, diare dan juga sebagai suplemen untuk menjaga stamina tubuh.

Berikut adalah resep ramuan tersebut.

Pemakaian dari luar

· 5 lembar daun singkong

· 15 gram jahe merah

· kapur sirih secukupnya

· haluskan ramuan herbal tersebut dan tambahkan air secukupnya

· Aduk sampai rata, lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Pemakaian dalam

· 100 gram batang singkong

· 1 batang sereh

· 15 gram jahe

· Rebus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc.

· Saring dan minum airnya sebanyak 200 cc. Konsumsilah dua kali sehari.

Setelah mengerti akan manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh, daun singkong bukan hanya sayuran yang lezat untuk dikonsumsi namun juga memiliki banyak manfaat. Alangkah lebih baik bila kita mulai mengkonsumsi daun singkong tersebut. Selain rasanya yang nikmat, manfaat yang didapatkan pun tidak kalah nikmat. Dengan harga yang cukup terjangkau, ataupun dengan menanam sendiri tanaman singkong yang sangat mudah dirawat, kita akan mendapatkan manfaat dari tanaman singkong tersebut.

Itulah manfaat daun singkong. Setelah mengetahui manfaat daun singkong untuk kesehatan yang luar biasa, ketahui juga manfaat daun pisang. Semoga bermanfaat!