0
Tipscaraalami.com - Manfaat jagung bagi kesehatan - Selain padi dan gandum, jagung juga termasuk makanan pangan di dunia yang begitu penting. Di beberapa negara bahkan di Indonesia, jagung malah menjadi makanan pokok pertama pengganti nasi. Hal tersebut tak lepas dari kandungan karbohidrat yang tinggi pada jagung. Selain itu, jagung juga menjadi bahan pembuat tepung dan sebagai pakan ternak.


manfaat jagung
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Ada banyak cara menikmati jagung, selain di buat berbagai olahan masakan dan kue, Anda bisa merebusnya atau di bakar dengan mengoleskan sambal racikan sendiri. Dengan mengkonsumsi jagung, ada banyak manfaat dan kandungan di dalamnya yang berguna bagi kesehatan.

Di Indonesia sendiri, sangat mudah untuk budidaya jagung. Tanaman jagung bisa tumbuh dimana saja, baik dataran rendah maupun tinggi. Jagung manis umumnya banyak yang menjadikannya makanan lezat.

Lalu apa saja manfaat jagung bagi kesehatan? Seperti dikutip dari Boldsky.com, ini 10 manfaat jagung bagi kesehatan.


Manfaat Jagung

1. Khasiat jagung melancarkan pencernaan
Bila tubuh Anda mengalami gangguan pencernaan, maka makanan yang Anda konsumsi akan sulit di ubah menjadi nutrisi yang nantinya disalurkan ke sel-sel ke seluruh tubuh. Untuk melancarkan pencernaan, ternyata serat yang tinggi pada jagung dapat membantu proses pencernaan. Konsumsi satu buah jagung saja, makan 10 persen serat harian Anda akan terpenuhi.

2. Manfaat jagung untuk ibu hamil
Selain manfaat jagung bagus bagi pencernaan, bagi ibu hamil juga sangat bagus mengkonsumsi jagung. Asam folat yang kaya pada jagung berperan sebagai nutrisi yang sangat diperlukan ibu hamil untuk menurunkan resiko bayi lahir cacar. Anda bisa mengkonsumsi jagung manis atau masih muda.

3. Manfaat jagung untuk mata
Agar mata Anda selalu sehat, tak salahnya mengkonsumsi jagung setiap hari. Kandungan carotenoid yang tinggi pada jagung dapat membuat mata Anda terhindar dari kerusakan di usia tua nanti.

4. Manfaat jagung untuk jantung
Manfaat dan khasiat jagung untuk jantung adalah dapat membuat jantung Anda sehat. Ternyata kandungan carotenoid pada jagung tidak hanya membuat mata jadi sehat, tetapi juga menyehatkan jantung. Selain itu, carotenoid dalam jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan arteri.

5. Kaya kalori dan vitamin
Kandungan jagung adalah kaya akan kalori dan vitamin. Jagung banyak terdapat vitamin B kompleks yang berfungsi menjaga kesehatan saraf. Dan setiap 100 gram sajian jagung, ada 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jadi jangan malas mengkonsumsi jagung.

6. Kaya mineral
Jagung juga kaya akan mineral dan sangat bagus dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Beberapa mineral yang terkandung dalam jagung adalah magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium.

7. Mencegah anemia
Cara menambah darah dan mengatasi anemia ternyata bisa dengan mengkonsumsi jagung. Jagung bisa mencegah dan mengatasi kekurangan darah dengan vitamin B12, dan zat besi di dalamnya.

8. Mengontrol diabetes
Khasiat yang tak terduga pada jagung lainnya bagi kesehatan adalah dapat mengontrol diabetes. Sebab ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini. Selain itu, baca juga tanda awal penyakit diabetes yang akan menyerang Anda.

9. Melawan kanker
Dengan mengkonsumsi jagung saja, ternyata dapat mencegah munculnya berbagai jenis kanker. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker tanpa menyakiti sel sehat dalam tubuh. Baca juga hal yang tak terduga menyebabkan kanker dan sayuran yang ampuh mencegah kanker.

10. Menyehatkan kulit
Manfaat jagung untuk kecantikan adalah dapat membuat kulit Anda sehat. Jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

Itulah 10 manfaat jagung bagi kesehatan yang jarang diketahui. Jangan ragu dan malas mengkonsumsi buah jagung untuk merasakan semua khasiat dan manfaat jagung bagi kesehatan di atas. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top