10 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Tipscaraalami.com - Manfaat buah pinang - Bila mendengar pinang, pasti langsung akan terbayang permainan panjat pinang atau membayangkan orang yang senang mengunyah buah pinang ini. Nah, tahukah Anda bahwa buah pinang sangat berguna bagi kesehatan? Bukan itu saja, buah pinang juga sangat bermanfaat bagi ibu - ibu hamil serta berguna untuk merawat kecantikan. Dalam artikel kali ini, akan dibahas khasiat buah pinang serta manfaat buah pinang muda ini.


manfaat buah pinang
Manfaat buah pinang (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Seperti dilansir dari berbagai sumber berikut manfaat buah pinang muda untuk kesehatan.


Manfaat Buah Pinang

1. Mencegah pengeluaran darah berlebih
Buah pinang yang masih muda ini dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah keluarnya darah yang berlebihan pada luka Anda seperti mimisan, korng, bisul, kudis serta mampu mengobati mencret dan diare. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan buah pinang yang masih muda ini secara teratur.

2. Mengobati sakit pinggang
Selain itu, manfaat buah pinang muda lainnya adalah mengobati sakit pinggang. Daun buah pinang juga sangat berguna untuk mengobati masalah sakit pinggang. Caranya adalah dengan menyiapkan beberapa lembar daun pinang, lalu tumbuk kasar daun tersebut. Hangatkan tumbukan daun itu dengan cara disangrai sebentar lalu oleskan tumbukan daun tersebut ke bagian pinggang yang sakit. Lakukanlah hal ini secara teratur agar penyakit pinggang Anda segera sembuh.

3. Mengobati kudis
Biji buah ini juga mampu untuk mengobati penyakit kudis. Caranya cukup mudah, ambil satu biji buah pinang yang masih muda, kemudian parutlah buah pinang tersebut. Lalu, campurkan parutan buah pinang tadi dengan ¼ sendok teh dan dua gelas air.campurkan semua bahan tadi hingga merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena penyakit kudis.

4. Mengobati difteri
Selain mengobati kudis, manfaat buah pinang selanjutnya adalah mengobati difteri. Untuk mengobati disentri, caranya adalah dengan mengambil dua buah biji pinang yang masih muda. Setelah dimemarkan rebus menggunakan dua gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas air saja. Sebelum Anda meminumnya, tambahkan satu sendok makan madu dan aduk hingga tercampur dengan larutan tadi. Minum ramuan ini secara rutin satu kali sehari.

5. Membantu mengecilkan rahim
Jika Anda seorang wanita dan baru saja melahirkan. Tentunya banyak yang ingin mengembalikan tubuhnya menjadi seperti saat sebelum melahirkan. Namun, hal itu bukan hal sepele karena Rahim yang berada di dalam perut Anda sudah kehilangan bentuk aslinya dan harus dikembalikan dulu. Buah pinang ini dapat membantu mengecilkan rahim Anda pasca Anda melahirkan. Caranya sama dengan mengobati penyakit difetri dan dilakukan secara rutin agar rahim Anda mengecil pasca Anda melahirkan.

6. Mengobati mata rabun
Buah pinang muda mampu mengobati mata yang rabun, caranya adalah dengan mengunyah buah pinang tersebut dan hisap airnya. Dengan cari ini, Anda dapat mengobati mata Anda yang rabun.

7. Meningkatkan gairah seksual
Bagi kaum pria yang merasa kurang bergairah saat melakukan hubungan seksual, maka mungkin Anda bisa mencoba mendongkrak gairah seksual Anda. Caranya cukup mudah, ambil saja satu biji buah pinang yang masih muda dan potong - potong menjadi kecil setelah kunyah dan telan. Cara lainnya adalah dengan meminum rebusan buah pinang. Minumlah rebusan tersebut dua jam sebelum berhubungan seksual.

8. Mengobati luka pada kulit
Anda dapat mengobati luka pada kulit dengan menghaluskan buah pinang yang masih muda. Setelah halus, tempelkan tumbukan buah tersebut pada bagian tubuh yang terluka. Diamkan terlebih dahulu hingga mongering. Lakukan setiap hari sampai lukanya sembuh.

9. Mengobati cacingan
Manfaat buah pinang lainnya adalah mengobati cacingan. Caranya dengan mengambil ¼ biji buah pinang pinang, 1 cm rimpang temulawak, 1 cm rimpang kunyit. Setelah itu rebus semua bahan tadi dengan menambahkan satu gelas air dan rebus sampai mendidih, dan saring agar ampasnya terpisah. Setelah itu, minum rebusan air tersebut selagi hangat.

10. Menguatkan gigi serta gusi
Buah pinang ini terbukti ampuh menguatkan gigi. Caranya sangat mudah, iris dua biji buah pinang yang masih muda kemudian kunyah. Cara ini telah dibuktikan oleh para leluhur kita dan tidak heran jika para leluhur memiliki gigi yang sehat dan kuat. Meskipun efek warna merah dapat mengotori gigi, namun sekarang warna itu sudah dapat dibersihkan menggunakan produk pasta gigi.

Itulah beberapa manfaat buah pinang muda untuk kesehatan tubuh Anda. Lakukan kesemua cara dia atas untuk mengobati berbagai jenis masalah kesehatan Anda. Selain manfaat buah pinang muda, baca juga manfaat wortel untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!