0
Tipscaraalami.com - Cara mengatasi diare dengan alami - Diare atau lebih umum disebutkan orang Indonesia adalah menceret adalah suatu penyakit gangguan pencernaan yang sangat menyiksa, dan bila terlalu serius akan membuat seseorang kehilangan cairan tubuh dan akan membuat tubuhnya lemas. Ciri-ciri orang yang terkena diare adalah perutnya akan terasa sangat sakit, dan berakhir dengan buang air besar, dimana tinjanya berubah jadi lembek atau berair. Tak jarang di negara-negara sedang berkembang diare adalah penyebab kematian paling umum pada bayi dan balita.


cara mengatasi diare
Cara mengatasi diare (c) Wikipedia.org
Penyakit diare bisa terjadi pada orang dewasa, pada bayi, dan pada anak. Penyebab diare pada umumnya adalah karena faktor makanan, misalnya makanan yang Anda konsumsi asam dan pedas, makanan yang kotor dan terkena bakteri atau kuman, dan tidak hancurnya mengunyah makanan pada saat makan. Selain itu, mengkonsumsi banyak vitamin C juga dapat menyebabkan diare.

Bila Anda sedang terkena diare, jangan biarkan diare berlarut-larut, karena diare dapat membuat Anda lemas, dan Anda kemungkinan dirawat di rumah sakit. Sebelum mencoba meminum obat diare menceret, lebih bagusnya Anda mengatasi diare dengan cara alami, berikut cara mengatasi diare dengan cepat dan tepat seperti dilansir dari Merdeka.com.


Cara Mengatasi Diare

1. Perbanyak minum air
Untuk obat mencret yang pertama atau cara mengatasi diare, yang harus Anda lakukan adalah banyak-banyak meminum air putih. Saat terkena diare, semua cairan tubuh akan keluar bersamaan dengan buang air besar, jadinya tubuh akan dehidrasi dan membuat badan Anda lemas. Selain meminum air putih, Anda juga bisa meminum jus atau larutan oralit untuk menghentikan diare.

2. Jangan dulu mengkonsumsi makanan berserat
Bila Anda sedang diare, mengkonsumsi makanan lembek atau buah yang berserat justru akan membuat diare Anda semakin parah. Buah yang dapat mengobati diare dan dapat dikonsumsi adalah buah salak atau buah pohon sagu, karena buah tersebut dapat membantu membuat tinja Anda tidak cair.

3. Jangan minum susu
Walaupun susu adalah minuman sehat, tapi bila Anda sedang diare, lebih baik jangan mengkonsumsi susu atau produk olahan dari susu. Meminum susu justru akan memperburuk diare Anda. Namun hal ini tidak berlaku untuk susu yogurt sebab yogurt mengandung bakteri sehat yang mampu menyehatkan pencernaan Anda.

4. Ramuan dari beras ketan
Selain itu, cara mengatasi diare lainnya adalah mencoba ramuan alami dari beras ketan. Untuk mengobati diare akut, atau bagi Anda yang berhari-hari menderita diare, Anda bisa mencoba ramuan dari beras ketan. Anda hanya perlu menyiapkan 100 gram beras ketan dan 1 jari kunyit. Untuk membuat ramuan obat mengatasi diare nya adalah Anda harus menggoreng tanpa minyak sampai hangus. Lalu, bakarlah kunyit sampai hangus juga. Setelah itu, tumbuk kedua bahan tersebut hingga menjadi halus. Untuk cara mengkonsumsinya, Anda bisa menyeduh ramuan tersebut dengan air panas. Ambil satu sendok makan untuk sekali seduh dan bisa diminum 3 kali sehari.

5. Cuka apel
Bila Anda malas membuat ramuan dari beras ketan, Anda bisa meminum air cuka apel. Caranya sangat mudah, cukup mencampur beberapa tetes air cuka apel ke dalam ari putih, dan meminumnya. Cuka apel adalah ramuan tradisional yang ampuh mengatasi diare atau menceret. Lakukan cara ini secara berkala untuk mengatasi diare.

Itulah beberapa cara alami dan tradisional menyembuhkan diare. Bila ada cara mengatasi diare secara alami, kenapa harus mengobati dengan obat diare, yang terbukti mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Bila Anda menderita diare, lakukan cara mengatasi diare diatas. Semoga bermanfaat!

Lihat juga:
loading...
loading...
 
Top