0
Tipscaraalami.com - Manfaat kopi - Bagi kalangan anak muda sampai orang tua baik pria dan wanita kopi merupakan salah satu minuman kegemaran mereka. Baik diminum pada saat hang out bersama teman maupun santai di rumah bersama keluarga. Biasannya bagi mereka pekerja bangunan, kantoran, guru dan petani gemar juga mengkonsumsi kopi ini. Minuman yang konon katanya dapat mengurangi rasa kantuk ini sudah sangat umum di Negara Indonesia. Bahkan sudah sangat banyak sekali yang berjualan mulai dari sudut kota, sampai di mall.

Sering sekali orang berpikir bahwa kopi termasuk dalam kopi yang tidak sehat di karenakan kandungan kafein yang tinggi dapat menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan. Sebenarnya kopi tidak semuannya menjadi minuman yang berbahaya jika Anda mengetahui takaran dalam mengkonsumsinya. Bagi Anda mempunyai gangguan lambung, sebaiknya konsumsi setelah makan. Dan ingat, pilihlah kopi dengan kandungan rendah gula, dan jika bisa pilih kopi yang encer, bukan yang pekat. Minum kopi maksiamal 1 sampai 2 cangkir per hari demi mendapatkan porsi yang ideal dalam menjaga kesehatan.


manfaat kopi dan khasiat kopi
Manfaat kopi (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Nah, kopi merupakan sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan ekstraksi biji tanaman kopi. Kata kopi berasal dari bahasa arab yaitu qahwa yang artinya kekuatan, kata qahwah kembali dirubah menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Selanjutnya kata koffie ini diserap kedalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi dan terkenal sampai sekarang ini.

Kopi memiliki dua jenis kopi, yaitu kopi arabika (kualitas terbaik) dan kopi robusta. Sejarah mengatakan bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali di temukan oleh Bangsa Ethiopia sekitar 3000 tahun yang lalu. Kemudian sampai saat ini kopi menjadi salah satu minuman paling populer yang dapat di konsumsi dalam berbagai kalangan masyarakat.

Saat ini Indonesia telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton per tahunnya. Di samping mempunyai rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga menurunkan penyakit diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler). Kandungan kafein atau trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N402 terdapat 1 sampai 1,5%.

Seperti dikutip dari berbagai sumber. Ini khasiat kopi dan manfaat kopi bagi kesehatan.


Manfaat Kopi

1. Manfaat kopi mencegah timbulnya penyakit jantung (stroke)
Kandungan yang terdapat dari kopi akan menekan terjadinya serangan jantung, sebuah studi mengatakan lebih dari 83.000 wanita beruasia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi.

2. Manfaat kopi menghambat penurunan fungsi kognitif
Dalam meminum 1-2 cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33%.

3. Manfaat kopi mencegah penyakit kanker dan diabetes
Hasil penelitian di seluruh dunia bahwa beberapa jenis kanker dapat di cegah dengan mengkonsumsi kopi, misalnya kanker payudara. Kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubu, dan kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada penderita diabetes. Selain itu juga dapat menekan penyakit serius seperti penyakit jantung, sirosis, dan batu empedu.

Dalam 20 studi di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi diabetes tipe 2 hingga 50%. Peneliti juga menduga bahwa penyebabnya adalah kandungan asam klorogenik dalam kopi mempunyai peran dalam menghambat penyerapan gula dan pencernaan. Namun asam klorogenik juga dapat merangsang pembentukan GLP-1, zat kimianya meningkatkan insulin, zat trigonelin membantu memperlambat penyerapan glukosa.

4. Manfaat kopi mencegah resiko kanker mulut dan melindungi gigi
Kandungan yang terdapat dalam kopi bermanfaat menekan terjadinya kanker mulut. Selain kopi mengandung antibakteri dan anti perekat yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai masalah berkaitan dengan kesehatan mulut. Antara lain infeksi gusi, pembentukan plak dan gigi berlubang.

5. Manfaat kopi sebagai pembangkit stamina dan energi ekstra
Kafein sistem kerjanya yaitu bersaing dengan adesonim, adenosim merupakan senyawa yang terdapat dalam sel otak membuat orang cepat tidur. Sehingga membuat sistem kerja sel menjadi lambat, muncul perasaan segar, detak jantung lebih kencang, mata terbuka lebar, serta naiknya tekanan darah.

6. Manfaat kopi mengurangi rasa sakit kepala
Dalam meminum secangkir kopi terbukti dapat menyembuhkan sakit kepala atau migren ringan.

7. Manfaat kopi mengatasi perubahan suasana hati dan depresi
Meminum kopi secara teratur dengan porsinya dapat memaksimalkan kerja otak lebih baik kandungan antioksidan pada kopi mencegah kerusakan pada sel otak dan membantu sel saraf bekerja lebih baik. Kandungan kafeinnya mempunyai fungsi yaitu merangsang laju metabolisme, mengatur suasana hati, dan meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi.

8. Manfaat kopi untuk masker wajah
Manfaat kopi untuk wajah adalah sebagai masker wajah. Kopi dengan kombinasi coklat, molase dan susu bubuk dapat diolah sebagai masker wajah yang dapat membantu mengangkat, mengencangkan kulit, membersihkan wajah, dan sebagai krim antimikroba.

Bahaya kopi bila mengkonsumsi secara berlebihan yaitu:
  1. Kekuatan jantung setiap orang berbeda, jadi ketika Anda merasa tidak kuat dengan efek yang di timbulkan yaitu seperti detak jantung menjadi agak cepat, berhentilah mengkonsumsi kopi.
  2. Bagi Anda yang mempunyai gangguan lambung seperti maag, sebaiknya hindari dalam meminum kopi, karena kopi dapat meningkatkan asam lambung.
  3. Konsumsi kopi secara berlebihan akan menyebabkan efek susah untuk tidur atau insomnia. Apabila keseringan insomnia maka tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena tubuh juga butuh istirahat.
  4. Bagi ibu hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi, karena apabila 100 mg kafein masuk ke tubuh ibu hamil dalam setiap harinya dapat menimbulkan keguguran. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan pastinya akan berpengaruh pada janin.
Nah, itulah beberapa manfaat kopi dan khasiat kopi untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan tubuh. Ingat konsumsi lah kopi dengan sewajarnya saja, dan bila Anda mempunyai masalah kesehatan di atas sebaiknya jangan mengkonsumsinya. Baca juga bahaya kafein untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top