0
Tipscaraalami.com - Manfaat lari pagi - Kegiatan di pagi hari misalnya lari pagi biasanya menjadi hal yang sangat sulit untuk di lakukan, mungkin karena malas untuk melakukannya. Padahal dalam pelaksanaanya lari pagi tidak membutuhkan banyak biaya dalam pelaksanaanya. Perlu Anda ketahui lari pagi mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Lari pada waktu pagi hari dapat membersihkan pernafasan karena udara yang kita hirup di pagi hari masih bersih dan belum mengandung polusi. Dengan lari pagi yang teratur juga dapat menguatkan tulang (terhindar dari osteoporosis), menyehatkan jantung, dan dapat menurunkan berat badan.

Untuk dapat melakukan lari pagi, biasakan untuk bangun pagi yaitu sekitar pukul 6.00 sampai 10.00. karena sinar matahari dari pukul 6.00 sampai 10.00 mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tulang. Dan pastinya kandungan udara yang segar mempunyai manfaat bagi pernafasan kita. Perbedaan dapat dilihat dari seseorang yang sering melakukan kegiatan lari pagi dan tidak melakukan kegiatan lari pagi, bagi mereka yang tidak suka lari pagi pasti akan mengalami mudah letih, lesu, dan lelah. Hal ini di karenakan karena tubuh orang tersebut tidak terbiasa melakukan hal yang berat. Berbeda dengan tubuh orang yang sering melakukan kegiatan lari pagi, yaitu mereka akan lebih sehat, tidak mudah lelah, dan biasanya bentuk badan terlihat atletis.
manfaat lari pagi
Manfaat lari pagi (c) Pixabay.com/skeeze
Sebelum Anda mengetahui manfaat lari pagi bagi tubuh manusia, berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan lari pagi.

1. Memakai sepatu lari
Pakailah sepatu yang benar. Benar disini artinya fleksibel, tidak melukai kaki Anda dan nyaman jika di pakai. Pakai sepatu lari yang memang di ciptakan untuk berlari, sehingga pada saat gerakan kaki menapak tanah, kaki Anda akan di topang dengan sponge yang elastis dan mencegah cidera pada kaki.

2. Memakai outfit
Outfit digunakan untuk menyerap keringat dengan baik dan cepat. Jadi pilihlah outfit yang baik ketika Anda akan memulai jogging, supaya nyaman di gunakan untuk tubuh.

3. Menapakkan kaki
Setelah melakukan lari selama beberapa menit, untuk menghindari kelelahan yaitu menapakkan kaki ketanah namun kaki bagian depan di jinjitkan (setengah berjinjit).

4. Mengatur nafas
Mengatur nafas merupakan tahap yang harus di perhatikan ketika sedang dalam kegiatan berlari. Karena dengan mengatur pernafasan akan membuat Anda tidak mudah lelah. Cara untuk mengatur nafas yaitu membuat hitungan 1 sampai 8 dalam hitungan 1 sampai 3 tarik nafas, hitungan ke 4 hembuskan. Lalu berlanjut pada hitungan 5 sampai 7 tarik nafas, dan 8 hembuskan nafas. Lakukan menarik dan menghembuskan nafas menggunakan hidung, kunci mulut rapat-rapat supaya Anda dapat merasakan keluar masuknya udara yang lewat dari hidung. Lakukanlah cara ini terus-menerus karena dapat mengatur nafas Anda supaya tidak mudah lelah dan akan melatih jantung Anda.

5. Lakukan selama 45 menit
Untuk memaksimalkan olahraga lari Anda, lakukanlah lari selama 45 menit. Karena dalam waktu 45 menit dengan lari 3 sampai 4 kali per hari sangat efektif untuk membakar bagian dari tubuh Anda yang mudah gemuk.

6. Melemaskan otot
Setelah jogging selesai, sebaiknya di gunakan untuk berjalan selama 5 sampai 10 menit, hal ini supaya otot-otot kaki yang tegang setelah berlari dapat kembali stabil dengan alami. Jangan langsung dibuat duduk, karena dengan langsung di buat duduk dapat menyebabkan farises. Setelah itu konsumsi air putih, dan mandi menggunakan air hangat.

Membiasakan diri untuk lari pagi sama sekali tidak ada kerugiannya, malah dengan membiasakan lari pagi tubuh Anda akan merasa jauh lebih baik. Berikut manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh Anda.


Manfaat Lari Pagi

1. Menajamkan pengelihatan
Telah terbukti bahwa orang yang berlari 56 km dalam seminggu, cenderung akan menekan resiko terganggunya penglihatan mata karena pada faktor usia hingga 54%, jika di bandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 km per minggu.

2. Menjaga kesehatan jantung
Manfaat lari pagi kedua adalah membuat jantung Anda tetap sehat. Para pelari yang konstan melakukan lari sejauh 16 km dalam seminggu maka akan menekan 39% gangguan pada jantung. Dan dapat menekan terkena gangguan kolesterol sampai 34%.

3. Mendongkrak gairah
Bagi pria yang mampu membakar 3000 kalori per minggu dengan olahraga lari yaitu selama 5 jam, maka akan menjauhkan dirinya dari fungsi ereksi hingga 83%.

4. Menguatkan tulang
Manfaat lari pagi lainnya yaitu membuat tulang Anda kuat. Perlu Anda ketahui bahwa penelitian oleh University of Missouri mengatakan massa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlit aerobik. Lalu membandingkan massa tulang pelari dan massa tulang pesepeda, hasilnya yaitu 63% pesepeda memiliki massa tulang yang tidak baik, sedangkan pelari hanya 19%.

5. Melancarkan pikiran
Penelitian yang di lakukan oleh para pekerja di inggris mengatakan bahwa rutin melakukan olahraga lari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam bekerja, karena dengan rutin berlari akan meningkatkan daya konsentrasi yang baik.

6. Menekan kepikunan
Telah terbukti juga bahwa seseorang wanita yang ketika remaja rutin melakukan olahraga lari, di masa tuanya ia akan mengurangi kepikunan.

7. Tidur lebih lelap
Selain menekan kepikunan, manfaat lari pagi lainnya adalah membuat tidur Anda lebih lelap. Bagi Anda penderita insomnia, giat-giatlah dalam melakukan olahraga lari, karena lari dapat mempercepat waktu tidur 17 menit di bandingkan saat Anda tidak berlari. Baca juga cara mengatasi sudah tidur.

8. Jarang terkena flu
Penelitian di Swedia mengatakan, pelari yang setiap minggu mampu berlari rutin dalam waktu 1 jam maka akan mampu menekan serangan virus flu hingga 18% di bandingkan dengan yang tidak berlari.

9. Panjang umur
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan rutin melakukan kegiatan lari 2,5 jam per minggu maka akan menekan resiko meninggal pada usia muda hingga 19%, dan dari penelitian juga mengungkap orang yang aktif berolahraga akan menekan resiko meninggal di usia muda hingga 50%.

Itulah beberapa manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh. Ternyata olahraga yang murah dan gampang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi apa masih malas untuk melakukan lari pagi dengan mengetahui manfaat lagi pagi bagi kesehatan di atas?

Nah, selain manfaat lari pagi bagi tubuh, tak salahnya untuk mengetahui manfaat manfaat jambu biji, dan manfaat buah pinang untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top