0
Tipscaraalami.com - Manfaat jambu biji - Jambu batu (Psidium Gujava) dan termasuk dalam keluarga Myrataceae atau sering juga disebut jambu biji, merupakan tanaman dari daerah tropis, dan melalui Thailand buah ini bisa sampai ke Indonesia. Jambu batu memiliki ciri khas buah yang berwarna hijau dengan buah berwarna putih atau merah dan berasa asam manis.

Beberapa macam atau kultivar jambu biji dikenal di Indonesia sebagian sejak lama, dan sebagian merupakan introduksi dari Negara lain. Jenis-jenis jambu biji antara lain : Jambu Bangkok, Jambu Biji Kristal Taiwan, Jambu Biji Getas Merah, Jambu Biji Tanjung Barat, Jambu Australia, Jambu Sukun, Jambu Kristal.
manfaat jambur biji
Manfaat jambu biji (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang di sebut-sebut sebagai rajanya vitamin. Disamping serat, terutama pectin yang mengandung serat larut, jambu biji juga mengandung banyak mineral seperti mangan, magnesium, dan asam amino esensial. Fitokimia ini memiliki khasiat seperti, asam linoleat dan asam korbigen. Kandungan gizi dalam buah jambu biji 100 gram antara lain:
  • Energi 49 kal
  • Protein 0,9 g
  • Lemak 0,3 g
  • Karbohidrat 12,2 g
  • Serat 5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 g
Seperti dilansir dari berbagai sumber, ternyata jambu biji mempunyai efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut khasiat jambu biji dan manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Jambu Biji

1. Mencegah kanker
Jambu biji mengandung vitamin C yang cukup tinggi, karena memiliki senyawa flavonoid membuat jambu biji memiliki sifat antioksidan yang mampu menghambat produksi nitrosamine dan zat pemicu sel kanker. Vitamin C yang terpenuhi dalam darah juga mendorong kerja selenium dalam menghambat pembentukkan sel kanker, terutama pada kanker paru-paru, prostat, payudara dan usus besar. Likopen dalam jambu merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah kanker.

2. Mengatasi penyakit jantung koroner
Manfaat jambu biji lainnya adalah mencegah penyakit jantung koroner. Kalium dalam pada jambu biji membantu jantung bekerja secara teratur. Dalam mengikat lemak serta menghindari terbentuknya plak penyebab jantung koroner, serat, asam linoleat, asam korbigen dan asam elagat mempunyai peran yang sangat penting.

3. Menurunkan tekana darah tinggi
Kandungan kalium dan serat dalam jambu biji berperan penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat mengikat lemak.

4. Mengatasi diabetes
Peran serat paktin yang terdapat dalam jambu biji yaitu mampu menurunkan kadar glukosa darah sehingga sangat bagus untuk di konsumsi bagi penderita diabetes.

5. Anti radang dan antivirus
Selain mengatasi diabetes, manfaat jambu biji lainnya adalah sebagai anti radang dan antivirus. Dalam buah jambu biji ini terdapat senyawa flavonoid dan vitamin C. Peran vitamin C yaitu mampu membentuk kolagen yang dapat mempercepat penutupan luka. Dan peran senyawa flavonoidnya sendiri memiliki fungsi sebagai antivirus dan anti radang.

6. Khasiat lainnya
Menurut penelitian, pada penderita demam berdarah jambu biji ini dapat menaikkan kadar trombosit. Sedangkan buahnya yang kerap di jus lalu di berikan kepada penderita demam berdarah tidak berkhasiat menaikkan kadar trombosit tetapi lebih sebagai suplai cairan yang banyak hilang akibat penurunan trombosit.

7. Kegunaan non pangan
Daun jambu biji di kenal sebagai bahan obat tradisional untuk batuk dan diare. Penderita demam berdarah dengue, Jus jambu biji “Bangkok” juga dianggap berkhasiat untuk membantu penyembuhan. Daun jambu biji sudah dikenal sejak dahulu sebagai pencegah dan mengurangi diare. Cara menggunakan jambu biji untuk mengobati diare, siapkan 3 helai jambu biji direbus dengan 2 gelas air putih lalu di rebus, lalu di saring dan diminum pada orang yang terkena diare.

Jika Anda ingin memilih jambu biji yang baik, sebenarnya hampir sama dengan memilih buah-buahan lainnya, yaitu dengan buahnya harus empuk dan dipastikan buahnya sudah tua. Berikut adalah cara memilih jambu biji yang baik:
  1. Pilihlah jambu yang berukuran besar.
  2. Pilihlah jambu biji yang matang dan empuk jika ingin dikonsumsi langsung.
  3. Pilihlah jambu biji yang sudah tua tetapi masih keras dan berwarnan hijau jika dalam jumlah banyak dan ingin disimpan.
  4. Pilihlah jambu yang empuk dan berwarna kekuningan jika Anda ingin membuat jus jambu biji.
  5. Pilihlah jambu yang sudah tua dan jika di tekan terasa garing jika Anda ingin menikmatinya sebagai cemilan yang renyah ataupun jika ingin dijadikan rujak.
  6. Jangan membeli jambu yang warna kulitnya sudah kuning dan lembek, itu menandakan jambu bijinya sudah terlalu matang bahkan sudah hampir membusuk.
Itulah beberapa manfaat jambu biji dan khasiat jambu biji untuk kesehatan tubuh. Ternyata buah yang di kampung-kampung tumbuh liar ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, selain manfaat jambu biji untuk kesehatan, baca juga manfaat buah lainnya seperti, manfaat buah labu siam, dan manfaat buah bit untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top