8 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Tipscaraalami.com - Kubis atau kol adalah salah satu sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kubis sangat mudah dijumpai di pasar-pasar, baik super market maupun pasar tradisional. Kubis sangat mudah tumbuh di tanah yang subur, dan cara budidaya kubis terbilang gampang, karena kubis dapat tumbuh di berbagai tanah dan segala cuaca.

Mengkonsumsi kubis memang dapat memproduksi gas dalam lambung, yang membuat Anda akan buang angin. Tapi kubis bisa memberikan dampak kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini 8 manfaat dan khasiat kubis bagi kesehatan tubuh.

kandungan, manfaat dan khasiat kubis dan kol bagi kesehatan
(c) Pixabay.com/Efraimstochter


Manfaat Buah Kubis

1. Menurunkan berat badan
Kubis sangat rendah kalori dan terdapat banyak vitamin serta mineral. Jadi sangat pas bagi Anda yang sedang mencoba program diet dan tidak ingin mencicipi terlalu banyak kalori.

2. Menghambat penuaan
Sumber vitamin C tidak hanya banyak terdapat pada buah saja, tetapi pada kubis juga banyak mengandung vitamin C. Jadi, sering mengkonsumsi kubis dapat membuat kulit Anda awet muda, dan memperlambat proses penuan kulit.

3. Mencegah kanker
Bagi Anda yang takut akan penyakit yang ganas ini, mengkonsumsi kubis ternyata dapat mencegah kanker. Pada kubis juga terdapat zat anti-kanker, dan dapat melindungi tubuh dari kanker.

4. Menyehatkan mata
Vitamin A adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan mata, jadi mengkonsumsi kubis akan membuat mata sehat. Jangan lupa ajak anak atau keponakan Anda untuk mengkonsumsi kubis, karena dapat mengurangi kemungkinan seseorang memakai kacamata saat dewasa.

5. Kaya vitamin E
Vitamin E yang terdapat pada kubis ternyata dapat memperbaiki sel dan jaringan dalam tubuh. Selain itu, vitamin E yang ada pada kubis juga bermanfaat untuk memperlancarkan metabolisme tubuh. Kubis juga bisa meningkatkan lebih banyak antibodi.

6. Mengobati sariawan
Sariawan pada mulut juga bisa disembuhkan dengan kubis. Hal ini karena zat glutamine yang ada dalam kubis dan bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus kubis.

7. Bagus bagi pencernaan
Bagi Anda yang bermasalah pada pencernaan, konsumsi kubis dapat memperlancar sistem pencernaan dan dapat mencegah konstipasi.

8. Mencegah Alzheimer
Mengonsumsi kubis juga bisa menangkal penyakit otak seperti Alzheimer. Penelitian mengungkap bahwa zat dalam kubis bisa mencegah penyakit Alzheimer dan bahkan bisa menyembuhkan pasien yang terkena Alzheimer.

Itulah 8 manfaat kubis bagi kesehatan tubuh. Ingat, konsumsi kubis jangan berlebihan, karena dapat membuat perut kembung dan akan sering buang gas. Selama ini kubis berwarna merah dianggap lebih sehat daripada kubis hijau. Semoga bermanfaat!