10 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Tipscaraalami.com - Manfaat buah nangka - Nangka adalah salah satu jenis pohon yang keras, dan selain memiliki batang yang besar, tumbuhnya bisa sangat tinggi. Pohon nangka sangat mudah dijumpai di negara kita, dan merupakan tumbuhan daerah tropis. Nangka adalah pohon yang berbuah, dan sering kita sebut sebagai buah nangka.

manfaat buah nangka
Manfaat buah Nangka (c) Pixabay.com/Vijayanarasimha

Nangka selain batang pohonnya bermanfaat sebagai kayu olahan, dan daun nangka bermanfaat untuk makanan kambing, buahnya selain enak di makan, ternyata nangka mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Buah yang banyak getahnya ini kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi.

Dilansir dari Boldsky.com, inilah 10 manfaat buah nangka untuk kesehatan.


Manfaat Buah Nangka

1. Melancarkan pencernaan
Apakah Anda bermasalah dengan pencernaan dan sering mengalami sembelit? Mengkonsumsi buah nangka ternyata dapat mengatasi masalah tersebut. Hal tersebut disebabkan karena nangka banyak terdapat vitamin C, vitamin C pada nangka mampu membuat pencernaan Anda sehat.

2. Mencegah kanker
Nangka adalah buah yang ampuh menghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan sel kanker. Hal ini terjadi karena nangka memiliki kandungan lignan dan saponin, yang banyak ahli kesehatan rekomendasi sebagai pencegah serangan kanker.

3. Membuat kulit jadi sehat
Manfaat buah nangka lainnya adalah membuat kulit jadi sehat. Buah yang juga banyak yang mengolahnya menjadi keripik nangka juga bermanfaat bagi kecantikan, yaitu dapat mencegah kulit Anda dari berbagai infeksi kulit dengan kandungan vitamin A pada nangka.

4. Membantu menurunkan tekanan darah
Nangka banyak mengandung potasium, yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah resiko akan penyakit jantung, dan stoke. Jadi, bagi Anda penderita tekanan darah tinggi patut mencoba buah nangka ini dan merasakan khasiatnya.

5. Membuat tulang jadi kuat
Bagi Anda yang tidak suka minum susu, mungkin bisa mencoba buah nangka. Nangka tak hanya enak di dijadikan bahan utama masakan gulai, tetapi nangka bermanfaat membuat tulang kuat dan mencegah resiko radang sendi dan osteoporosis.

6. Baik untuk kesehatan darah
Selain bermanfaat bagi tulang, manfaat buah nangka lainnya berguna bagi kesehatan darah. Bagi wanita patut merasakan manfaat luar biasa dari nangka. Yaitu dapat membantu mencegah masalah anemia dengan zat besi yang ada pada nangka. Selain itu nangka juga dapat memperbaiki sel-sel darah merah di dalam tubuh.

7. Baik untuk menjaga kesehatan tiroid
Kandungan mineral lain yang terdapat pada nangka seperti tembaga berguna untuk menjaga dan mempertahankan tiroid supaya dapat berfungsi dengan normal.

8. Dapat menurunkan bera badan
Bagi Anda yang sedang melakukan program diet dan berusaha menurunkan berat badan, nangka bisa jadi teman Anda. Karena nangka mengandung sangat sedikit kalori, lemak jenuh, dan karbohidrat. Jadi jangan takut untuk mendekati nangka.

9. Baik bagi kesehatan mata

Selain itu, manfaat buah nangka bagus bagi mata. Nangka juga mencegah gangguan pada mata seperti degenerasi makula dan rabun senja. Jadi konsumsi nangka untuk membuat mata tetap sehat dan bugar.

10. Sumber energi

Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Itulah 10 manfaat buah nangka yang luar biasa dan jarang diketahui orang. Dari batang pohon sampai buahnya bisa dimanfaatkan. Selain itu, biji nangka yang telah masak juga enak dijadikan cemilan dengan cara direbus. Nangka, dengan manfaat segudang tersebut, jangan ragu lagi untuk memasukkan ke dalam menu makanan sehat Anda. Semoga bermanfaat.