6 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat buah melon - Melon adalah tanaman yang memiliki buah dan termasuk dalam suku labu ini sangat segar dan nikmat rasanya, apa lagi bila di campur dengan es. Di Indonesia sendiri, buah melon sangat populer dan banyak pula yang membudidayakannya. Yang membuat buah melon lebih disukai adalah daging buahnya yang lebih padat dan kaya akan serat.




Bila Anda jarang mengkonsumsi buah melon, sebaiknya sekarang Anda patut mencobanya. Karena dengan hanya mengkonsumsi buah melon saja, Anda akan mendapatkan banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti dilansir dair Magforwomen.com, ini 6 manfaat buah melon.

Manfaat Buah Melon

1. Banyak terdapat vitamin dan mineral

Dengan mengkonsumsi buah melon saja, hampir semua vitamin harian Anda akan terpenuhi, seperti vitamin A, B, C, K, folat, magnesium, serat, dan potasium.

Untuk Anda yang mengalami sembelit, kandungan serat pada melon juga dapat mencegah dan menyembuhkan sembelit, dan vitamin A berfungsi untuk membuat kulit tetap sehat. Selain itu, vitamin C yang ada pada melon juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi di aliran darah.

2. Membuat jantung tetap sehat

Manfaat buah melon lainnya yaitu menyehatkan jantung. Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat ditakuti manusia, dan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Bagi Anda takut akan penyakit jantung menghampiri Anda, mengkonsumsi buah melon ternyata dapat membuat jantung sehat, dan baik juga bagi penderita penyakit jantung.

Melon adalah buah yang kaya akan kalsium, kalsium sendiri fungsinya untuk menurunkan tekanan darah dan mengencerkan konsentrasi sodium di dalam tubuh Anda. Selain itu, buah melon juga dikenal memiliki lycopene yang mencegah kerusakan sel dan menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung. Jangan lupa sarankan kepada keluarga dan teman Anda yang menderita penyakit jantung ya.

3. Baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang menstruasi

Wanita yang sedang menstruasi sering merasakan ketidaknyamanan karena kram dan juga nyeri. Melon membantu mengurangi pembekuan darah dan juga menjaga agar aliran darah tetap terkontrol. Jadi sangat disarankan bagi wanita yang sedang menstruasi untuk mengkonsumsi buah melon.

4. Mencegah dehidrasi

Sama seperti buah semangka. Buah melon juga buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Kandungan air yang tinggi pada melon akan membuat Anda terbebas dari dehidrasi dan serat yang cukup pada melon juga akan membuat Anda terasa kenyang lebih lama, jadi bagus juga bagi Anda yang sedang diet.

5. Mengurangi peradangan

Selain mencegah dehidrasi, manfaat buah melon lainnya yaitu mengurangi peradangan. Melon juga kaya akan vitamin B6. Kekurangan vitamin ini akan menyebabkan peradangan dan juga ketidakseimbangan hormon sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Jadi, tak salahnya mengkonsumsi melon untuk mencegah paradangan dan ketidak seimbangan hormon pada tubuh.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pada buah melon juga terkandung asam amino, asam amino ini fungsinya untuk menjaga tubuh Anda agar tetap kebal akan hantaman penyakit.

Itulah 6 manfaat buah melon yang wajib Anda tau. Ternyata manfaat buah melon sangat banyak dan sangat berguna bagi kesehatan tubuh Anda agar selalu sehat dan bugar. Jadi, tunggu apa lagi, segera konsumsi melon untuk merasakan manfaatnya baiknya. Semoga bermanfaat.