10 Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya minum air es - Air es adalah air yang sama juga dengan air lainnya dan tak ada perbedaan khusus, bedanya cuma suhunya saja yang dingin. Berbicara air dingin pasti membuat setiap orang akan suka, bagaimana tidak di siang hari atau cuaca yang lagi panas terik paling enak minum air es atau yang dingin-dingin. Apalagi sehabis makan makanan yang panas atau pedas, pasti tambah nikmat.

Namun dibalik kenikmatan tersebut ada efeknya bagi kesehatan tubuh Anda, minum air es atau air dingin ternyata berbahaya bagi tubuh Anda serta bisa memicu berbagai penyakit dan berbagai gangguan kesehatan menurut paparan para peneliti. Jadi bahaya minum air es itu pasti, dan bukan sekedar mitos saja.

Menurut peneliti dari University of Arkansas yang dikutip dari Dailymail.co.uk, baru-baru ini memaparkan bahwa air dingin kemungkinan dapat memicu penyakit diabetes dan obesitas. 

Bahaya minum air es dingin

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa minum air dingin akan berkaitan dengan indra pengecap dan sensor yang berfungsi untuk merasakan rasa manis. Hal tersebut akan melemahkan sensor manis pada tubuh. Hasilnya seseorang akan sangat gampang dan mudah untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis. Dan yang lebih parahnya, mereka bahkan tidak mengetahui berapa banyak gula yang telah masuk ke dalam tubuhnya.

Bila sensor manis pada seseorang telah berkurang, maka akan sangat gampang memilih jenis makanan yang manis-manis dari pada makanan yang sehat dan tidak manis.

Para meneliti juga telah melakukan pengamatan pada sejumlah orang yang ikut berpartisipasi. Para partisipan diminta untuk meminum air yang memiliki temperatur yang berbeda. Lalu mereka diminta berkumur dengan air tersebut beberapa saat, setelah itu mereka diminta mencicipi makanan manis, seperti cokelat manis, keju manis dan jenis makanan manis lainnya.

Hasilnya, ternyata mereka yang berkumur dengan air dingin memiliki penurunan sensitivitas pada rasa manis. Dari sinilah para peneliti mengetahui bahwa air dingin bisa mempengaruhi cara seseorang merasakan makanan dan menurunkan sensitivitas indera pengecap.

Lihat juga:

"Terlalu sering mengonsumsi minuman es dan soda bisa menurunkan sensitivitas seseorang terhadap makanan dan minuman manis. Hal tersebut membuat mereka lebih banyak mengonsumsi makanan manis," ungkap para peneliti.

Bahaya Minum Air Es


Selain berbagai penyakit dan gangguan kesehatan yang telah di sampaikan oleh penelitian diatas, ada beberapa bahaya lainnya serta efek minum air dingin bagi kesehatan tubuh. Berikut akibat sering minum air dingin bagi kesehatan tubuh lainnya:

1. Merasa tak nyaman pada tubuh


Saat proses pencernaan suhu panas sangat dibutuhkan oleh tubuh, jadi makanan yang hangat dan air hangat akan diperlukan supaya proses pencernaan jadi mudah, namun apa jadi bila Anda memasukkan air atau makanan dingin ke perut Anda, makanan hangat tadi akan menjadi dingin, proses pencernaan Anda akan terganggu, dan hal ini akan menyebabkan rasa tidak enak pada tubuh dan bagian perut.

2. Tubuh kesulitan mencerna makanan


Nah bahaya minum air es setelah makan sudah pasti menyebabkan tubuh Anda sulit untuk mencerna makanan yang Anda makan. Saat Anda minum air es, pembuluh darah Anda akan mengerut, dan akan membuat sistem pencernaan bekerja tidak optimal. Selanjutnya vitamin dan nutrisi pada makanan yang Anda makan akan sulit untuk diserap oleh tubuh. Hal ini sudah pasti membuat tubuh Anda kekurangan gizi, dan akan berdampak pada gangguan kesehatan lainnya.

3. Menurunkan temperatur suhu tubuh


Tubuh kita perlu untuk mempertahankan suhunya sekitar 37 derajat celsius, tapi bila Anda minum air dingin maka temperatur tersebut akan turun. Nah tubuh Anda selanjutnya akan bekerja lebih keras lagi supaya temperatur tubuh harus 37 derajat celsius lagi. Dan proses ini membutuhkan energi lebih banyak, efeknya bila tiap hari begini Anda akan mudah merasa lelah dan lemas.

Lihat juga:

4. Sakit pada tenggorokan


Akibat minum air dingin atau air es lainnya adalah menyebabkan sakit pada tenggorokan. Minum air yang dingin atau sangat dingin dapat menumpuk lendir di tenggorokan. Bila lendir ini sangat banyak makan jalannya pernapasan akan sedikit macet, selanjutnya akan membuat tenggorokan Anda jadi sakit.

5. Memperlambat detak jantung


Para peneliti juga mengatakan minum air es akan menyebabkan suhu pada tubuh akan turun, lalu kinerja saraf akan terangsang sehingga membuat detak jantung menjadi lambat.

6. Membuat perut jadi buncit


Bahaya minim air es bagi kesehatan tubuh sudah pasti dapat menimbun lemak pada tubuh terutama pada perut Anda. Minum air dingin sehabis makan akan membuat makanan di perut akan susah dicerna oleh tubuh, lalu akan tertahan diperut, lama-lama makanan tersebut menjadi lemak, ditambah lagi Anda jarang olahraga serta banyak duduk sudah pasti membuat perut Anda tambah gede.

7. Perut jadi kembung


Tak hanya membuat perut jadi buncit, tapi efek dan bahaya sering minum air es bagi tubuh lainnya adalah membuat tubuh jadi kembung.

8. Mengakibatkan pusing


Bila Anda sering pusing bukan berarti Anda kekurangan darah, bisa jadi penyebabnya adalah karena efek sering minum air dingin. Ya bahaya minum air dingin akan membuat Anda jadi pusing. Saat metabolisme tubuh terganggu, sistem sarat pusat pun tidak bisa menerima respon dari perubahan suhu yang sangat cepat, organ-organ tubuh yang sedang membutuhkan oksigen dan zat penting lainnya secara cepat berkurang suplainya.

Otak tidak mampu beradaptasi dengan cepat. Akibatnya Anda akan merasa pusing, karena suplai darah ke otak berkurang.

9. Haus


Minum air dingin saat haus ketika sedang melakukan pekerjaan yang menguras fisik pasti akan membuat Anda terasa haus kembali walaupun sehabis minum air dingin tersebut. Meminum air dingin akan membuat ketidakseimbangan pada tubuh. Minum air dingin akan lebih cepat kehilangan cairan pada tubuh, dan tubuh akan merasa haus kembali. Maka perbanyak minum air hangat ketika sedang haus sehabis capek bekerja atau olahraga.

10. Kehilangan nutrisi pada tubuh


Minum air dingin membuat suhu pada tubuh jadi tidak normal. Jadi tubuh harus banyak menyerap energi supaya suhu tubuh dapat di atur menjadi normal kembali. Jadi tubuh Anda akan kesulitan menerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akibat dari gangguan pada suhu tubuh tersebut.

Bahaya Minum Air Es Bagi Wanita


Minum air es atau air dingin bagi wanita yang ingin cepat hamil atau sedang haid tidak disarankan karena dapat memperhambat peredaran darah, hal ini akan menyebabkan asupan darah pada organ reproduksi berkurang. Makanya pertimbangkan untuk minum lebih banyak air hangat daripada air dingin, air hangat akan mendongkrak sirkulasi alami dalam sistem limfa sehingga mencegah penimbunan toksin.

Bila Anda terus meminum air dingin, maka Anda tak kan tau kalau sudah berapa banyak gula yang masuk ketubuh Anda, dan akhirnya Anda akan terkena penyakit diabetes. Tak hanya diabetes, kebiasaan makan makanan manis yang berlebihan akibat kurang sensitifnya indra pengecap juga bisa memicu obesitas dan membuat tubuh jadi gemuk.

Sudah minum - minuman yang dingin, lalu ditambah lagi makan makanan yang manis-manis, pasti tidak akan lama penyakit diabetes akan menghampiri Anda. Maka mulai sekarang, Anda harus terbiasa untuk hidup sehat dengan cara alami, seperti tidak mengkonsumsi makanan olahan.

Lihat juga:

Itulah bahaya minum air es dan pengaruh serta akibat sering minum air es atau air dingin bagi kesehatan tubuh. Minum air dingin hanya akan membuat Anda terasa puas, kenyang dan rasa haus hilang hanya sesaat dan itupun tidak akan membuat Anda minum lebih banyak. Sehabis minum air dingin, tubuh Anda akan teras dehidrasi, karena air dingin tidak akan diserap oleh tubuh dengan sempurna. Baca juga "10 tanda-tanda penyakit diabetes yang akan menyerang Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.