5 Obat Herbal Diabetes Yang Bisa Diracik Sendiri

Obat herbal diabetes - Kencing manis merupakan sejenis penyakit yang ditandai oleh tingginya kadar gula di dalam tubuh yang melebihi normal. Penyakit yang menyerang tanpa mempedulikan batasan usia ini disebabkan oleh beberapa hal seperti gaya hidup yang kurang sehat dan juga mengonsumsi obat herbal.

Mengkonsumsi obat herbal diabetes dengan teratur secara perlahan anda akan terbebas dari penyakit ini. Namun juga harus dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang sehat. Mulai dari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula rendah serta selalu menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan kebiasaan rutin seperti olah raga.

Penyebab Penyakit Diabetes


Kebiasaan hidup yang kurang sehat ini meliputi kebiasaan merokok yang dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit termasuk diabetes itu sendiri. Selain kebiasaan merokok, hal lain yang memicu terjadinya penyakit diabetes pada seseorang adalah seringnya mengkonsumsi minuman bersoda, minum teh manis dalam jumlah yang melebihi normal. Dengan jumlah kadar gula yang terdapat pada kedua jenis minuman ini yang bisa terbilang cukup tinggi, maka dapat memicu meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

Obat herbal diabetes

Kurangnya perhatian terhadap jenis makanan yang dikonsumsi seperti banyaknya mengkonsumsi gorengan yang didukung dengan kurangnya frekuensi seseorang dalam melakukan olah raga maka dengan mudah seseorang akan mengidap penyakit kencing manis dalam waktu yang singkat. Untuk itu, beberapa penderita diabetes selalu berusaha untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh dengan mengkonsumsi berbagai jenis obat baik obat yang bersifat kimia maupun obat herbal diabetes yang bisa dibuat sendiri ataupun dengan membelinya di apotek terdekat.

Ramuan agar Terbebas dari Penyakit diabetes


Berikut ini adalah berbagai macam obat herbal diabetes yang bisa anda jadikan alternatif pengobatan seandainya kadar gula dalam tubuh masih belum mencapai batasan normal.

Lihat juga:
8 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Cepat Dan Mujarab
6 Obat Herbal Asam Urat Yang Mujarab
7 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Paling Ampuh Dan Cepat
Obat Herbal Diabetes Paling Ampuh

1. Ramuan dari tanaman brotowali


Untuk mengobati diabetes, maka anda dapat membuat sebuah ramuan dengan bahan dasar yang berupa brotowali. Tanaman yang memiliki nama latin Tinaspora Crispa ini memiliki kandungan senyawa yang dinamakan tinokrisposid yang mampu untuk mempercepat keluarnya glukosa melalui metabolisme ataupun menyimpannya secara langsung dalam bentuk lemak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di RS King Chulalangkorn di Thailand yang melibatkan sekitar 36 pasien diabetes menyebutkan bahwa brotowali sangat efektif dalam menurunkan kadar gula dalam tubuh. Untuk memanfaatkan brotowali sebagai obat diabetes, maka anda dapat merebus batang maupun akar dari brotowali dan mengkonsumsi air rebusannya tersebut.

2. Obat herbal dari tanaman pare


Tanaman yang memiliki nama latin Momordica Charantia ini dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes karena kandungannya yang berupa steroid saponin atau biasa dikenal dengan charantin. Senyawa ini dapat meningkatkan regenerasi sel-sel serta meningkatkan kadar insulin dalam pankreas serta merangsang penyimpanan glikogen dalam liver sehingga berdampak pada penurunan kadar gula pada penderita kencing manis tipe II. Untuk membuat ramuan herbal dari pare bisa anda lakukan dengan membuat jus pare.

Akan tetapi, anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi jus pare secara berlebihan karena dapat meyebabkan diare. Pengkonsumsian jus pare yang ideal dapat dilakukan dengan meminumnya sebanyak setengah gelas setiap harinya.

3. Ramuan herbal dari mengkudu


Selain pare dan brotowali, untuk pengobatan diabetes juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman mengkudu. Kandungan proxeroni dalam mengkudu sangat efektif dalam membentuk alkaloid yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi itupun akan masuk ke dalam tubuh.

Kemampuan inilah yang menajadikan mengkudu alasan sebagai obat diabetes. Untuk mengolah mengkudu sebagai obat diabetes, anda dapat membuat jus mengkudu. Sedangkan pengkonsumsiannya bisa anda lakukan dengan memeras hasil blenderan mengkudu dan mencampurkannya dengan sedikit madu lalu anda minum setiap hari sampai gula darah di dalam tubuh anda mengalami penurunan.

4. Obat herbal dengan buncis


Selain digunakan sebagai sayur, buncis ternyata dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes yang mujarab. Kandungan senyawa dalam buncis yang berupa B-sitosterol mampu untuk mempercepat produksi insulin dalam tubuh serta menjaga kadar insulin agar tetap normal.

Dengan mengolahnya secara benar, maka buncis akan dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh. Untuk mengolah buncis sebagai obat diabetes dapat anda lakukan dengan merebus setengah kilogram buncis dengan dua gelas air untuk diambil airnya. Pengekonsumsian terhadap ramuan ini dapat anda lakukan dengan meminum air rebusan buncis dua kali sehari pagi dan malam.

Cara lain yang lebih efektif yaitu dengan mengkonsumsi buncis dalam keadaan mentah ataupun mengolahnya menjadi jus buncis dengan tambahan gula secukupnya.

5. Ramuan dari tanaman Gymnema Silvestre


Gymnema Silvestre merupakan sejenis tumbuhan yang merambat dan tumbuh di daerah tropis. Bentuk daun dari tanaman ini adalah bulat telur dan bunganya berbetuk seperti lonceng dengan warna kuning.

Tanaman semacam ini mengandung senyawa asam gymnemic yang berasal dari akar maupun daun yang berfungsi untuk menurunkan dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Untuk merasakannya manfaat dari tanaman ini, beberapa ahli telah membuat ekstrak gymnema silvetre ini yang akan membantu pankreas untuk memproduksi insulin serta pada penderita diabetes type 2.

Selain itu, ekstrak gymnema ini juga mampu untuk mengendalikan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes type 1 dengan memperbaiki sel beta pankreas serta merangsang pembentukan insulin.

Beberapa ramuan di atas merupakan beberapa alternatif pengobatan herbal yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh anda. Dengan demikian, anda akan terbebas dari penyakit diabetes.

Artikel lainnya:
4 Obat Pelangsing Herbal Yang Aman
Obat Darah Tinggi Alami Yang Ampuh Dan Cepat
Obat Sakit Tenggorokan Alami Dan Ampuh
Obat Herbal Ambeien Tanpa Operasi