6 Obat Herbal Asam Urat Yang Mujarab

Tipscaraalami.com - Obat Herbal Asam Urat - Asam urat adalah jenis penyakit yang sering dibicarakan banyak orang, hal ini dikarenakan dewasa ini banyak orang yang mengalami penyakit asam urat karena banyak pengaruh lingkungan yang membuat seseorang rentan terkena jenis penyakit ini.

Banyak usaha yang dilakukan oleh penderita asam urat untuk mengurangi rasa sakit pada bagian sendi yang sering muncul mendadak dan tiba-tiba. Seperti terapi herbal hingga melakukan pijat tradisional. Berbicara mengenai herbal, Anda juga bisa menggunakan obat herbal untuk mengatasi dan menyembuhkan rasa sakit akibat asam urat. Lalu apa saja obat herbal asam urat yang bisa dibuat atau ditemui oleh para penderita asam urat ? Berikut adalah paparan lengkap 6 obat tradisional asam urat.

obat herbal asam urat
Obat herbal asam urat (c) Sidomi.com

Obat Herbal Asam Urat

1. Banyak minum air putih
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih agar mampu meluruhkan zat-zat tidak berguna dalam tubuh. Misalnya saja pada urin dan keringat, karena kekurangan air dalam tubuh juga hal yang menyebabkan asam urat menjadi lebih mudah kambuh. Air putih berperan aktif untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan ginjal saat bekerja agar mampu menormalkan kembal fungsinya sehingga pembentukan asam urat dalam tubuh tidak terjadi lagi.

2. Hindari zat purin
Langkah kedua untuk obat herbal asam urat yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin. Zat purin sangat mampu mempengaruhi perkembangan asam urat dalam tubuh. Zat purin terdapat pada makanan laut, jeroan hewan atau daging dan makanan instant seperti yang dikemas dalam kaleng tertentu. Makanan jenis tersebut sangat tidak baik dikonsumsi bagi penderita asam urat, sehingga akan sangat baik jika Anda menghindari makanan yang mengandung zat purin demi kesehatan tubuh Anda.

3. Basa
Obat herbal asam urat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki basa tinggi. Karena basa mampu mentralkan sejumlah asam yang menyebabkan netri sendi pada bagian yang terkena asam urat. Anda bisa menemukan makanan yang mengandung basa pada buah, sayuran dan biji-bijian. Dengan demikian asam berlebih yang terdapat dalam tubuh bisa berkurang. Dan sistem ini juga akan membuat ginjal bekerja lebih ringan untuk mengeluarkan asam yang tidak berguna.

4. Buah cerry
Buah cerry ternyata mampu menjadi obat herbal ampuh untuk menghilangkan asam urat dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah cerry langsung tanpa diolah atau bisa juga membuat jus cerry. Cerry memiliki kandungan asam tinggi yang berguna untuk mengimbangi jumlah asam pada asam urat, sehingga buah cerry mampu menjadi peredam rasa nyeri pada bagian yang terserang asam urat. Dalam buah cerry terdapat beberapa nutrisi penting untuk tubuh, terutama kalium yang bisa menjadi penawar rasa nyeri akibat asam urat.

5. Lemon
Buah jeruk yang memiliki rasa asam segar ini juga mampu menjadi obat herbal asam urat yang menyehatkan bagi Anda penderita penyakit asam urat. Dengan mudahnya Anda bisa mendapatkan buah lemon kemudian untuk dikonsumsi dengan cara apapun. Asam yang ada pada buah lemon bekerja sama seperti pada asam di buah cerry. Dengan demikian terjadilah keseimbangan jumlah asam dalam tubuh dan rasa yeri bisa teratasi. Selain itu buah lemon memiliki zat bernama kalsium karbonat yang bisa menjadi penetral asam urat.

6.Cuka dan madu
Cuka dan madu adalah dua kombinasi tepat untuk mengatasi rasa nyeri akibat serangan asam urat dalam tubuh. Kombinasi ini membuat zat basa yang mampu menormalkan keadaan asam dalam tubuh dan berusaha untuk mengembalikan keadaan asam pada kadar normal. Jadi Anda bisa menggunakan cuka dan madu sebagai alternatif obat herbal untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi yang terserang asam urat.

Demikian beberapa obat herbal asam urat yang kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin menghilangkan asam urat secara alami tanpa adanya campuran bahan kimiawi. Menggunakan bahan herbal lebih aman dan juga tidak memberikan efek samping berarti untuk organ dalam Anda Setidaknya dengan menggunakan bahan alami atau herbal, Adna membantu meringankan beban ginjal yang berusaha membuang asam berlebih pada tubuh. Selain itu perbanyak lah mengkonsumsi buah dan sayuran untuk menormalkan kembali fungsi tubuh dan kadar asa urat yang ada dalam tubuh Anda kembali seperti semula.

Selain obat asam urat tradisional, baca juga artikel menarik lainnya tentang manfaat daun, seperti manfaat daun salam, dan manfaat daun sirsak. Terimakasih!