8 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun kemangi - Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Ya, daun kemangi merupakan daun yang sangat legendaries bagi masyarakat Indonesia yang digunakan sebagai lalapan pendamping sambal yang disajikan dengan lauk seperti ikan bakar dan ayam goreng. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar menikmati sambal berbanding lurus dengan menikmati lalapan. Lalapan yang sering dijumpai adalah mentimun, daun kemangi, kacang panjang mentah, dan kubis segar.

Manfaat daun kemangi
Dari sekian banyak lalapan, yang paling banyak ditemui kebermanfaatannya adalah daun kemangi. Manfaat daun kemangi sangatlah banyak. Namun sayangnya manfaat daun kemangi belum banyak diketahui oleh orang-orang. Jadi jangan salah kalau orang yang doyan kemangi akan terhindar dari beberapa jenis penyakit.

Lihat juga:
Manfaat Daun Salam yang Ramah untuk Kesehatan
5 Manfaat Daun Kelor Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Kesehatan
6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih yang Luar Biasa dari Indonesia


Daun kemangi memiliki ciri khas baunya yang khas dan sedap. Tak jarang daun kemangi digunakan juga sebagai bumbu dalam adonan masak. Manfaat daun kemangi tak terbatas sebagai obat tetapi lebih dari itu. Kemangi merupakan saudara dari tanaman mint. Kemangi memiliki kandungan antibakteri dan juga antioksidan. Tanaman daun kemangi biasanya dapat dijumpai di musim hujan. Daun yang kecil serta bunganya yang memanjang, membuat tanaman ini sangat mudah dibudidayakan di rumah. Saat hujan malah kadang tumbuh sendiri akibat biji yang tertinggal di tanah. Manfaat daun kemangi ada banyak. Yuk, langsung saja kita simak manfaat dari daun kemangi berikut ini:

1. Mencegah Jerawat


Siapa sangka kalau daun kemangi memiliki senyawa atau zat yang dapat mencegah terjadinya jerawat di muka kita. Kandungan anti bakteri bisa membuat bakteri tak akan muncul di kulit wajah kita. Siapa yang tak mau terlihat wajahnya mulus bebas dari komedo? Tentu semuanya suka dengan wajah tak berjerawat. Bisa dikonsumsi secara rutin dan juga bisa digunakan sebagai masker. Manfaat daun kemangi yang pertama ini memang sangat menyenangkan bukan?

2. Mencegah Komedo


Daun kemangi bisa mencegah munculnya komedo. Jangan sampai komedo mengganggu kepercayaan diri anda. Komedo yang muncul akibat aktivitas harian bisa membuat anda tak tampil maksimal. manfaat daun kemangi ini bisa dipakai dengan cara menempelkan daun kemangi ke hidung selama 10 menit kemudian angkat.

3. Pengobatan Infeksi Kulit


Karena manfaat daun kemangi yakni memiliki zat anti bakteri, ada baiknya untuk mengobati infeksi kulit dengan daun kemangi. Caranya mudah saja, yakni dengan menggiling daun kemangi lalu menempelkannya kebagian yang terinfeksi. Zat antibakteri akan bereaksi dan bisa menyembuhkan infeksi tersebut.

4. Mencegah Rambut Beruban


Nah, bagi yang tak mau terlihat tua karena rambut telah beruban, ada baiknya untuk mencoba masker rambut dengan daun kemangi. Caranya yaitu dengan merendam daun kemangi bubuk dengan bubuk amla selama semalam suntuk. Lalu besoknya gunakan sebagai masker rambut. Manfaat daun kemangi ini luar biasa bukan?

5. Pencegahan Rambut Rontok


Nah, siapa sih yang suka dengan rambut rontok? Tentu rambut rontok sangat menyebalkan sekali. Apalagi kalau rambut sudah mulai tipis. Ada baiknya untuk mencegahnya dengan manfaat daun kemangi. Caranya mencampurkan pasta daun kemangi dengan minyak rambut. Kalau dipakai dengan teratur bisa mencegah terjadinya rambut rontok.

6. Mencegah Bau Badan dan Bau Mulut


Untuk mencegah datangnya bau badan dan bau mulut, gunakan daun kemangi sebagai pewangi alami. Nah, maka dari itu jangan lupa menyikat gigi dan mandi yang bersih. Manfaat daun kemangi hanya sebagai pembantu dalam mencegah timbulnya bau mulut dan juga bau badan. Caranya sangat mudah, yakni dimakan bersama lalapan dan lauk seperti biasa.

7. Menguatkan Tulang


Siapa yang tahu kalau daun kemangi yang kecil memiliki manfaat daun kemangi yang dapat menguatkan tulang ? selain bisa menguatkan tulang, daun kemangi ini memiliki kandungan vitamin K yang memiliki manfaat daun kemangi sebagai mineralisasi tulang.

8. Memiliki Manfaat Lain


Nah, tunggu apa lagi? Manfaat daun kemangi sungguh sangat banyak. Jangan ragu lagi ya untuk mengonsumsi daun kemangi. Kandungan zat besi, tembaga, dll membuat daun ini semakin dicari.

Demikian artikel tentang daun kemangi. Jika anda ingin mendapatkan seluruh kebaikan dari kemangi maka ikutilah cara-cara tersebut.

Artikel lainnya:
Manfaat Daun Binahong Dalam Kehidupan Manusia
4 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Manusia