Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat buah durian - Buah bernama durian ini memang memiliki cita rasa dan aroma yang sangat menggoda. Tidak di rasa ternyata buah ini juga menyimpan hal-hal yang mengejutkan. Bentuknya yang bulat, dan kulitnya yang di hiasi oleh duri menjadikan ciri khas tersendiri dari buah ini. Ternyata banyak manfaat buah durian yang tidak banyak diketahui oleh orang. Sensasi menggiurkan ketika menyantapnya, membuat orang tidak memikirkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Manfaat buah durian

Manfaat buah durian yang sensasional


Buah dengan ornamen duri ini sukses menarik siapa saja yang memandangnya. Bagaimana tidak? Rasa manis dari buah ini seolah menarik orang-orang agar selalu ingin mencicipinya. Tentu tidak ada yang menyangka, bahwa ternyata buah durian mempunyai beberapa khasiat yang sangat sensasional, apa saja manfaat buah durian? Simaklah!

Lihat juga:
7 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Pir yang Luar Biasa Ini Harus Anda Ketahui
9 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa
7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

Merupakan penyumbang energi yang cukup besar


Manfaat buah durian ini salah satunya yaitu meningkatkan energy karena mempunyai kandungan energi yang cukup tinggi. Pada ukuran satu porsi saja atau sekitar 243 gr, buah ini menyumbang kurang lebih 20% karbohidrat dari keperluan harian. Mungkin buah ini tidak cocok untuk membantu program diet anda, namun akan sangat pas jika di konsumsi oleh mereka yang berprofesi sebagai atlet, pelari atau orang lain yang memiliki profesi dengan membutuhkan energi yang besar. Anda dapat memanfaatkan kandungan karbohidrat yang kaya di dalam buah durian.

Mengandung serat tinggi


Bagi anda yang memiliki masalah pencernaan yang kurang lancar, anda dapat mengambil manfaat buah durian. Karena dalam buah tersebut mengandung cukup banyak serat. Pasalnya, tiap 1 porsi buah durian terdapat kurang lebih 9 gram serat yang dapat membuat terpenuhinya serat dalam tubuh sesuai kebutuhan harian hingga 37%.

Kaya akan folat


Buah durian juga kaya akan folat. Asam folat akan memberikan anda bantuan pencegahan terhadap penyakit jantung, serta dapat digunakan sebagai media bagi perkembangan janin jika anda sedang hamil, tak hanya itu manfaat buah durian juga cukup baik guna menangani fungsi otak. Pada seporsi buah durian dapat terkandung 20% asam folat dari kebutuhan harian.

Kandungan lain pada buah durian


Banyak manfaat buah durian yang tidak banyak diketahui oleh orang. Sensasi menggiurkan ketika menyantapnya, membuat orang tidak memikirkan manfaat yang terkandung di dalamnya. Namun, hal tersebut tidak perlu di sayangkan, karena pengetahuan mengenai manfaat buah durian ini akan snagat membantu anda, terlebih lagi bagi anda penyuka durian. Sehingga dalam kesukaan anda menyantap durian, terdapat pula beragam manfaat buah durian bagi tubuh anda. Selain yang di bahas di atas, buah durian memiliki kandungan lain, yakni:

Kalium


Kalium merupakan suatu komponen yang memiliki fungsi berharga untuk mengendalikan tekanan darah, menakar kadar natrium, serta mengontrol detakan pada jantung. Durian ini mempunyai kandungan kalium yang cukup berlimpah, sehingga berkhasiat dalam mendompleng kesehatan anda.

Zat besi dan tembaga


Pada buah durian, disertai pula kandungan zat besi dan tembaga. Kedua zat tersebut berguna untuk penyusunan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, terdapat kandungan mangan juga yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan kulit.

Vitamin C dan B


Manfaat buah durian yang tidak banyak diketahui oleh juga orang terdapat pada kandungan vitamin C-nya. Khasiat vitamin C dalam tubuh ialah sebagai pelawan penyakit, penurun kolesterol dalam tubuh, menyembuhkan luka serta dapat memperlancar darah yang beredar dalam tubuh. Selain vitamin C, buah yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B. Yang mana, vitamin B ini dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh, serta dapat pula bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Vitamin B jugalah yang berperan dalam meningkatkan koelsterol baik atau HDL.

Manfaat buah durian memang cukup banyak sekali bagi organ tubuh kita, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun, yang perlu anda ingat dalam mengkonsumsi buah yang satu ini harus ada takarannya, jangan terlalu berlebihan. Mengingat buah durian memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup tinggi. Tidak akan baik bagi berat badan anda. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya:
12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
5 Manfaat Buah Naga Yang Ajaib Bagi Tubuh
7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan