8 Khasiat Dan Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Manfaat buah melon- Buah melon merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai rasa manis dan cita rasa yang nikmat. Bagi vegetarian, buah ini merupakan salah satu macam buah yang tidak pernah terlewatkan untuk di konsumsi. Berbentuk bulat dan hijau, itulah ciri khas dari buah ini. Terdapat berita baik mengenai manfaat buah melon, karena memang buah yang selalu di cari ini memiliki fungsi dan khasiat yang sangat menguntungkan bagi tubuh anda.

Pada masa sekarang ini, memang sangat sulit mencari bahan makanan yang menyehatkan, mengingat banyak sekali beberapa makanan yang tidak sehat, yang mengandung campuran bahan kimia, sehingga malah membahayakan tubuh. Maka dari itu, bertindak cerdaslah dalam menyeleksi setiap makanan yang akan anda santap. Bahan makanan yang natural, seperti buah dan sayur akan memberikan anda dampak yang positif.

Manfaat buah melon

Manfaat buah melon berdasarkan kandungan gizinya


Mungkin anda belum menyadari akan manfaat buah melon. Namun, yang perlu anda ketahui, di dalam buah melon terdapat kandungan penting yang dapat membantu anda dalam menuju tahap sehat. Sehat merupakan impian dari setiap orang, tentu begitu pula bagi anda. Ada baiknya jika anda tidak melewatkan manfaat buah melon tersebut, karena akan sangat di sayangkan jika anda tidak mengetahui rahasia tentang buah melon ini. Buah bewarna hijau ini memiliki manfaat bagi manusia dari berbagai golongan, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa hingga ibu hamil. Berikut manfaat buah melon berdasarkan kandungan gizinya:

Manfaat buah melon untuk kesehatan


Dalam buah melon terdapat kandungan zat adenosine yang berfungsi untuk memperlancar beredarnya darah dalam tubuh. Sehingga dapat menjadi alternatif pencegahan bagi penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi buah melon, anda akan mendapatkan manfaat yang baik bagi sistem peredaran darah anda. Manfaat buah melon ini memang sangat beragam.

Lihat juga:10 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui
5 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan Yang Ajaib
8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat buah melon untuk kecantikan


Buah melon di kategorikan sebagai salah satu jenis buah yang memiliki tingkat kolagen relatif tinggi. Sehingga buah ini berperan penting bagi kecantikan kulit anda. Kolagen sendiri merupakan sejenis zat protein yang dapat berguna untuk menyembuhkan luka secara cepat pada area permukaan kulit, dan pasalnya juga dapat mengencangkan kulit. Manfaat buah melon untuk mempercantik kulit wajah ini memang tidak bisa disepelekan.

Manfaat buah melon bagi ibu hamil


Buah yang mengandung cukup banyak air ini sangat baik bagi ibu-ibu yang sedang hamil. Ibu hamil membutuhkan cakupan energi yang lebih banyak daripada ibu yang tidak hamil, terbukti 7 dari 10 ibu hamil sering merasakan lemas dan seolah tidak memiliki tenaga jika memiliki asupan energi yang kurang. Dengan mengkonsumsi buah melon, maka energi dalam tubuh akan bertambah.

Khasiat buah melon bagi bayi


Dalam buah ini terdapat kandungan gula alami yang dapat menambah tenaga bagi si kecil. Sehingga, nantinya anak anda tidak akan merasakan lemas yang disebabkan kekurangan tenaga.

Manfaat buah melon untuk program penurunan berat badan


Melon dapat anda fungsikan untuk membantu program diet harian. Buah melon memiliki cakupan nol kalori, selain itu jika anda mengkonsumsi buah ini maka anda akan mendapatkan rasa kenyang meskipun belum menyantap makanan yang berat. Sehingga akan sangat cocok apabila buah ini menjadi teman diet anda

Fungsi buah melon bagi kesehatan mata


Pada buah melon terdapat betakaroten yang kemudian akan di ubah menjadi vitamin A, sehingga sangat bermanfaat positif untuk menjaga kesehatan mata serta mempertajam mata dalam melihat.

Melon untuk pencegahan penyakit kanker


Karotenoid dalam melon akan dapat mencegah penyakit kanker. Karotenoid merupakan sebuah zat yang memiliki fungsi untuk memberikan warna pada buah, zat ini juga berkhasiat untuk mencegah sel kanker tumbuh pada tubuh.

Cara membuat jus melon kaya manfaat


Agar mendapatkan manfaat buah melon yang berlimpah, anda dapat mengkonsumsi buah ini dengan dibuat jus. Caranya cukup mudah, yakni:

- Potong melon menjadi bentuk kotak-kotak, lalu masukkan ke dalam blender bersama air matang 500 ml.
- Tambahkan madu sebagai pemanis alami
- Blender sampai benar-benar halus
- Lalu sajikan ke dalam gelas.

Anda juga dapat mencampurkan bahan-bahan tambahan seperti wortel, strawberry ataupun semangka. Sekian.

Artikel lainnya:
Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
6 Manfaat Buah Mengkudu yang Menakjubkan Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Yang Unik
Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Dan Diet