6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Salam - Ketika orang mendengar kata daun salam, yang terlintas dalam benak pikiran mereka adalah mengenai penyedap makanan. Ya memang benar bahwa daun salam berguna untuk memberikan rasa unik nan sedap pada setiap makanan. Bagi masyarakat Indonesia daun salam adalah komponen wajib dalam mengolah makanan, mereka akan merasa ada yang kurang bila belum menggunakan daun salam pada hidangan yang sedang diolah.

manfaat daun salam
Manfaat daun salam (c) Tipscaraalami.com
Namun tahukah Anda bahwa daun salam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ? Untuk informasi kali ini kami akan membahas beberapa khasiat daun salam yang berguna untuk kesehatan yang mungkin belum banyak orang ketahui.

Daun salam memiliki kegunaan untuk mengobati beberapa penyakit dalam mulai dari diabetes, kolesterol hingga penyakit maag. Berikut manfaat daun salam bagi kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat Daun Salam

1. Manfaat daun salam untuk mengobati penyakit diare
Bila Anda sedang mengalami sakit diare, Anda tidak harus menggunakan daun jambu biji untuk mengobatinya. Anda bisa menggunakan daun salam sebagai penggantinya. Cara mengolah daun salam untuk mengobati diare adalah dengan merebus beberapa daun salam sekitar 10-15 lembar kemudian direbus hingga mendidih dan tambahkan lah sedikit garam pada rebusan daun salam kemudian Anda bisa meminumnya langsung dengan ukuran satu gelas penuh. Setidaknya satu hari satu kali Anda rutin minum air rebusan daun salam untuk mengurangi rasa sakit diare.

2. Manfaat daun salam untuk penyedap makanan
Untuk manfaat kedua ini semua orang telah tahu bahwa daun salam berguna untuk mengharumkan masakan. Daun salam tidak hanya berfungsi untuk membuat makanan lebih lezat melainkan juga memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh, karena dalam daun salam terdapat zat penting seperti tanin, atsiri dna etanol.

3. Manfaat daun salam untuk memutihkan gigi
Bila Anda ingin memutihkan gigi secara alami, Anda bisa menggunakan daun salam sebagai solusinya. Mengapa demikian ? Daun salam yang telah kering bisa membuat gigi Anda lebih putih. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus daun salam tersebut dengan tambahan kulit jeruk yang telah kering. Setelah lembut, campurkan dengan air hingga adonan daun salam berbentuk seperti pasta. Aduk hingga rata dan balurkan pada gigi Anda sampai merata dan biarkan ekstrak daun salam dan kulit jeruk membersihkan gigi yang kuning.

4. Manfaat daun salam untuk menurunkan kolesterol
Bila angka kolesterol dalam tubuh Anda meningkat, Anda bisa menguranginya dengan cara membuat obat herbal dari daun salam. Anda bisa mengolah daun salam dengan merebusnya. Sebelum direbus Anda harus mencuci bersih daun salam. Minumlah sari daun salam tersebut pada malam hari sebelum Anda tidur sehingga sari daun salam bekerja maksimal untuk menurunkan tekanan kolesterol pada tubuh Anda.

5. Manfaat daun salam untuk menurunkan gula darah
Selain bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, daun salam juga berguna untuk menurunkan angka diabetes. Anda bisa membuat obat herbal daun salam sama seperti perlakuan saat membuat obat herbal untuk menurunkan kolesterol. Dengan rajin mengkonsumsi air daun salam pada malam hari, hal ini bisa sangat mendukung penurunan gula darah dalam tubuh.

6. Manfaat daun salam untuk diet sehat
Kabar baik untuk Anda yang sedang dalam masa diet sehat, hal ini dikarenakan daun salam mampu menjadi nutrisi yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan lemak tak berguna yang pada akhirnya mengendapkan lemak dan membuat tubuh seseorang semakin naik. Sehingga Anda yang ingin menurunkan berat badan hingga ukuran ideal yang Anda inginkan bisa mengkonsumsi 2 gelas sehari sampai Anda mendapatkan berat badan yang Anda inginkan.

Itulah beberapa manfaat daun salam bagi tubuh manusia yang kami paparkan. Ternyata daun salam memiliki manfaat kesehatan luar biasa bagi tubuh, tidak hanya penyedap namun juga obat. Bila Anda masih penasaran mengenai efek dari daun salam sebagai obat herbal untuk beberapa kategori penyakit, Anda bisa mencobanya untuk membuktikan sendiri seberapa efektif fungsi daun salam untuk mengobati penyakit yang Anda derita.

Untuk Anda yang sedang dalam masa penyembuhan dengan dukungan obat dokter dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat herbal daun salam, karena dikhawatirkan kerja dari dua obat akan merusak bagian organ dalam Anda. Selain manfaat daun salam, ketahui juga manfaat daun sirsak yang beberapa hari yang lalu tipscaraalami.com posting. Semoga bermanfaat!