Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Pepaya - Pepaya adalah buah yang tidak asing lagi bagi masyarakat umum, buah yang berwarna oranye ini memang memiliki banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan kulit dan kesehatan mati. Tapi tahukah Anda bahwa selain buah pepaya, daun pepaya pun memiliki manfaat yang serupa.

Dalam bahasan kali ini kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai manfaat daun pepaya yang bisa menjadi referensi baru bagi Anda dalam dunia obat herbal alternatif ataupun untuk sekedar menjaga kesehatan.

Daun pepaya yang telah diteliti oleh beberapa ahli memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, bahkan kandungannya pun tidak kalah dengan buahnya. Nutrisi yang terdapat dalam daun pepaya seperti vitamin A, pospor, besi, kalsium, enzim papain dan masih banya lainnya. Dengan zat aktif tersebutlah daun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Diakui memang, bahwa daun pepaya memiliki rasa pahit luar biasa, sehingga bagi mereka yang tidak suka pahit tidak akan mengkonsumsinya. Namun dibalik rasa pahit inilah daun pepaya menyimpan sejuta manfaat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari beberapa penyakit.

Manfaat daun pepaya (c) Pixabay.com

Seperti dilansir dari berbagai sumber tepercaya, berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan juga bagi kecantikan.

Manfaat Daun Pepaya

1. Obat jerawat
Manfaat daun pepaya untuk kecantikan wajah adalah dapat mengatasi masalah jerawat Anda. Untuk Anda yang memiliki masalah serius pada jerawat dan bingung bagaimana cara membersihkannya, cukup lah dengan memanfaatkan daun pepaya sebagai solusinya.

Cara membuat obat jerawat dari daun pepaya adalah dengan mengambil beberapa helai daun pepaya yang dicuci bersih kemudian Anda keringkan sebentar daun tersebut. Setelah itu barulah Anda tumbuk hingga halus dan diberi tambahan air bersih secukupnya. Kemudian aduk bubuk daun pepaya yang selanjunya bisa dioleskan pada wajah sebagai masker. Oleskan bubuk daun pepaya pada bagian yang terkena jerawat. Tunggu hingga bubuk pepaya tersebut kering setelah itu cuci bersih wajah Anda dengan air dingin.

Lakukan setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi iritasi wajah dan radang pada kulit wajah yang memicu timbulnya jerawat.

2. Manfaat daun pepaya mengatasi demam berdarah
Demam berdarah adalah penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, karena lambat atau cepat penyakit ini bisa menyebabkan kematian pada penderita bila tidak segera diobati. Bila Anda atau saudara Anda terkena penyakit demam berdarah, berikan mereka daun pepaya untuk dikonsumsi sebagai obat herbal yang mendukung trombosit darah agar tetap pada garis normal.

Daun pepaya memiliki fungsi menetralkan tubuh untuk mengurangi kerja virus demam berdarah dalam tubuh. Cara mengobati penderita demam berdarah dengan menggunakan daun pepaya adalah dengan merebus daun pepaya yang masih segar ditambah dengan temulawak dan meniran. Setelah itu air rebusan bisa langsung diminum. Atau Anda bisa juga memasak daun pepaya agar tidak terkenan penyakit demam berdarah.

3. Anti Kanker
Fakta ketiga dari manfaat daun pepaya adalah mampu melindungi tubuh dari sel kanker. Orang menyebut daun pepaya sebagai anti kanker. Karena pada dasarnya daun pepaya mengandung senyawa bernama getah putih yang bisa melindungi tubuh dari sel kanker. Jadi bagi Anda yang gemar mengkonsumsi daun pepaya sebagai menu makanan, ini merupakan kabar baik untuk Anda. Setidaknya Anda dan keluarga terlindungi dari sel kanker.

4. Kesehatan pencernaan
Daun pepaya memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan dan keberlangsungan sistem pencernaan. Sistem pencernaan menjadi penting karena setiap hari harus bekerja untuk mengolah setiap makanan yang masuk dan berusaja membedakan nutrisi yang bisa diterima tubuh ataupun yang tidak. Dengan mengkonsumsi daun pepaya Anda ikut serta membantu sistem pencernaan untuk tetap normal dan dalam kondisi yang baik. Zat kapain yang terdapat pada daun pepaya bersifat menenangkan dan mampu menghilangkan beberapa bakteri yang ada dalam sistem pencernaan.

Itulah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi banyak alasan untuk Anda agar mulai mengkonsumsi daun pepaya sebagai menu makan keluarga. Terlebih dengan melihat kemampuan daun pepaya yang bisa menjaga kesehatan hingga kecantikan. Bila Anda tidak suka daun pepaya karena rasanya yang pahit, Anda bisa mencari cara untuk mengolah daun pepaya dengan baik agar tidak terasa pahit. Tapi sebenarnya rasa pahit itulah indikator bahwa daun pepaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Selain manfaat daun pepaya bagi kesehatan, baca juga artikel menarik lainnya dari tipscaraalami.com seperti manfaat daun sirih, dan manfaat daun salam. Semoga bermanfaat!