6 Manfaat Kuaci Biji Bunga Matahari Bagi Kesehatan

Tipscaraalami.com - 6 Manfaat Menyehatkan Kuaci Biji Bunga Matahari Bagi Tubuh - Kuaci adalah biji-bijian yang telah dikeringkan dan di asinkan. Umumnya kuaci banyak yang terbuat dari berbagai biji buah-buahan, seperti biji semangka, biji labu, biji bunga matahari, dan berbagai biji lainnya. Umumnya yang paling enak dan sering di konsumsi adalah kuaci biji bunga matahari.

khasiat dan manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan
Biji Bunga Matahari (c) Pixabay.com/Lebensmittelfotos

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi kuaci bunga matahari, ternyata cemilan ini sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat mencegah kanker. Seperti dilansir dari Healthdiaries.com, ini berbagai khasiat dan manfaat mengkonsumsi kuaci bagi kesehatan.

Manfaat Kwaci Bunga Matahari

1. Menyehatkan jantung
Kandungan vitamin E yang tinggi pada biji bunga matahari berperan penting untuk menjaga jantung agar tetap sehat. Vitamin E tersebut akan mengontrol kadar kolesterol yang bisa memicu pengumpalan arteri dan menyebabkan penyakit jantung dan penyakit stroke.

2. Agen anti inflamasi
Vitamin E yang ada pada kuaci biji bunga matahari juga sebagai agen anti inflamasi. Fungsinya untuk melindungi membran sel, molekul, dan jaringan demi menghalau berbagai penyakit yang menyerang Anda.

3. Menurunkan risiko penyakit kulit
Tidak hanya untuk kesehatan saja kuaci bermanfaat, tapi bermanfaat juga buat kecantikan. Yaitu dapat membuat kulit Anda sehat dan cantik. Kandungan vitamin E pada kuaci biji bunga matahari yang banyak ternyata dapat melindungi kulit Anda dari sengatan sinar ultra violet matahari. Jadi kulit Anda akan sehat dan menurunkan resiko terkena penyakit kulit yang ditimbulkan dari sengatan sinar matahari.

Jadi tidak perlu takut lagi untuk berjemur di bawah sinar matahari karena sudah mengkonsumsi kuaci, karena berjemur di bawah sinar matahari itu sangat penting bagi kesehatan, Anda wajib mengetahui manfaat dan khasiat berjemur di bawah sinar matahari.

4. Mencegah kanker
Bila Anda takut akan penyakit yang seram ini, ternyata mengkonsumsi biji bunga matahari dapat mencegah penyakit kanker. Selenium yang terdapat pada kuaci dapat mencegah kerusakan DNA yang merupakan pemicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh Anda.

5. Baik bagi tulang
Untuk menurunkan resiko terkena osteoporosis, tidak hanya mengkonsumsi susu jenis tertentu saja, dan sumber magnesium buatan. Anda bisa mengkonsumsi sumber magnesium alami dari biji bunga matahari yang dapat membuat tulang jadi kuat, serta mencegah dan menurunkan resiko terkena osteoporosis.

6. Melindungi saraf
Magnesium selain berguna merawat ulang ternyata juga berguna bagi saraf. Kandungan magnesium pada biji bunga matahari dapat mencegah kalsium mengalir ke sel-sel saraf. Adanya magnesium membuat sel saraf, peredaran darah, serta otot tetap rileks. Jika kekurangan magnesium, kalsium bisa mengalir ke sel saraf dan mengganggu kinerjanya.

Itulah 6 khasiat dan manfaat kuaci biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh. Jadi jangan ragu lagi untuk sering-sering menikmati cemilan sehat ini. Kuaci sangat cocok dinikmati pada saat lagi santai, atau ngobrol sama teman. Semoga bermanfaat!