6 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Tipscaraalami.com - Manfaat buah alpukat - Alpukat atau avokad dan ada juga yang menyebutnya apokat adalah buah yang kaya akan nutrisi. Dengan rasanya yang enak dan segar, banyak yang menggunakan buah ini sebagai jus alpukat. Salah satu nutrisi yang paling banyak pada buah alpukat adalah kalium. Kandungan kalium pada alpukat ternyata lebih banyak dari buah pisang, yang tentunya berkhasiat bagi kesehatan.


manfaat buah alpukat
(c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Khasiat buah alpukat ternyata selain bisa menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mengendalikan tekanan darah, meningkatkan kesehatan mata, mengatur kadar gula darah, mengurangi resiko stroke, mencegah kanker, untuk diet, ibu hamil, dan melawan radikal bebas ternyata banyak kandungan alpukat lainnya yang jarang diketahui dan bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, ini 6 manfaat buah alpukat yang jarang diketahui dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Alpukat

1. Anatomi alpukat
Ciri-ciri buah alpukat adalah kulitnya agak tipis dan daging buahnya berwarna hijau muda, kuning pucat, atau putih dan satu biji besar. Pohon alpukat bisa tumbuh di Indonesia, dan bila Anda ingin melakukan budidaya alpukat, ternyata sangat mudah dilakukan dan tidak mempunyai cara khusus, karena alpukat bisa tumbuh di suhu apapun dan di dataran rendah atau tinggi.

2. Kandungan kalium
Alpukat adalah buah yang banyak mengandung kalium, kalium adalah suatu zat yang sangat berperang penting bagi kesehatan tubuh. Satu biji buah alpukat mengandung 975 mg kalium. Sementara pisang hanya memiliki 487 mg kalium.

3. Alpukat masak
Bila Anda tak sabar menunggu buah alpukat supaya cepat masak dan Anda ingin segera menikmatinya, Anda bisa memasukkan buah alpukat ini kedalam kantung kertas warna cokelat dengan memasukkan buah pisang atau buah apel. Gas buah dari apel atau pisang akan membuat alpukat cepat masak. Jadi Anda tak perlu lama menunggu buah alpukat biar cepat masak.

4. Protein tinggi
Manfaat buah alpukat lainnya yaitu berprotein tinggi. Selain pada putih telur yang banyak terdapat protein, ternyata alpukat juga kaya akan protein yang tinggi. Kandungan protein pada buah alpukat bagus juga bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan dan membentuk otot.

5. Pengganti mentega
Bila mentega Anda sudah habis dan tidak mungkin lagi untuk membelinya, Anda bisa mencoba buah alpukat sebagai alternatif pengganti mentega. Anda bisa memanggang kue dan buah atau masakan lainnya.

6. Tak harus dimakan
Alpukat tak hanya dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja , tapi ternyata alpukat juga bermanfaat bagi kecantikan, yaitu dapat membuat rambut lembut dan tidak kusut. Anda bisa menjadikannya sebagai masker di rambut. Selain itu, alpukat juga bermanfaat bagi kulit wajah dan akan membuat kulit Anda mulus bebas dari penuaan.

Itulah beberapa manfaat buah alpukat bagi kesehatan yang jarang diketahui. Ternyata buah alpukat bisa bermanfaat bagi apa saja. Jadi tak rugi bila Anda memasukkan alpukat dalam daftar belanjaan Anda. Demikian artikel manfaat alpukat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!