10 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah plum bagi kesehatan - Semua jenis buah pasti mempunyai manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan, termasuk buah plum. Tapi apakah Anda pernah mendengar buah plum, atau memakannya? Memang buah plum agak sedikit asing di Indonesia dan banyak yang belum mengetahui jenis buah ini. Ciri-ciri buah plum adalah kecil sebesar dan mirip buang anggur, dan selain berwarna ungu, ada juga warna merah, hijau, hitam, dan kuning.


manfaat buah plum
Buah Plum Ungu (c) Pixabay.com/Hans
Mendengar nama plung saja memang sedikit aneh, maklum buah ini bukan berasal dari Indonesia. Untuk mendapatkan buah ini sangat tidak gampang, dan hanya di jual di supermarket besar saja. Dan harga buah plum sekitar 40-50 ribu se-kilo.

Bila Anda ingin melakukan budidaya buah plum, Anda bisa membeli bibit buah plum di toko tanaman dan untuk memperbanyaknya bisa melakukan metode cangkok.

Selain itu, buah yang tidak banyak dibudidaya di Indonesia ini ternyata mempunyai se-gudang manfaat bagi kesehatan. Seperti apa khasiat buah plum bagi kesehatan? Simak dibawah ini 10 manfaat buah plum yang penting bagi kesehatan seperti dilansir dari Healthmeup.com.


Manfaat Buah Plum

1. Memurnikan darah
Manfaat yang pertama yang bisa Anda dapatkan dari buah plum ini adalah dapat membantu memurnikan darah. Banyak penelitian mengatakan kandungan serat pada buah plum dapat membantu mencegah pembukuan trombosit, yang dapat menyebabkan kelainan darah seperti arteriosklerosis dan tekanan darah tinggi. Plum membantu memurnikan darah dengan oxygenating dan dianjurkan untuk mereka yang rentan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Camilan sebelum olahraga
Bagi Anda yang gemar dan hobi melakukan olahraga rutin atau hanya sesekali, mengkonsumsi buah plum sebelum melakukan kegiatan olahraga ternyata dapat mencegah kelelahan dan kram otot. Hal tersebut disebabkan kandungan adam sitrat yang kaya pada buah plum.

3. Menyehatkan jantung
Khasiat dan manfaat buah plum untuk jantung adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam plum adalah serat larut, yang berarti mengikat kolesterol dan meningkatkan ekskresinya dari tubuh. Ini memiliki efek yang sama dengan glukosa darah dan membantu menormalkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa.

4. Menjaga kesehatan mata
Mengkonsumsi buah plum ternyata bermanfaat buat mata. Kandungan vitamin A pada buah plum membantu mencegah degenerasi makula dan infeksi pada mata, dan akan membuat mata Anda tetap sehat dan bugar.

5. Kaya antioksidan
Ternyata buah plum juga berkhasiat melawan penyakit kanker dengan kandungan antioksidan yang kaya didalamnya. Antioksidan di dalam buah plum juga bermanfaat penyakit jantung dan mengurangi radikal bebas.

6. Kesehatan kulit dan rambut
Manfaat buah plum untuk kecantikan kulit dan rambut adalah dapat merawat kulit dan rambut yang kusam. Konsumsilah buah plum supaya kulit dan rambut Anda tetap sehat dan indah.

7. Melancarkan pencernaan
Bagi Anda yang mengalami masalah dengan sistem pencernaan, seperti sembelit dan susah buang air besar, kandungan serat, sorbitol, dan isatin yang kaya pada buah plum ternyata dapat mengatasi semua masalah pencernaan Anda.

8. Buah plum untuk diet
Ternyata mengkonsumsi buah plum juga bermanfaat menurunkan berat badan dan sangat cocok bagi Anda yang sedang mengikuti program diet. Buah plum hanya mengandung 30 kalori sehingga dapat dijadikan menu sehat bagi Anda.

9. Kesehatan tulang
Selain rendah kalori, ternyata buah plung juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan membuat tulang Anda kuat serta tidak keropos.

10. Diabetes
Selain itu, buah plum juga bermanfaat bagi diabetes. Buah plum memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Itulah 10 manfaat buah plum. Ternyata buah yang langka dan kecil ini mempunyai khasiat yang begitu penting buah kesehatan tubuh. Yuk sering konsumsi buah ini. Semoga bermanfaat!