14 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Tipscaraalami.com - Manfaat buah jeruk - Jeruk adalah salah satu buah yang memiliki rasa asam manis segar. Rasa asam pada jeruk disebabkan oleh kandungan asam sitrat. Tidak hanya pada jeruk manis, asam sitrat ini juga terdapat pada jenis jeruk lainnya, seperti jeruk nipis dan jeruk lemon.


manfaat buah jeruk
Manfaat buah jeruk (c) Pixabay.com/LoggaWiggler
Untuk budidaya jeruk manis tidak semudah dengan jenis jeruk lainnya, seperti jeruk nipis yang mudah tumbuh dimana saja. Jeruk manis tidak semua daerah di Indonesia bisa tumbuh baik. Jeruk manis bisa tumbuh dengan baik didaerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin.

Banyak yang mengira jeruk hanya kaya akan vitamin C saja, tetapi anggapan tersebut salah. Jeruk tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi banyak kandungan jeruk lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi buah berwarna orange ini, akan ada banyak manfaat jeruk yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari Care2.com, ini 14 manfaat buah jeruk untuk kesehatan.


Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

1. Mencegah kanker
Kanker adalah penyakit yang sangat ganas dan paling ditakuti banyak orang. Penyakit kanker bila tidak ditangani bisa menyerang jaringan biologis di dekatnya dan menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui sirkulasi darah. Nah, sebelum penyakit kanker menyerang, Anda patut mencegahnya. Ternyata mengkonsumsi jeruk bisa mencegah kanker. Jeruk kaya akan limonoid yang terbukti cara ampuh mencegah kanker, seperti penyakit kanker kulit, kanker paru-paru, kanker payu dara, lambung, dan usus besar.

2. Mencegah batu ginjal
Sama seperti kanker, batu ginjal juga penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Batu ginjal adalah penyakit dimana di saluran kemih terdapat massa keras seperti batu dan akan menyebabkan perih, pendarahan, penyumbatan aliran kemih dan Anda akan sakit dan susah buah air kecil. Kelihatannya sangat menakuti, maka itu cegah penyakit ini sebelum menyerang Anda. Ternyata mengkonsumsi jeruk bisa mencegah batu ginjal. Anda bisa mencoba meminum jus jeruk setidaknya satu gelas tiap hari untuk mencegah batu ginjal.

3. Menurunkan risiko kanker hati
Kanker hati adalah kanker yang muncul dari hati. Tanda akan munculnya kanker hati adalah pembesaran hati, sakit perut dan gangguan hati lainnya. Untuk mencegah kanker hati, Anda bisa mengkonsumsi jeruk. Menurut penelitian dari Jepang, makan jeruk - khususnya jeruk mandarin - mampu menurunkan risiko kanker hati. Hal ini diduga karena kandungan vitamin A dalam buah jeruk yang dikenal dengan nama carotenoid.

4. Menurunkan kolesterol
Kandungan serat yang tinggi pada jeruk juga mampu dan membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol. Jadi bila kolesterol Anda tinggi atau ingin menurunkan kolesterol, Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk manis setidaknya satu buah perhari.

5. Menjaga kesehatan jantung
Selain menurunkan kolesterol, manfaat jeruk lainnya adalah dapat menjaga jantung tetap sehat. Jantung adalah organ tubuh manusia yang berperang dalam sistem peredaran darah dan memompa darah dalam pembuluh darah. Jadi bisa berakibat fatal bagi nyawa bila jantung Anda bermasalah. Untuk menjaga agar jantung tetap sehat dan mencegah penyakit jantung ternyata bisa dengan jeruk. Kandungan kalium dalam buah jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Sehingga makan jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiak aritmia (detak jantung tidak teratur).

6. Menangkal penyakit
Tak bisa dipungkiri lagi, jeruk adalah buah segar yang sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C yang banyak terkandung pada jeruk ternyata dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Sehingga berbagai macam penyakit mampu ditangkal oleh buah ini.

7. Melawan infeksi virus
Selain kaya akan vitamin C, ternyata pada jeruk juga terdapat kadar polyphenol yang mampu melawan infeksi virus yang menyerang tubuh.

8. Mengatasi sembelit
Bila Anda bermasalah dengan sistem pencernaan, seperti sembelit dan susah buang air besar, ternyata kandungan serat pada jeruk tak hanya ampuh menurunkan kolesterol, tetapi juga mengatasi sembelit dan masalah susah buang air besar Anda.

9. Menyehatkan mata
Untuk menjaga kesehatan mata, tak hanya mengkonsumsi wortel saja. Ternyata jeruk juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan akan membuat mata Anda segar bebas dari masalah mata rabun pada saat tua nanti. Komponen carotenoid pada buah jeruk yang diubah menjadi vitamin A bersifat seperti wortel. Jika dikonsumsi, kesehatan mata akan tetap terjaga.

10. Mengontrol tekanan darah
Selain itu, kandungan flavonoid yang terdapat pada jeruk juga bermanfaat mengontrol tekanan darah supaya tetap stabil.

11. Melindungi kulit
Manfaat buah jeruk untuk kulit dan manfaat buah jeruk bagi kecantikan adalah dapat melindungi kulit Anda dengan kandungan antioksidan yang terdapat pada jeruk. Kandungan tersebut juga menjaga dan melindungi kulit dari kerusakan sel dan juga mencegah penuaan.

12. Menetralkan keasaman tubuh
Ternyata rasa asam pada jeruk ini bermanfaat menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh. Jadi jangan membuang bila jeruknya tidak manis, konsumsi saja biar tidak manis.

13. Karbohidrat sehat
Sama seperti buah lain yang mengandung gula, keistimewaan buah jeruk adalah kadar glikemik indeks di dalamnya yang hanya berjumlah 40. Jumlah tersebut tergolong rendah, sehingga jeruk termasuk sumber karbohidrat sehat yang tak akan meningkatkan berat badan atau kadar gula darah. Jadi jangan takut berat badan akan naik bila mengkonsumsi jeruk.

14. Menjaga kesehatan pernapasan
Kandungan karotenoid yang disebut beta-cryptoxanthin pada jeruk bermanfaat bagi kesehatan pernapasan dan bahkan mengurangi risiko kanker paru-paru sebesar 27%, seperti yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology Biomarkers and Prevention” pada 2003 silam.

Itulah manfaat buah jeruk bagi kesehatan yang sangat luar biasa. Jadi lanjutkan kebiasaan Anda mengkonsumsi buah jeruk ini, karena Anda akan mendapatkan semua manfaat buah jeruk di atas. Semoga bermanfaat!