6 Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat yoghurt - Pasti Anda sudah tau akan jenis minuman yang sehat ini, yaitu yoghurt. Seberapa sering Anda meminum yoghurt dalam seminggu? Bagi Anda yang jarang meminum atau bahkan belum pernah mencoba susu sehat ini, mulai sekarang Anda harus mencobanya. Yoghurt tidak hanya memiliki rasa yang enak saja, tetapi manfaat yoghurt bagi kesehatan sangatlah berlimpah bila Anda meminumnya tiap hari.


manfaat yoghurt
(c) Pixabay.com/OpenClips
Bagi Anda yang masih tidak tau apa itu yoghurt, yoghurt atau yogurt adalah jenis susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Untuk pembuatan yoghurt dan cara membuat yoghurt, bisa menggunakan semua jenis susu, bahkan susu kedelai juga bisa digunakan.

Bila Anda meminum yoghurt setiap hari, akan banyak khasiat yoghurt yang bisa Anda dapatkan bagi kesehatan tubuh Anda.  Seperti dilansir dari Magforwomen.com, ini 6 manfaat yoghurt bagi kesehatan.

Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

1. Baik untuk sistem pencernaan
Bila setiap kali Anda meminum susu dan membuat perut sering bermasalah dan menimbulkan diare, Anda bisa mencoba mengkonsumsi susu fermentasi ini, yaitu yoghurt. Yoghurt adalah susu yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Pada yoghurt terdapat bakteri yang bermanfaat mengontrol tingkat keasaman dalam lambung dan usus. Jadi bakteri sehat tersebut mencegah berbagai penyakit pencernaan, seperti konstipasi dan diare.

Banyak orang yang memiliki intoleransi laktosa dan tak bisa minum susu merasa baik-baik saja dan tak masalah mengonsumsi yogurt. Yogurt juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga akan membantu tubuh menyeimbangkan pH di dalamnya. pH tubuh yang seimbang juga membantu menyerap lebih banyak mineral seperti magnesium, kalsium, seng, dan zat besi. Jadi sehatkan sistem pencernaan Anda dengan mengkonsumsi yoghurt setiap hari.

2. Menangkal penyakit
Selain itu, manfaat yoghurt lainnya adalah dapat menagkal penyakit. Kandungan yoghurt yang paling terkenal adalah probiotiknya. Probiotik pada yoghurt bermanfaat dalam menangkal berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh Anda. Probiotik ini akan memproduksi zat yang menghancurkan bakteri dan jamur yang bisa membuat kita sakit. Selain itu, probiotik dalam yogurt juga menurunkan bakteri yang beracun. Probiotik diketahui bisa menurunkan alergi, mencegah tumor, meningkatkan jumlah sel sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan pada zat polutan seperti merkuri, radiasi, dan pestisida.

3. Kaya vitamin
Hanya dengan meminum yoghurt setiap hari, akan banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang bisa Anda peroleh, seperti vitamin B3, vitamin B12, dan vitamin ini lebih banyak terdapat pada yoghurt ketimbang pada susu jenis biasa. Manfaat vitamin B12 pada yoghurt adalah dapat memproduksi energi, menjaga sistem saraf agar tetap sehat dan memastikan otak bekerja dengan baik. Selain vitamin B, vitamin A juga tidak ketinggalan terkandung pada yoghurt. Manfaat vitamin A pada yoghurt adalah dapat menjaga kesehatan mata, kesehatan kulit, dan membantu tubuh menangkal infeksi.

4. Kecantikan
Nah, manfaat yoghurt untuk kulit atau manfaat yoghurt untuk kecantikan adalah dapat membuat kulit jadi sehat, karena yoghurt melindungi kulit agar selalu sehat. Selain itu, manfaat yoghurt untuk wajah adalah sama seperti manfaat yoghurt untuk kulit, yaitu menjaga kulit wajah agar selalu sehat dan terhindar dari masalah penuaan.

5. Membantu turunkan berat badan
Manfaat yoghurt untuk diet adalah dapat menurunkan berat badan Anda. Caranya coba konsumsi yoghurt setiap hari untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Tidak hanya itu, yoghurt juga meningkatkan massa otot dalam tubuh.

6. Melawan bau mulut
Apakah Anda bermasalah dengan bau mulut? Bila iya, Anda dapat mengatasi masalah bau mulut dengan meminum yoghurt setiap hari. Meminum yoghurt setiap hari bisa membuat napas jadi segar dan membantu membersihkan bakteri dalam mulut. Bakteri yang ada dalam yogurt juga membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau mulut tak sedap serta plak.

Itulah beberapa manfaat yoghurt bagi kesehatan. Tapi perlu di ingat juga, jangan salah memilih produk yoghurt di pasaran, pilih produk yoghurt yang berkualitas, dan yang mereknya terkenal. Jangan memilih produk yoghurt yang murahan, seperti mereknya terlihat asing, dan harganya sangat murah, produk yoghurt yang murahan banyak mengandung gula dan jumlah bakteri yang baik tidak banyak. Semoga bermanfaat!