5 Manfaat Daun Sirih Bagi Tubuh Manusia

Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Sirih Merah atau Manfaat Daun Sirih Hijau - Daun sirih adalah tumbuhan lokal Indonesia yang tumbuh subur da sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman rambat dan apotek hidup. Melihat banyaknya manfaat daun sirih mendorong kami untuk memberikan ulasan lengkap dan membagikan informasi seputar manfaat daun sirih dan kegunaannya untuk Anda, terutama untuk kesehatan.

manfaat daun sirih
Manfaat daun sirih (c) Wikipedia
Mungkin selama ini banyak orang telah menggunakan daun sirih sebagai minuman jamu untuk menghilangkan bau tidak sedap pada miss V perempuan. Untuk memastikan apa saja manfaat daun sirih selengkapnya, berikut adalah manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih

1. Untuk mengatasi keputihan
Manfaat daun sirih bagi wanita adalah dapat mengatasi keputihan. Daun sirih dapat mengatasi keputihan, hal ini terbukti dari berbagai produk kewanitaan untuk kesehatan miss V, mereka menggunakan daun sirih sebagai bahan baku. Jika Anda ingin melakukan perawatan sendiri untuk mengatasi keputihan, Anda bisa merebus beberapa daun sirih kemudian air rebusan yang masih dalam keadaan hangat disiramkan pada miss V Anda secara merata dan dilakukan dengan berulang-ulang.

Daun sirih mampu menghilangkan gatal-gatal dan bau tidak sedap akibat bakteri yang menyebabkan keputihan pada miss V. Pastinya hal ini akan sangat mengganggu Anda, terlebih untuk mereka yang telah berkeluarga. Daun sirih bisa menjadi solusinya.

2. Manfaat daun sirih untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit
Jika Anda mengalami alergi yang disebabkan oleh hewan atau pun cuaca dan mengakibatkan gatal-gatal di tubuh Anda, Anda bisa menggunakan daun sirih sebagai obatnya. Cara membuat ramuan herbal untuk menghilangkan alergi pada tubuh yaitu dengan cara menumbuk halus beberapa lembar daun sirih yang telah dicampur dengan jahe dan minyak kayu putih. Setelah ramuan tersebut lembut, Anda bisa mengoleskan pada bagian yang terasa gatal secara merata.

Obat ini juga bisa digunakan untuk Anda yang sedang mengalami biduran akibat masuk angin. Dipastikan dengan menggunakan obat herbal tidak mengakibatkan efek samping berarti untuk tubuh Anda.

3. Untuk mengobati diare
Setelah dilakukan beberapa penelitian, pada akhirnya daun sirih telah resmi disebut sebagai obat diare yang cukup manjur. Cara menggunakan daun sirih untuk mengobati diare adalah dengan menumbuk halus daun sirih, biji lada dan juga minyak kelapa. Tumbuk semua bahan hingga halus dan mulailah menggosok bagian perut dengan ramuan tersebut hingga merata, biarkan ramuan tersebut mengering pada bagian perut luar Anda dan biarkan ramuan tersebut mengobati penyakit diare dari luar.

4. Untuk mengobati gusi berdarah
Biasanya anak-anak sering mengalami gusi berdarah akibat bakteri ataupun kuman dimulut, karena banyak dari anak-anak yang susah untuk menerapkan rajin menggosok gigi. Bila anak Anda mengalami gusi berdarah, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan merebus daun sirih dan kemudian menjadikannya obat kumur, sesaat setelah itu pendarahan pada gusi akan berangsur-angsur sembuh.

5. Untuk mengatasi mimisan
Yang terakhir manfaat daun sirih adalah mengatasi mimisan. Masih pada topik yang sama yaitu anak-anak dan hubungannya dengan daun sirih. Ketika anak Anda kelelahan dalam bermain dan melakukan aktivitas dimasa pertumbuhan, tidak jarang anak Anda mengalami mimisan. Yaitu keluarnya darah dari hidung, cara tradisional yang masih dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi mimisan tersebut adalah dengan menggunakan daun sirih sebagai obat.

Anda bisa memetik daun sirih langsung dari tanaman dan gulung daun sirih tersebut kemudian masukkan pada hidung yang mengalami mimisan. Diamkan beberapa saat hingga darah berhenti mengalir dari hidung. Namun yang perlu Anda ingat adalah dalam memasukkan daun sirih kedalam hidung haruslah daun yang sudah agak lemas agar tidak merusak kulit halus dalam hidung. Peran daun sirih adalah sebagai penyumbat darah yang mengalir.

Demikian adalah beberapa manfaat daun sirih yang berguna untuk mengatasi masalah atau penyakit tertentu. Dalam menggunakan daun sirih sebagai obat, Anda tidak diharuskan untuk membuat jamu dengan cara yang rumit, karena daun sirih yang masih segar pun masih bisa digunakan sebagai obat, hal ini dikarenakan dalam daun sirih terdapat banyak kandungan yang mampu memberikan efek baik untuk mengobati luka dan beberapa masalah pada kesehatan. Anda bisa juga mulai menanam daun sirih pada pekarangan rumah Anda untuk memudahkan Anda dalam mengambil manfaat daun sirih sebagai apotek hidup.

Selain manfaat daun sirih bagi kesehatan, baca juga artikel menarik lainnya dari tipscaraalami.com, seperti manfaat minyak zaitun, dan manfaat kulit manggis. Semoga bermanfaat!