0
Tipscaraalami.com - Cara Mengobati Keputihan - Keputihan adalah gangguan pada kelamin perempuan yang sering timbul secara tiba-tiba. Keputihan terjadi karena ada bakteri yang tinggal dalam organ intim wanita. Keputihan sangat mengganggu karena sering menimbulkan rasa gatal pada miss V saat malam hari, selain itu juga minumbulkan bau tidak sedap akibat aktivitas bakteri didalam. Akibat adanya bakteri tersebut miss V mengalami infeksi yang terkadang mengeluarkan cairan berbau tidak sedap. Menjaga kebersihan organ wanita wajib Anda lakukan agar Anda terhindar dari keputihan ladies.

Untuk mengatasi keputihan yang terjadi banyak wanita yang percaya pada obat herbal sebagai solusinya. Mereka sering menggunakan tanaman herbal yang dipercaya lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan miss V. Sebelum lanjut pada pembahasan cara mengobati keputihan, ada baiknya bila Anda mengetahui beberapa hal yang menyebabkan seseorang terkena keputihan.
cara mengobati keputihan
Ilustrasi keputihan (c) femmilove.com

Faktor utama yang menyebabkan keputihan adalah miss V yang tidak dijaga kebersihannya. Karena miss V adalah tempat lembab, sering memicu bakteri untuk tinggal dalam lingkungan miss V dan pada akhirnya menyebabkan keputihan. Pikiran stress dan depresi juga salah satu faktor pemicu keputihan. Jadi bila Anda tertekan akan memberikan efek pada miss V dengan bau yang tidak sedap.

Namun bila kamu mengalami keputihan, kamu dapat mencoba cara mengobati keputihan berbahan alam. Berikut cara mengobati keputihan secara alami.

Cara Mengobati Keputihan

1. Daun Sirih
Daun ini dikenal sebagai cara mengobati keputihan yang cukup ampuh. Aktivitas daun sirih yang memiliki zat antibakteri dan antijamur daun sirih sangat efektif terutama untuk mencegah infeksi organ kewanitaan akibat dari keputihan. Banyak dari produsen produk pembersih kewanitaan yang menggunakan daun sirih sebagai zat aktif.

Cara mengobati keputihan dengan obat herbal ini cukup mudah. Ambil kurang lebih 10 lembar daun sirih yang segar, kemudian masak dengan air hingga mendidih. Tunggu beberapa menit lalu pakailah air ini untuk mencuci organ kewanitaan anda saat buang air kecil atau sekedar untuk membersihkannya.

Jika Anda tidak mengalami keputihan tidak ada salahnya Anda juga mencoba ramuan ini. Selain dapat mencegah keputihan air daun sirih dapat membuat organ kewanitaan Anda lebih bersih dan segar. Usahakan untuk tidak menyimpan terlalu lama air rebusan daun sirih karena efektivitas nya akan menurun.

Baca juga:
Manfaat daun sirih hijau, dan
Manfaat daun sirih merah.

2. Kunyit
Kunyit mengandung zat antibakteri yang efektif untuk cara mengobati keputihan dengan cara tradisional. Mengobati keputihan dengan kunyit yaitu mencampurnya dengan asam jawa dan gula jawa. Lalu parut kunyit kemudian tambahkan asam jawa dan gula jawa ke dalam air perasan tersebut. Minumlah dengan rutin yaitu 2 kali sehari dengan ukuran satu setengah gelas.

3. Daun tapak liman
Tumbuhan ini dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati keputihan. Cara pengolahannya cukup mudah. Ambilah 2 buah dari tapak liman, lalu gunakan tumbuhan itu dari akar hingga daunnya. Kemudian rebus tapak liman ini dengan ukuran 2 gelas air hingga volume air tersisa setengahnya. Setelah itu diamkan sampai dingin lau minum dengan rutin minimal 2 kali sehari hingga keputihan Anda hilang.

4. Daun iler (miana)
Selain daun tapak liman, cara mengobati keputihan secara alami lainnya bisa juga dengan daun iler. Cara mengobati keputihan dengan daun ini sama seperti tanaman lainnya. Rebus daunnya kemudian minum airnya secara rutin.

Cara mengobati keputihan dapat dilakukan dari dalam maupun luar. Dari luar Anda dapat membersihkan organ kewanitaan dengan rutin. Bila dari dalam Anda dapat mencobanya dengan meminum salah satu ramuan di atas.

Setelah Anda mengetahui cara mengobati keputihan, Anda sebaiknya tahu bagaimana caranya menjaga agar keputihan tidak datang kembali. Caranya sebagai berikut :

  • Kurangi stres, karena stres akan memicu munculnya keputihan
  • Hindari menggunakan bedak untuk membuat organ kewanitaan kamu menjadi harum
  • Bersihkan daerah kewanitaan Anda dengan pembersih yang tidak mengubah pH daerah kewanitaan, jangan juga menggunakan sabun mandi.
  • Usahakan daerah kewanitaan Anda selalu kering dan Anda dapat menggunakan pantyliner.

Itulah ladies beberapa cara mengobati keputihan datang kembali. Cara mengobati keputihan menggunakan bahan alami itu lebih mudah dan sederhana, tanpa harus periksa atau konsultasi ke dokter. Namun alangkah lebih baik kamu bisa mencegah keputihan itu datang daripada mencari cara mengobati keputihan.

Buat Anda ladies, selain menjaga agar daerah kewanitaan tetap sehat, Anda wajib juga tau gejala kanker serviks, dan tanda tanda keguguran. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top