28 Ciri Ciri Kanker Serviks Dan Gejala Yang Patut Anda Waspadai

Apa ciri ciri kanker serviks, gejala kanker serviks, serta tanda tanda kanker serviks yang patut Anda? Sebelum membahas ini semua, Anda patut mengetahui dulu sedikit penjelasan tentang kanker serviks ini. Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Nah leher rahim ini berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina.

Biarpun Anda menerapkan pola hidup sehat, tak berarti Anda akan terbebas dari penyakit kanker serviks ini loh. Baik usia muda atau pun muda, semua beresiko terkena kanker serviks, dan yang paling besar kemungkinan terserang kanker serviks adalah mereka yang aktif secara seksual.

Wanita dari berbagai dunia sangat takut sekali sama kanker serviks ini, tak sedikit wanita yang meninggal karena kanker serviks. Dan yang paling banyak meninggal karena kanker serviks ini adalah dari negara-negara berkembang, termasuk Indonesia sendiri yang banyak wanitanya meninggal karena kanker serviks.

Ciri ciri kanker serviks atau gejala awak kanker serviks memang sulit terlihat, bahkan tak muncul sama sekali. Banyak wanita yang sudah terkena kanker serviks ini muncul gejala atau tanda tanda kanker serviks waktu sudah masuk stadium akhir.

Nah oleh karena itu, Anda patut melakukan pap smear secara teratur dan rutin. Hal ini sangat penting Anda lakukan untuk menangkap sel pra kanker serta mencegah kanker serviks untuk berkembang.

Penyebab Kanker Serviks


Sebelum membahas ciri ciri kanker serviks dan gejala kanker serviks, Anda patut mengetahui dulu apa penyebab kanker serviks ini yang mungkin sedini mungkin bisa Anda hindari. Berikut penyebab kanker serviks:

1. Sering melakukan hubungan bandan dengan banyak orang
2. Terlalu banyak melahirkan
3. Berhubungan sex terlalu dini atau pada usia muda
4. Kebiasaan merokok.
5. Suka minum minuman keras.
6. Sistem kekebalan tubuh yang lemah.
7. Mengkonsumsi pil kb dengan jangka waktu cukup lama.


Ciri Ciri Kanker Serviks Dan Gejala

Ciri Ciri Kanker Serviks


1. Pendarahan yang tak normal


Umumnya para wanita yang terkena kanker serviks sering mengalami pendarahan yang tidak normal pada bagian alat intimnya. Dan pendarahan ini bisa terjadi dalam sebulan, pendarahan yang keluar bisa bervariasi, ada yang parah dan biasa saja.

Lihat juga:
Gejala awal kanker tenggorokkan
Penyebab kanker yang tak terduga
Obat herbal diabetes paling ampuh
Obat herbal ambeien paling ampuh

2. Keputihan


Salah satu tanda kanker serviks adalah peningkatan keputihan yang tak wajar. Meski begitu ini seringkali berbeda-beda pada wanita satu dan lainnya. Biasanya keputihan berbau tak sedap, kental, dan mengandung jamur. Jika Anda mengunjungi ahli kandungan, sebaiknya jelaskan pada dokter mengenai keputihan yang tak wajar.

3. Sakit saat buang air kecil


Apakah Anda merasa sakit pada saat buang air kecil? Bila iya, berarti itu tanda-tanda awal Anda terkena kanker serviks. Gejala ini biasanya terasa ketika kanker sudah menjalar dari serviks ke saluran kemih.

4. Sakit pada bagian pelvis


Tanda tanda kanker serviks lainnya adalah sakit pada bagian pelvis. Anda kemungkinan tidak mengalami sakit pada bagian pelvis saat menstruasi. Sakit pada bagian pelvis bisa jadi gejala kanker serviks. Umumnya rasa sakit akan bertahan sampai berjam-jam, dari rasa sakit yang ringan sampai rasa yang sangat sakit.

5. Pendarahan pemeriksaan pelvis


Anda harus waspada dan hati-hati bila mengalami pendarahan di sela-sela masa menstruasi, atau ketika melakukan pemeriksaan pelvis. Itu bisa saja Anda terkena kanker serviks.

Gejala Kanker Serviks Lainnya


Selain pendarahan yang tidak normal, gejala atau ciri ciri lainnya kanker serviks adalah:

1. Keluarnya cairan pada vagina wanita yang berbau aneh, atau berbeda dari biasanya. Umumnya bewarna merah muda, pucat, coklat, dan bercampur dengan darah.
2. Saat Anda berhubungan suami istri akan timbul rasa sakit di bagian vagina Anda.
3. Siklus menstruasi berubah dari biasanya. Contohnya Anda mengalami menstruasi 7 hari atau berbulan-bulan berturut-turut.

Gejala Kanker Serviks Stadium Akhir


Ini patut Anda waspadai lagi yaitu gejala gejala kanker serviks yang sudah stadium akhir. Kanker serviks stadium akhir ini akan menyebar keluar dari leher rahim menuju ke jaringan serta organ yang terdapat di sekitarnya.

Pada tahapan ini, gejala yang dirasakan akan berbeda lagi, seperti:

1. Saat buang air kecil akan terdapat darah.
2. Buang air kecil akan bermasalah karena ada penyumbatan ginjal.
3. Kebiasaan saat buang air besar atau air kecil mengalami perubahan.
4. Berat bada Anda akan turun.
5. Salah satu kaki Anda akan membengkak.
6. Pada tulang akan terasa nyeri.
7. Anda akan kehilangan selera makan.
8. Di panggul akan terasa sakit.
9. Pada perut bagian bawah juga akan terasa sakit.

10. Pinggang dan punggung Anda akan terasa nyeri. Hal ini disebabkan karena terjadi pembengkakan pada ginjal Anda.

Lihat juga:
Tanda tanda keguguran yang harus diwaspadai
Gejala stroke ringan
Efek samping sering minum air putih
Tanda tanda diabetes

Nah bila Anda mengalami kesemua ciri ciri kanker serviks atau gejala gejala kanker serviks yang kami sebutkan di atas, Anda patut sesegera mungkin untuk menemui dokter. Karena gejala dan ciri ciri kanker serviks di atas bila Anda abaikan bisa membuat nyawa Anda melayang, terutama saat keluar darah waktu Anda pipis. Anda harus periksa ke dokter, supaya dokter tau apa penyebabnya, serta melakukan langkah langkah untuk mencegah kanker serviks.

Cara Mencegah Kanker Serviks


Bagaimana cara mencegah kanker serviks? Bila kanker serviks sudah memasuki stadium awal makan Anda patut mencegahnya supaya kanker serviks ini tidak menyebar ke organ tubuh lainnya atau naik level ke stadium lainnya, bahkan bisa disembuhkan.

Bila Anda sudah menderita kanker serviks stadium awal selain memeriksa diri ke dokter, Anda patut juga melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Lakukan pola hidup sehat. Anda bisa makan makanan sehat, tidur teratur, dan menghentikan kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan, seperti merokok, dan lain-lain.
2. Menghindari mengkonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji.
3. Bersihkan organ kewanitaan Anda dengan air bersih sebersih-bersih nya.
4. Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bila Anda kurang paham dengan artikel ini, Anda bisa datang rumah sakit terdekat atau yayasan kanker Indonesia terdekat untuk mendapatkan informasi tentang kanker, terutama kanker serviks ini.

Lihat juga:
Gejala awal usus buntu
Manfaat daun singkong untuk kesehatan
Manfaat buah kurma untuk kesehatan
Manfaat buah manggis bagi kesehaan

Itulah ciri ciri kanker serviks, gejala, pencegahan dan penyebab kanker serviks yang tersembunyi. Gejala-gejala tersebut nampak biasa saja, dan sering di abaikan banyak wanita. Gejala-gejala di atas bila cepat ditangani, kemungkinan terkena kanker serviks dapat di obati. Sebenarnya, untuk mencegah berbagai penyakit kanker cukup mudah, biasakan diri Anda untuk hidup sehat dan mengonsumsi berbagai jenis sayuran untuk mencegah kanker. Semoga bermanfaat!