14 Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Sirih Merah - Seperti pembahasan sebelumnya, pada artikel manfaat daun sirih, kali ini Tipscaraalami akan membahas lebih lengkap lagi akan manfaat daun sirih jenis lainnya, yaitu daun sirih merah. Daun sirih merah atau sering disebut tumbuhan sirih merah suka di jadikan sebagai tanaman hias oleh sebagian masyarakat Indonesia, namun tak jarang yang memanfaatkanya sebagai tanaman obat, hal ini karena terbukti daun sirih mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada.

Ciri khas tanaman ini yaitu berbatang bulat hijau keunguan dan juga tidak berbunga. Permukaan daun sirih ini merah mengkilap dan tidak merata, serta sebagai produksi si merah ini bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya agak meruncing.

manfaat daun sirih merah
 Sirih merah (c) biodiversitywarriors.org
Sebenarnya daun sirih ini memiliki banyak sekali manfaat dan khasiatnya. Utamanya manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Beberapa kandungan yang terkandung pada minyak atsiri dihasilkan oleh daun sirih adalah minyak terbang atau betiephenol, seskuiterpen, pati, diastase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya untuk membunuh kuman, aktioksida, fungisida atau anti jamur.

Penelitian terhadap sirih merah sampai saat ini masih kurang ,terutama dalam pengembangan nya sebagai bahan baku untuk bio-farmaka. Pemamfaatan sirih merah di masyarakat hanya berdasarkan pengalaman yang dilakukan dengan cara turun-temurun dari orang tua kepada anak atau saudara terdekat secara lisan.

Sirih merah memiliki nama latin yaitu Piper Crocatum tanaman ini bisa di katakan juga sebagai tanaman herbal karena di manfaatkan sejak ribuan tahun yang silam oleh para nenek moyang kita, bahkan ketika di zaman kerjaan kuno tumbuhan yang satu ini sudah sangat populer untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh manusia terutama para wanita.

Berikut beberapa khasiat daun sirih merah dan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Merah

1. Mengatasi luka bakar
Caranya : siapkan sejumput lembaran daun sirih merah dan cuci. Lalu peras airnya dan berikan sedikit madu. Setelahnya tempelkan di tempat adanya luka bakar. Baca juga obat luka bakar lainnya.

2. Menghentikan mimisan
Caranya : sediakan satu helai daun sirih merah yang masih muda, kemudian gulung daunnya. Setelah itu taruh di lubang hidung yang mengeluarkan darah.

3. Mengatasi maag
Caranya : ambil sejumlah daun sirih merah, lalu cuci bersih. Setelah itu giling sampai dengan halus dan lumurkan dengan sedikit air panas di daerah perut. Ganti dua kali sehari.

4. Mengatasi gatal-gatal
Caranya : ambil 20 helai daun siri merah, lalu masak dengan air mendidih. Dan gunakan untuk mandi saat masih hangat hangat.

5. Menghilangkan mata merah
Manfaat daun sirih merah untuk mata yaitu dapat menghilangkan mata merah. Caranya : ambil 5 atau 6 lembar daun yang masih muda, lalu masak dengan air panas, kemudian tunggu beberapa menit sampai air agak dingin, kemudian basuhkan ke daerah mata yang sakit. Lakukan minimal tiga kali sehari sampai mata sembuh.

6. Mencegah adanya gusi berdarah
Caranya : Panaskan empat lembar daun sirih merah dengan dua gelas air. Setelah dingin gunakan air tersebut untuk berkumur-kumur.

7. Mencegah sariawan
Caranya : Ambil 1-2 helai daun sirih dan kemudian cuci. Kunyah sampai lembut dan kemudian buang saat sudah terasa cukup supaya terhindar dari sariawan

8. Mengurangi Bau Mulut
Caranya : Siapkan 2-4 helai daun, lalu cuci dan peras. Seduh dengan air panas lalu minum pelan-pelan

9. Untuk mengobati batuk
Caranya : siapkan 15 lembar daun sirih merah dan tiga gelas air. Cuci daun dan rebus dengan air panas hingga seperempatnya. Kemudian minum rebusan itu dengan madu.

10. Bronkitis
Caranya : Masak tujuh helai daun sirih merah yang telah dicuci bersih bersama gula di dalam dua gelas air. Tunggu beberapa menit sampai tinggal menjadi satu gelas. Dan kemudian minum rebusan air tersebut minimal tiga gelas setiap hari.

11. Mengurangi bau badan
Caranya : ambil lima helai daun dan masak di dua gelas air. Dan tunggu sampai menjadi satu gelas lalu minum di siang hari.

12. Mengurangi jerawat
Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan adalah dapat mengobati jerawat. Caranya : ambil 7 sampai 10 helai daun, cuci bersih lalu haluskan. Seduh dengan dua gelas air yang panas. Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah. Lakukan kegiatan tersebut 2-4 kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

13. Mengatasi keputihan
Caranya : ambil dan seduh 10 helai daun sirih merah kemudian cuci dengan air dengan ukuran sekitar 3 liter air. Gunakan air rendamannya yang masih hangat untuk membersihkan vagina.

14. Menyembuhkan payudara bengkak karena memberi ASI
Caranya : ambil beberapa helai, cuci dan oleskan sedikit dengan minyak kelapa. Setelah itu panaskan sebentar di atas api sampai daun kisut. Oleskan pada dipayudara saat masih sedikit hangat.

Itulah beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan. Bila Anda banyak mengalami masalah kesehatan di atas, sebelum meminum obat, lebih baik Anda mencoba dulu dengan obat alami, seperti daun sirih merah atau daun sirih biasa. Semoga artikel manfaat daun sirih merah ini dapat bermanfaat bagi Anda. Ketahui juga manfaat luar biasa daun pepaya bagi kesehatan, dan juga manfaat daun bayam untuk stamina Anda. Terimakasih!