6 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat Daun Binahong - Dalam beberapa waktu terakhir ini, daun binahong menjadi tema menarik untuk seputar obat herbal. Apa yang menjadikan daun binahong sepopuler sekarang ini ? Tak lain adalah karena banyaknya khasiat yang bisa diperoleh dari daun binahong, mulai dari untuk menjaga kesehatan, untuk mengobati berbagai macam penyakit hingga untuk perawatan tubuh.

Di Indonesia, Anda akan dengan mudah menemukan daun binahong. Sekilas daun ini memang tidak begitu istimewa, karena bentuk dan warnanya pun sama dengan daun lainnya. Hanya saja manfaat daun binahong tidak seperti penampilan luarnya.

manfaat daun binahong
Manfaat daun binahong (c) kesehatan.kompasiana.com

Jika Anda masih penasaran mengenai manfaat daun binahong, berikut khasiat daun binahong untuk kesehatan.


Manfaat Daun Binahong

1. Mengobati luka
Daun binahong bisa menjadi antibiotik dan antiseptik bagi tubuh manusia, hal ini terlihat dari kemampuan daun binahong dalam mengobati luka. Baik luka kering maupun luka basah. Bila tangan Anda tergores pisau atau baru saja jatuh dan luka tersebut masih tergolong luka ringan, Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai obat. Cara menggunakannya adalah dengan meremas daun binahong sampai lembut dan segera tempelkan pada bagian luka. Biarkan hingga daun binahong mengering dan saat itu Anda bisa mencuci bersih bagian yang terluka.

2. Mengobati ambeien
Manfaat daun binahong lainnya selain mengobati luka, ternyata dapat mengatasi ambeien. Bila Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan, terutama pada organ pembuangan, daun binahong bisa dijadikan obat herbal untuk mengobati ambeien. Cara membuat obat herbal dari daun binahong adalah dengan merebus daun binahong yang telah dicuci bersih. Setelah matang, minum air rebusan tersebut minimal satu hari satu kali agar zat yang ada pada daun binahong menyembuhkan luka pada bagian yang terdapat ambeien.

3. Mengobati batuk
Batuk adalah penyakit yang sangat mengganggu siapapun yang diserangnya, hal ini dikarenakan penderita tidak hanya dirugikan dalam pernapasan, melainkan terganggu dalam melakukan kegiatan. Untuk mengatasi batuk agar sembuh segera, Anda bisa membuat jamu untuk mengobati batuk dengan menggunakan daun binahong. Caranya yaitu dengan merebus daun binahong dan minum air rebusannya. Lakukan rutin sehari satu kali sampai batuk Anda hilang.

4. Mengatasi darah rendah
Manfaat daun binahong lainnya dapat mengatasi darah rendah. Untuk Anda yang kekurangan darah, Anda bisa menormalkan tekanan darah dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong. Khasiat daun binahong adalah mampu mengembalikan tekanan darah untuk kembali normal sehingga Anda tidak lagi mengalami anemia dan merasakan letih, lemas, lesu dan sejenisnya. Dengan demikian Anda bisa beraktifitas kembali tanpa gangguan dari rendahnya tekanan darah.

5. Mengobati gatal di kulit
Untuk beberapa orang yang memiliki kulit sensitif mungkin sering terkena infeksi atau alergi pada tubuh yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh luar mengalami rasa gatal yang sangat mengganggu. Bila Anda merasakan hal tersebut, segeralah untuk mencari daun binahong yang kemudian Anda olah menjadi minuman herbal untuk dikonsumsi tiap hari. Daun binahong bekerja melalui organ dalam, bukan sebagai obat luar. Sehingga dengan demikian daun binahong mengobati secara langsung dan pada akhirnya rasa gatal pada kulit Anda bisa teratasi.

6. Mengobati gusi berdarah
Gusi berdarah sering dialami oleh kita, terkadang karena kekurangan zat gizi ataupun karena ada kelainan pada gusi kita. Memang wajar bila seseorang mengalami gusi berdarah, namun bila terjadi dalam frekuensi sering pasti sudah tidak bisa ditoleransi lagi. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai obat kumur. Anda rebus daun binahong hingga matang kemudian Anda pakai air rebusan sebagai obat kumur herbal penghilang gusi berdarah. Setelah itu gusi berdarah tidak akan terjadi lagi.

Bagaimana dengan tips sehat tentang manfaat daun binahong bagi kesehatan di atas? Anda bisa mencobanya langsung dirumah. Anda tidak perlu tambahan biaya banyak untuk hidup sehat. Anda juga bisa menanam daun binahong di pekarangan rumah karena pada dasarnya daun binahong sangat mudah tumbuh.

Semoga tips sehat dari kami melalui obat herbal dan pengenalan manfaat daun binahong untuk Anda bermanfaat dan membawa kesehatan bagi kita semua. Jangan lupa untuk terus melakukan pola hidup sehat, jauhi lingkungan kotor dan tetap hidup sehat dengan obat herbal, salah satunya melalui daun binahong. Jangan lupa juga untuk mengetahui cara mengobati keputihan, dan manfaat daun sirih merah. Terimakasih!