7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat buah markisa - Buah markisa merupakan buah yang asli dari Amerika Selatan di kenal dengan nama passiflora edulis. Buah ini memiliki ciri khas yaitu kulitnya yang berwarna ungu kecoklatan atau berwarna kuning cerah, dengan biji yang di tutupi daging buah. Bijinya dapat dimakan langsung, rasanya unik dan segar. Bentuk dari buah markisa seperti telur. Buah markisa biasa diekstrak dan di saring, pulp dan jusnya yang aromatik di gunakan sebagai flavoring untuk minuman dan saus. Pulpnya memiliki flavor aromatic yang teksturnya berair seperti jelly.

Buah markisa yang berwarna ungu berasal dari Brazil bagian selatan, sedangkan yang berwarna kuning belum diketahui asalnya. Tumbuhan markisa ini ditemukan di dataran tinggi Jawa, Sumatra, Filipina, Malaya, da Taiwan.


manfaat buah markisa bagi kesehatan
Manfaat buah markisa (c) Pixabay.com/EME
Buah markis yang berwarna kuning memiliki asam askorbat yang lebih sedikit daripada yang berwarna ungu, tetapi memiliki total asam (asam sitrat) dan karoten yang lebih banyak. Buah ini merupakan sumber niasin dan riboflavin yang baik. Kandungan karotenoid pada buah yang berwarna ungu sebanyak 1,160%, flavonoid sebanyak 1,060% sedangkan pada buah yang berwarna kuning mengandung 0,058%, flavonoid sebanyak 1,000%. Dengan kandungan tersebut, manfaat buah markisa bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Buah markisa sering di sajikan dalam bentuk jus atau campuran minuman-minuman buah lainnya agar buah rasa minuman semakin menarik. Jus buah markisa ini bersifat sedikit sedative(penenang). Di daerah Madeira, jus markisa di gunakan untuk stimulant pencernaan dan treatment untuk penderita kanker lambung.

Dalam memilih buah markisa yang baik, pilihlah buah markisa yang besar, berat dan firm. Buah yang sudah matang maka kulitnya akan berubah menjadi keriput dan berwarna ungu tua. Walaupun kulitnya tua, namun buah ini bukan berarti busuk. Setelah matang, simpanlah buah di dalam kulkas selama 1 minggu kurang lebih. Buah markisa mengandung banyak vitamin A dan C.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah markisa bagi kesehatan.


Manfaat Buah Markisa

1. Untuk pencernaan
Buah markisa baik untuk pencernaan karena mengandung banyak serat. Bagi Anda yang saat ini mengalami gangguan sembelit, maka sangat baik Anda mengkonsumsi buah ini sebagai pencahar ringan.

2. Mencegah kanker
Manfaat buah markisa lainnya adalah mencegah sel kanker. Buah markisa mengandung antioksidan. Hal ini dapat kita amati dari segi warna kulit buah tersebut yang sangat mencolok yaitu ungu kehitaman. Antioksidan betakaroten yang terdapat pada buah markisa ini berperan sebagai penghambat sel kanker dalam tubuh. Selain antioksidan, buah ini mengandung air yang larut dalam lemak.

3. Buah markisa sangat baik bagi penderita asma
Buah ini mengandung vitamin C, mencegah histamin yang dapat menyebabkan gejala asma. Buah ini dapat menenangkan serangan asma.

4. Buah markisa memiliki efek relaksasi
Selain baik bagi penderita asma, manfaat buah markisa lainnya adalah merilekskan tubuh. Setelah melakukan kegiatan sehari-hari dan mengalami kelelahan, cobalah Anda meminum buah markisa. Karena jus markisa ini akan membuat saraf-saraf Anda yang tegang menjadi rileks kembali.

5. Buah markisa sangat baik untuk penderita insomnia
Buah markisa ini mempunyai efek mengantuk pada sistem saraf manusia sehingga membuat perasaan menjadi lebih tenang dan rileks.

6. Buah markisa memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh
Manfaat buah markisa lainnya menutrisi tubuh. Kandungan nutrisi tersebut antar laian: sebagai sumber vitamin C . Dalam 100 g buah markisa (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C yang mempunyai peran sebagai antioksidan, yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A yang mempunyai fungsi yaitu menambah kesehatan mata, melawan infeksi, menyehatkan kulit dan membantu dalam regenerasi sel. Buah markisa ini juga mengandung kalium 348 mg dalam 100 gramnya. Kalium tersebut berperan membantu kerja jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Kalium disini mengandung kalsium.

7. Buah markisa sangat baik di konsumsi bagi Anda yang sedang diet
Mengapa buah ini sangat baik untuk di jadikan menu diet? buah markisa baik di jadikan untuk menu diet dikarenakan mengandung rendah sodium, lemak dan rendah kalori, yaitu hanya 97 kalori per 100 g. markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang normal. Kandungan nutrisi dalam buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol. serat yang tinggi menyebabkan Anda merasa kenyang.

Itulah beberapa manfaat buah markisa dan khasiat buah markisa bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Selain manfaat buah markisa bagi kesehatan, baca juga artikel menarik lainnya, seperti manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Terimakasih!