5 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Manfaat labu siam - Labu siam sangat popular dengan nama manisa, jipang yaitu buah dari tanaman yang merambat dengan cara merambat pada media sulur-sulurnya. Tanaman ini membutuhkan media berupa tanah yang basah dan lembab, dan bisa tumbuh dengan sangat cepat. Sekitar 30 hari labu siam akan siap panen setelah melalui proses penyerbukan bunga. Dalam sekali panen, buah ini dapat menghasilkan kurang lebih 150 buah labu siam dalam satu musim. Ciri khas dari buah ini yaitu memiliki kulit yang tipis, berwarna hijau pucat dan memiliki beberapa alur vertikal di permukaan kulitnya. Labu siam mempunyai bebrapa jenis lain yaitu memiliki permukaan penuh dengan duri dan ada yang memilikikulit halus. Warna daging buah ini yaitu putih pucat dan membungkus bakal biji. Labu siam ini memiliki tekstur daging yang renyah, serta memiliki rasa yang ringan seperti labu.


manfaat labu siam
Manfaat labu siam (c) Pixabay.com/Bluesnap
Sayuran yang bahan pokoknya berupa buah siam ini dapat diolah berbagai macam jenis sayuran antara lain sayur bening dan sayur bobor yang sangat di gemari oleh ibu-ibu rumah tangga. Buah ini memiliki beberapa nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan dalam labu siam memilikii beberapa nutrisi dan vitamin yang sangat penting. Satu setengah cangkir porsi menyediakan sekitar 17% dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin B kompleks , seperti folat dengan jumlah 61 mcg dan sejumlah kecil niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dari vitamin B6. Vitamin B mempunyai peran yang penting untuk metabolism tubuh. Selain itu, buah labu ini juga mengandung zat mineral seperti fosor, mangan, tembaga, seng dan zat besi.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, ini manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Labu Siam

1. Menjaga kadar kolesterol
Labu siam atapun jenis labu siam lainya adalah salah satu sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu memiliki kalori 100 per gram, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Sayuran ini mengandung banyak serat makanan, mineral , zat antioksidan, dan vitamin. Makanan untuk diet biasanya para ahli merekomendasikan makanan yang rendah kalori dan sayuran yang banyak mengandung serat untuk menjaga kadar kolesterol dan dapat menurunkan berat badan.

2. Menurunkan darah tinggi
Manfaat labu siam lainnya adalah menurunkan darah tinggi. Dalam menurunkan tekanan darah tinggi teh herbal yang terbuat dari daun labu siam, menurut penelitian Purdue University. Daun teh ini juga berkhasiat untuk melarutkan batu ginjal, dan mengurangi aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. Teh yang mengandung daging labu siam mengandung duretik ringan, dan biasa di gunakan untuk mengobati penykit kembung.

3. Mengandung tinggi folat dan vitamin B kompleks lainnya
Buah labu siam memiliki vitamin B kompleks yang cukup, seperti asam folat 100 g segar menyediakan 93 mg atau 23% dari kebutuhan folat harian yang direkomendasikan. Disini folat sangat berperan penting dalam pembentukan susunan DNA. Mengkonsumsi labu siam dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan dapat membantu mencegah terjadinya kecacatan tabung saraf pada bayi.

4. Mencegah darah tinggi
Selain itu, manfaat labu siam lainnya juga dapat mencegah darah tinggi. Labu siam mengandung kalium yaitu 100g dalam buah labu siam segar mengandung sekitar kurang lebih 125 mg kalium atau 25% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Manfaat dari kalium itu sendiri yaitu melawan efek sodium yang jika konsumsinya terlalu berlebihan dapat menyebabkan darah tinggi.

5. Anti kanker dan penuaan dini
Labu siam mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteoli. Senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan radikal bebas yang berbahaya dalam tubuh, mempunyai peran dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit.

Perhatian dan keamanan
  • Labu siam mengandung getah atau lateks yang bisa menyebabkan sensasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan jika terkena. Cairan yang lengket ini diduga menyebabkan beberapa reaksi kontak anestasi sementara. Ekfek ini biasa diminimalkan dengan cara menggunakan sarung tangan pelindung pada saat mengupas, atau dengan cara mengupas sambil dibawah kecucuran air dingin.
  • Hindari stok lama, karena pada umumnya tumbuh lebih awal. Selain itu, pastikan memilih buah yang permukaanya bebas lubang, retak, atau memar. Namu, luka dangkal kecil ataupu memar ringan yang mungkin terlihat di permukaan tidak di permasalahkan.
  • Simpan dalam kantong kertas atau di dalam kompartemen sayuran di dalam kulkas dengan kelembapan yang cukup. Pada umumnya bisa di simpan sampai hingga 2 sampai dengan 3 minggu. Buah yang cukup tua dan besar umumnya cenderung cepat untuk mengalami proses pembusukkan, jadi lebih baik untuk segera diolah.
Itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!