0
Tipscaraalami.com - Manfaat susu kambing - Susu Kambing merupakan susu yang berasal dari induk kambing setelah melahirkan dalam jangka waktu 0-3 hari. Susu tersebut mengandung kolostrum yang mengandung zat gizi sangat banyak di bandingkan dengan susu sapi. Susu kambing ini mempunyai protein yang baik setelah telur dan bahkan hampir setara dengan ASI. Rata-rata masyarakat Timur Tengah sejak 7000 SM mengkonsumsi susu ini karena di yakini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Susu kambing memiliki ciri khas yaitu terletak pada baunya yang “prengus” seperti orang bilang. Bau prengus ini di sebabkan karena adanya asam kaporat dalam susu kambing. Namun bau ini dapat di kurangi dengan cara memeberikan tambahan pakan seperti akar som Jawa.

Kandungan susu kambing pada peranakan etawah terdiri atas kadar protein 3,6%, lemak 6,17%, bahan kering 15,49%, dan BKTL 9,32%. Komposisi susu kambing sangat berpengaruh pada pakan yang di berikan dan cara pemerahannya. Sebaiknya pemberian pakan harus mengandung omega 3 dan omega 6 karena akan mampu meningkatkan kandungan omega 3 dan omega 6 pada susu kambing. Dalam pemerahan kambing, produksi susu kambing tidak berpengaruh. Namun, memiliki kencenderungan bahwa interval pemerahan 16:8 jam akan meningkatkan produksi susu yang lebih tinggi. Selain itu kandungan nutrisi dalam susu kambing ini juga terdapat laktosa, klorida, kalsium, kasein, zat besi, nitrogen, fosfor.
manfaat susu kambing
Manfaat susu kambing (c) Pixabay.com/JimmyDominico
Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut khasiat susu kambing dan manfaat susu kambing untuk kesehatan tubuh manusia.


Manfaat Susu Kambing

1. Membantu menyehatkan jantung
Kalsium yang tinggi pada susu kambing sangat baik untuk jantung. Konsumsi susu kambing ini secara teratur karena fungsinya yang baik yaitu melancarkan sistem peredaran darah, mengatur tekanan darah, mengurangi risiko terkena stroke, serta menolong dari penyakit aterosklerossis(radang pembuluh darah)

2. Mengandung anti-inflamasi alami
Manfaat susu kambing kedua adalah kandungan anti-inflamasi alaminya yang tinggi. Susu dari kambing ini sudah melalui proses homogen dalam penghasilannya secara alami. Gelembung minyak yang terdapat pada susu kambing dengan mudah akan memisahkan diri atau jauh lebih kecil di bandingkan dengan susu sapi.

3. Menguatkan tulang
Susu kambing memeiliki vitmin dan mineral yang sangat banyak terutama dalam kandungan kalsium. Kalsium ini sangat penting dalam proses pembentukan dan penguatan tulang. Selain itu manfaat kandungan kalsium yaitu berperan aktif dalam tubuh untuk mencegah sel kanker, keropos tulang, serta nyeri pada saat PMS.

4. Mengobati penyakit maag
Selain menguatkan tulang, manfaat susu kambing lainnya adalah mengobati maag. Susu kambing mengandung magnesium dalam mengobati penyakit maag. Selain itu susu ini tidak memiliki protein komplek yang dapat menekan resiko alergi.

5. Melancarkan sistem pencernaan
Dalam susu kambing memiliki sifat alkali basa. Sifat ini sangatlah berperan penting dalam melancarkan sistem pencernaan. Karena susu ini bersifat alkali basa, jadi tidak menimbulkan asam dalam sistem usus.

6. Mengandung lemak esensial
Dalam susu kambing 35% asam lemak bila di bandingkan dengan 17% dalam susu sapi. Konsumsi susu kambing lebih baik dan lebih sehat dalam keadaan mentah bagi orang yang tidak toleran dengan laktosa. Susu ini bisa menurunkan tingkat kolesterol dan bekerja lebih baik bagi yang memiliki masalah usus. Kandungan asam lemak antimikroba seperti asam kaprilat dan kaporat di temukan sangat melimpah dalam susu kambing.

Itulah beberapa khasiat susu kambing dan manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh.

Cara memilih susu kambing yang berkualitas:

Setelah mengetahui manfaat susu kambing di atas, Anda wajib juga mengetahui cara memilih susu kambing yang bagus. Bagi Anda para konsumen susu kambing yang menginginkan hasil maksimal dalam mengkonsumsi susu kambing atas beberapa khasiatnya yaitu mampu membantu dalam penyembuhan gangguan kesehatan misalnya TBC, hepstitid, tsma, maag akut, kelelahan, gangguan pencernaan atau gangguan lainnya, maka perhatikan tips di bawah ini yaitu cara memilih susu kambing yang berkualitas.

1. Bila dalam keadaan beku, susu kambing akan berwarna kuning muda dan merata. Sedangkan dalam keadaan tidak beku maka susu kambing ini akan sendirinya berubah warna menjadi putih.

2. Sebaiknya dalam penyimpanan susu kambing ini jangan terlalu lama, karena penyimpanan yang terlalu lama atau kadaluarsa akan menyebabkan menurunnya kualitas susu kambing.

3. Periksa kembali tanggal expired pada kemasan susu kambing dan box susu kambing. Karena sering para produsen mengemas ulang produk tersebut ke dalam box buatannya sendiri tanpa mengetahui produk tersebut stok lama atau baru.

Walaupun terlihat sepele, namun itu justru menjadi bagian penting untuk konsumen disaat memilih produk susu kambing yang berkualitas. Jadi teliti sebelum anda membeli!

Demikian penjelasan singkat tentang manfaat susu kambing dan cara memilih susu kambing yang berkualitas. Selain manfaat susu kambing, baca juga artikel tentang susu lainnya seperti manfaat susu kambing etawa, manfaat susu kedelai, dan manfaat mengkonsumsi susu segar bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top