0
Tipscaraalami.com - Manfaat kacang tanah - Kacang tanah merupakan kacang kedua yang paling baik setelah kacang kedelai. Kacang tanah (Archis hypogaea L ) merupakan tanaman polong-polongan atau termasuk dalam suku Fabaceae. Kacang tanah berasal dari benua Amerika Selatan tepatnya di Brazillia tumbuh secara perdu dengan tinggi mencapai 30 sampai 50 cm ( atau 1 sampai 1,5 kaki) dengan daunya yang tersusun majemuk. Kacang tanah masuk ke Indonesia kira-kira pada abad ke-17 dan di perkirakan di bawa oleh pedagang-pedagang Spanyol, cina, atau portugis ketika sedang melakukan pelayaran dari Meksiko ke Maluku. Kacang tanah memiliki banyak nama antara lain kacang jebrol, kacang bandung, kacang kole, kacang una dan masih banyak lagi.
manfaat kacang tanah
Manfaat kacang tanah (c) Tipscaraalami.com/Mustajib
Kacang tanah mempunyai banyak nutrisi diantaranya:
  • Mengandung protein yang tinggi akan vitamin E, zat besi, kalsium, vitamin B kompleks, vitamin A dan K, fosfor, kolin, dan lesitin. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan dalam protein lebih tinggi daripada daging, telur dan kacang soya.
  • Kacang mengandung zat yang dapat menjaga kekebalan tubuh dari beberapa penyakit. Dengan mengkonsumsi satu ons kacang tanah dalam lima kali seminggu di yakini dapat mencegah penyakit jantung. Sistem kerjanya kacang ini memompa jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung koroner.
  • Dalam satu ons kacang tanah juga terdapat 18 gram omega 3 dan 17 gram omega 9. Omega 3 yaitu lemak tak jenuh, omega 9 adalah lemak tak jenuh tunggal.
  • Kacang tanah mengandung fitosterol yang dapat menurunkan kolesterol dan level triliserida dengan sistem kerjanya yaitu menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang di sirkulasikan ke dalam darah, mengurangi penyerapan kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol.
  • Kacang tanah juga mengandung arginin. Fungi arginine yaitu merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida untuk melawan bakteri tuberkolusis.
Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat kacang tanah bagi kesehatan :


Manfaat Kacang Tanah

1. Membantu meningkatkan kesuburan
Kacang tanah mengandung asam folat dengan jumlah yang cukup baik. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang mempunyai asupan gizi 400 mikrogram asam folat sebelum dan sesudah awak kehamilan, akan mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat syaraf hingga 70%. Oleh karena itu konsumsilah kacang tanah ataupun kacang-kacangan lainnya selama Anda hamil.

2. Membantu dalam mengatur gula darah
Selain itu, manfaat kacang tanah yang kedua adalah mengatur gula darah. Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi seperempat cangkir kacang dapat memasok 35% kebutuhan tubuh manusia yaitu terdapat mangan, mineral yang mempunyai peran dalam metabolisme lemak dan karbohidrat,regulasi gula darah, dan penyerapan kalsium.

3. Membantu mencegah batu empedu
Mungkin ini merupakan suatu hal yang mustahil karena kacang dapat mencegah terjadinya batu empedu. Namun dalam 20 tahun peneltian menunjukkan bahwa mengkonsumsi satu ons kacang ataupun selai kacang dalam seminggu dapat menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25%.

4. Membantu fight depresi
Kacang tanah mengandung zat asam amino esensia yang penting dalam memproduksi serotonin, dan triptofan. Ketika depresi terjadi serotonin akan menurun dan melepaskan sel-sel saraf pada otak. Triptofan berfungsi untuk meningkatkan efek antidepresan.

5. Membantu meningkatkan daya ingatan
Manfaat kacang tanah selain membantu fight depresi, ternyata juga dapat meningkatkan daya ingat. VitaminB3 atau yang biasa di sebut niasin konten yang terdapat pada kacang mempunyai fungsi yaitu untuk menormalkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingatan.

6. Mengurangi kolesterol
Kandungan nutrisi pada kacang dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol, membantu dalam mengurangi kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik. Kacang cocok di konsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

7. Membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung
Dalam mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur di percaya dapat menurunkan risiko serangan jantung. Kacang ini rendahh lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Dengan segenggam kacang tanah di konsumsi empat kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

8. Membantu mengurangi risiko terkena kanker
Manfaat kacang tanah yang terakhir adalah mencegah kanker. Kandungan pitosterol yang terdapat dalam kacang mempunyai peran tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, namun juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker dengan menghambat perumbuhan tumor.

Peringatan:
Bagi penderita kanker payudara di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi kacang tanah. Mitos mengenai kacang dapat menyebabkan wajah berjerawat adalah tidak benar. Karena jerawat itu tidak di sebabkan dari makanan coklat, ice cream, kacang, namun jerawat bisa diatasi dengan mengurangi makanan manis dan berkabohidrat.

Waspadai bahaya aflaktosin yang ada di dalam kacang tanah. Aflaktosin terdiri dari bahaya akut dan sub kronik letal. Bahaya akut terjadi apabila terdapat aflaktosin dosis tinggi (minimal 1 ppm) dan bahaya kronik terjadi apabil terpapar aflaktosin dengan dosis (minimal 0,2 ppm).

Tips memilih kacang tanah yang baik:
Jangan memilih kacang tanah yang rasanya pahit, berlubang, kehijauan, hitam, keriput dan sebagian kulit arinya terkelupas. Jika akan di masak, jemur terlebih dahulu kacang tanah yang sudah di kupas kira-kira selama 6 jam untuk melemahkan 50% racun, karena apabila tanpa di jemur dalam memasak kacang tanah membutuhkan suhu sampai 250°. Simpanlah olahan kacang tadi di dalam kulkas.

Itulah beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan. Semoga artikel manfaat kacang tanah ini bermanfaat untuk Anda.

Selain manfaat kacang tanah, ketahui juga manfaat buah markisa, dan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. Terimakasih!
loading...
loading...
 
Top