Resep Es Teler Dan Cara Membuat Es Teler Sedap

Resep es teler - Es teler adalah satu dari berbagai menu minuman dingin khas Indonesia. Resep es teler sendiri nampaknya sudah dikenal oleh banyak warga terutama di kota besar karena memang di kota besar minuman ini banyak ditemukan. Es teler menjadi minuman yang disukai semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua.

Es teler ini menjadi sajian sajian andalan saat cuaca terik karena es ini sangat segar di mulut. Minuman es ini akan memberikan rasa nikmat yang dapat menghilangkan dahaga Anda seketika. Es teler sekarang ini sudah banyak dijajakan di pinggir jalan atau di restoran yang berada di mall di seluruh nusantara.

Resep Es Teler

Es teler yang merupakan jajanan minuman yang merakyat telah merambah kalangan menengah ke atas karena bagitu banyak gerai es teler di pusat perbelanjaan modern. Es teler sendiri merupakan sajian minuman yang berbahan dasar air dicampur dengan bahan- bahan tambahan seperti ketan dan lainya.

Berdasarkan informasi mengenai asal mula resep es teler, minuman ini diciptakan oleh Tukiman Darmowijono yang merupakan seorang pedagang es campur. Tukiman sendiri menjual dagangannya dengan gerobak di Jalan Semarang Jakarta Pusat sejak tahun 1980-an. Es campur racikan Tukiman begitu nikmat sehingga anak-anak muda yang menjadi konsumen tetapnya mengklaim bahwa mereka merasa begitu nikmat saat mencicipi es tersebut hingga mereka seakan teler seperti akibat mengkonsumsi narkotika. Selain itu, ada juga es teler 77. Tapi lain kali Kacangpolong.com akan membagikan resep es teler 77 ini.

Sejak itu, es kelapa muda yang dicampur dengan alpukat yang dijajalan Tukiman di Jalan Semarang dikenal dengan sebutan es teler. Popularitas es teller ini kian hari kian meningkat dan semakin mencuat berkat promosi gratis dari mulut para pelanggan serta liputan media nasional. Karena alasan lokasi yang tidak dapat menampung lagi konsumen es teller yang datang mengendarai mobil, es teler Tukiman harus pindah ke Jalan Pegangsaan Barat lalu ke dalam kompleks bioskop Megaria. Toko es teler Tukiman tersebut berada di kompleks bioskop Megaria yang sekarang ini menjadi kedai ayam bakar dan es teler Sari Mulia Asli.

Bagi Anda yang ingin menikmati es teller yang legendaris ini langsung saja datang ke pedagang-pedagang di pinggir jalan atau gerai-gerai es teler di pusat perbelanjaan dekat rumah Anda. Namun, bagi Anda yang gemar membuat santapan sendiri, Kacangpolong.com kali ini akan mengulas tentang apa saja bahan yang diperlukan dan bagai mana cara untuk membuat es teler yang segar dan nikmat.

Lihat juga resep:
Resep Es Teler Buah Spesial Dan Enak
Resep Dan Cara Membuat Es Krim Rumahan Sederhana
Resep Es Doger Spesial Dan Enak
Resep Es Pisang Ijo Paling Enak

Selain cara membuat resep ini yang sangat sederhana, waktu untuk membuat es teler juga sangat singkat. Terlebih lagi, bahan-bahan yang digunakan juga mudah didapat di pasar dengan harga yang cukup terjangkau oleh segala lapisan masyarakat Indonesia. Berikut adalah ulasan singkat mengenai resep es teler dan cara membuat es teler.

Resep Es Teler


Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 300 gram kelapa muda serut yang telah dibekukan
  • es batu serut sesuai selera
  • 1 buah melon yang dibentuk bulat atau diiris
  • 1 buah nangka yang diiris tipis
  • 1 buah alpukat yang diambil daging buahnya
  • 1 bungkus agar-agar merah yang dimasak dan dipotong sesuai selera
  • Susu kental manis secukupnya
  • 200 ml air kelapa muda
  • Sirup sesuai selera
  • Es cream vanilla sesuai selera

Cara membuat es teler:
  • Siapkan mangkuk untuk menyajikan es teler.
  • Tata potongan buah dan juga agar-agar sesuai selera.
  • Tambahkan es batu serut sesuai selera kemudian tuang air kelapa muda
  • Tambahkan susu kental manis diatasnya.
  • Beri sirup dan es cream sesuai selera di atasnya.
  • Santap selagi es teler masih dingin.

Demikian ulasan mengenai resep es teler dan cara membuat es teler. Semoga artikel resep es teler ini dapat menambah wawasan dan dapat menjadi inspirasi Anda untuk menyajikan minuman yang segar dan nikmat untuk keluarga saat cuaca terik. Siapapun dapat membuat minuman ini karena cara membuatanya tidak sulit serta hanya mememrlukan waktu yang singkat. Selamat mencoba resep es teler ini dan semoga Anda berhasil menyajikan es teler yang nikmat untuk keluarga.

Resep lainnya:
Resep Es Pisang Ijo Khas Makasar Enak Dan Segar
10 Bahaya Minum Air Es Bagi Kesehatan Tubuh
Resep Tiramisu Panggang Sederhana Enak Dan Lembut
Resep Roti Goreng Aneka Isian Manis Dan Enak