4 Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh

Obat herbal tradisional kini makin banyak diminati sebagai alternatif penyembuhan karena minimnya efek samping dan juga harganya yang murah. Bahkan, sebagian orang membuat sendiri ramuan herbal mereka dirumah. Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan utama obat herbal adalah daun sukun. Apa saja manfaat daun sukun? Simak ulasan berikut.

manfaat daun sukun

Kandungan Daun Sukun Yang Berguna Bagi Kesehatan


Meski sering dianggap remeh, ternyata sukun memiliki kandungan yang sangat luar biasa. Beberapa zat alami seperti asam hidrosinat, tanin, riboflavin, asetilcolin sangat bermanfaat untuk melawan sumber penyakit berbahaya. Bahkan baru baru ini, seorang peneliti asal cina menemukan bahwa daun sukun juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kardio.


Manfaat Daun Sukun sebagai obat Herbal Berbagai Penyakit


1. Manfaat daun sukun untuk asam urat


Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyebabkan rasa nyeri terutama pada bagian sendi. Saat musim dingin, rasa ngilu akibat asam urat akan semakin menjadi, hal ini disebabkan oleh pengristalan asam urat pada bagian sendi. Bagian tubuh yang paling rentan terkena asam urat adalah bagian lutut dan juga bahu.

Lihat juga:
Manfaat Daun Salam yang Ramah untuk Kesehatan
5 Manfaat Daun Kelor Yang Wajib Anda Ketahui Untuk Kesehatan
6 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Sirih yang Luar Biasa dari Indonesia

Parahnya lagi, asam urat merupakan penyakit yang tidak pandang usia, dan ketika telah menyerah penyakit ini dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Salah satu cara untuk menangkalnya adalah dengan mengambil manfaat daun sukun yang telah dikeringkan. Caranya, ambil daun sukun yang telah dikeringkan dan seduh dengan air panas. Sebagai penambah citarasa anda bisa menambahkan pemanis selayaknya minum teh. Lakukan cara ini selama 10 hari berturut turut dengan dosis 2 gelas dalam sehari.

2. Manfaat daun sukun untuk ginjal


Manfaat daun sukun lainnya adalah menjaga kesehatan ginjal, terutama untuk mengatasi batu ginjal. Hal ini dikarenakan daun sukun kaya akan saponin, asam hidrosianat, kalium, dan beberapa zat lainnya yang ampuh untuk menghancurkan batu ginjal yang menumpuk. Batu ginjal yang telah mengkristal akan hancur dan terbawa bersama urine. Dengan demikian, tak akan ada lagi endapan penyebab rasa nyeri pada ginjal.

3. Manfaat daun sukun untuk jantung


Manfaat daun sukun untuk jantung sangat erat dengan kandungan daun sukun yang mampu menurunkan kadar kolestrol. Seperti yang kita tahu, penyakit jantung koroner disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah jantung yang seringkali disebabkan oleh kolesterol. Karenay jika kolesterol teratasi, secara otomatis pembuluh darah tak akan tersumbat dan jantung juga akan bekerja lebih ringan.

4. Manfaat daun sukun untuk diabetes


Daun sukun kaya akan kandungan flavonoid, yaitu senyawa yang mampu menurunkan kadar gula darah secara alami. Karenanya, meminum ramuan yang terbuat dari daun sukun dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah penyakit susulan lainnya.

Selain berbagai manfaat diatas, masih banyak lagi manfaat daun sukun yang tak banyak diketahui orang, seperti mengatasi lever, pembengkakan liva, obat panu, mengurangi rasa pegal, sakit gigi, gatal gatal dan bahkan zat anti kanker.


Cara Mengolah Daun Sukun Untuk Obat Tradisional


Agar khasiat daun sukun dapat anda peroleh secara maksimal serta mengindari efek keracunan anda harus mengolah daun sukun dengan benar. Karenanya, perhatikan cara mengolah daun sukun mulai dari pemilihan bahan, penjemuran dan perebusan berikut.
  • Dalam memilih bahan obat tradisional daun sukun, pilihlah daun yang sudah tua dan usahakan yang telah menguning, namun jangan mengambil daun yang sudah jatuh ke tanah.
  • Jangan gunakan daun yang memiliki banyak lubang dan warna tidak merata.
  • Selalu cuci daun sukun dengan air mengalir sebelum diolah.
  • Jika berencana ingin mengeringkan daun (untuk dipakai jangka panjang) maka, pastikan daun bener benar kering dan jemur secara berkala.

Cara merebus daun sukun yang benar adalah dengan memakai peralatan yang terbuat dari gerabah (tanah liat). Namun, jika tak memiliki peralatan dari gerabah, anda bisa menggunakan panci yang terbuat dari bahan non alumunium dan juga non stainless steel. Penggunaan peralatan masak yang terbuat dari alumunium atau stainless steel dapat memicu reaksi kimia yang menyebabkan berkurangnya manfaat daun sukun dan bahkan menimbulkan efek racun.

Artikel lainnya:
Manfaat Daun Binahong Dalam Kehidupan Manusia
Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Manusia
6 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan