8 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Yang Menakjubkan

Manfaat buah apel - Konsumsi buah-buahan memang sangat penting bagi organ tubuh. Karena vitamin dan nutrisi dalam buah-buahan akan membantu proses metabolisme dan pemenuhan gizi. Salah satu buah yang bermanfaat baik terhadap kesehatan kita ialah buah apel. Manfaat buah apel bagi keseharian tidak perlu diragukan lagi. Mengingat buah ini mempunyai beberapa keutamaan bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat buah apel

8 manfaat buah apel yang luar biasa


1. Dapat mencegah diabetes


Dalam buah apel terdapat serat larut. Serat larut inilah yang mampu mengendalikan takaran gula darah, sehingga mampu memberikan pencegahan atas penyakit diabetes.

Lihat juga:
7 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Pir yang Luar Biasa Ini Harus Anda Ketahui
9 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan Yang Luar Biasa
7 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan daya tahan tubuh


Manfaat buah apel selanjutnya ini memang benar adanya. Karena di dalam apel, terdapat komponen antioksidan berupa Quercetin yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi apel sewaktu cuaca sedang buruk, akan membantu anda terhindar dari penyakit.

3. Pencegahan terhadap penyakit kanker


Manfaat buah apel memang luar biasa karena mengandung Quercetin dan Flavonoid yang dapat memusnahkan hormon yang memicu terjadinya kanker paru-paru. Dengan rajin mengkonsumsi buah apel, maka akan meniminkan resiko anda terkena penyakit kanker paru-paru.

4. Membantu peningkatan kecerdasan otak


Pikun dapat menyerang di usia senja ataupun muda. Dengan memakan apel secara rutin, akan mampu meningkatkan produksi acetylcholine yang merupakan hormon yang dapat menjadi penghubung antar sel otak, sehingga akan membantu proses penyusunan sel-sel baru di otak. Dengan begitu anda akan terhindar dari kepikunan, serta daya ingat anda akan lebih tajam. Manfaat buah apel yang snagat menakjubkan ini dapat anda buktikan sendiri.

5. Meminimkan keriput pada kulit


Manfaat buah apel bagi keseharian tidak perlu diragukan lagi. Mengingat buah ini mempunyai beberapa keutamaan bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat buah apel bagi kecantikan salah satunya ialah mengurangi keriput pada kulit, caranya ialah dengan menggunakan buah apel sebagai masker alami untuk kulit. Caranya mudah, pertama parutlah buah apel yang masih segar, lalu tempelkan pada wajah sampai 10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

6. Mengatasi kantung mata


Kantung mata tentu akan sangat mengganggu penampilan anda. Untuk mengatasinya, anda dapat memanfaatkan apel. Caranya dengan mencampurkan 2 sedok makan sari apel bersama parutan kentang. Lalu usapkan secara merata pada bagian kelopak mata, dan tutuplah menggunakan kain yang hangat. Tunggu hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

7. Menjaga kesehatan mata


Penyakit mata seperti katarak dan gangguan mata lainnya dapat di antisipasi dengan teratur mengkonsumsi buah apel

8. Manfaat buah apel untuk memanjangkan rambut secara alami


Bagi anda yang ingin memanjangkan rambut secara alami, dapat mempergunakan apel. Terutama pada bagian kulit apel. Manfaat buah apel ini juga akan membantu melancarkan peredaran darah pada bagian kulit kepala. Jika jalannya sirkulasi darah lancar, maka hal tersebut akan berdampak positif untuk pertumbuhan rambut. Manfaat buah apel lainnya ialah untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Karena pada buah apel terdapat polifenol yang relatif tinggi. Untuk memanfaatkannya, caranya cukup mudah. Haluskan kulit apelnya, kemudian oleskan ke sekujur rambut, kemudian tunggu selama 15 hingga 20 menit. Lalu bersihkan dengan air. Dan untuk buahnya dapat anda konsumsi.

Cara tepat mengkonsumsi buah apel


Mungkin, anda saat ini tengah dilanda kebingungan yang mendalam mengenai cara tepat mengkonsumsi buah apel. Haruskah dengan cara di jus atau di konsumsi langsung. Dr. Elia Indrianingsih, Sp. Gk dari Tim Dokter Spesialis Gizi Klinik Eka Hospital BSD menjelaskan, bahwa untuk beberapa jenis buah yang dapat di konsumsi secara langsung seperti apel, strawberry ataupun anggur, akan terbuang vitamin dan mineralnya apabila di jus, hal tersebut dikarenakan kulit buahnya tidak diikutsertakan. Selain itu, serat yang terkadung dalam buah tidak akan sesempurna saat buah di konsumsi langsung.

Lebih jelasnya, bagi mereka yang tidak memiliki gangguan pencernaan lebih di sarankan untuk mengkonsumsi buah secara langsung. Dan sebaliknya, untuk mereka yang memiliki masalah pada lambung dan pencernaannya di sarankan untuk membuatnya sebagai jus. Sekian informasi mengenai manfaat buah apel, semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:
12 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Khususnya Untuk Ibu Hamil
Manfaat Buah Sawo Bagi Kecantikan Dan Kesehatan