6 Manfaat Penting Serat Bagi Kesehatan Tubuh

Tipscaraalami.com - Serat adalah salah satu zat yang sangat baik dan sangat berguna bagi tubuh. Anda bisa  mendapatkan serat melalui makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Tapi harus makanan sehat alami, seperti buah-buahan, daging, susu, dan dan sayuran.

Seperti dilansir dair Magforwomen.com, ini alasannya kenapa serat sangat bermanfaat bagi tubuh.
makanan berserat tinggi, fungsi dan manfaat serat bagi tubih dan kesehatan
Buah berserat (c) Pixabay.com/eismannhans

Manfaat Serat Bagi Tubuh

1. Menurunkan berat badan
Umumnya, setiap makanan yang banyak mengandung serat akan membuat Anda cepat kenyang dan tahan lebih lama. Jadi keinginan Anda untuk ngemil dan ingin makan lagi akan tertunda karena masih kenyang. Hal tersebut pasti akan memperlancar program diet Anda, dan menurunkan berat badan Anda, serta serat juga bermanfaat membuat tubuh jadi sehat.

2. Baik untuk kesehatan pencernaan

Makanan tertentu yang tidak mengandung serat akan membuat perut susah dan lama dalam mencerna makanan, dan akan membuat sistem pencernaan tidak sehat. Oleh karena itu, bila Anda mengkonsumsi serat, perut akan mencerna makanan dengan cepat dan mudah. Hal tersebut akan membuat pencernaan Anda tetap sehat.

3. Baik untuk jantung
Ternyata serat yang terdapat pada gandum, kacang-kacangan, dan buah jeruk sangat bagus untuk melawan kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

4. Melawan kanker
Mengkonsumsi serat dapat membuat usus jadi sehat. Usus yang sehat pasti akan mencegah dan mengurangi akan terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar, kanker usus kecil, perut dan kerongkongan. Jadi perbanyak mengkonsumsi serat. Anda dapat mendapatkan serat yang banyak pada buah-buahan dan sayuran.

5. Mencegah sembelit
Sembelit ternyata dapat di cegah dengan mengkonsumsi makanan berserat. Perut Anda akan terasa nyaman dan pencernaan akan bersih, jadi sembelit akan menjauh dari perut Anda.

6. Baik untuk melawan diabetes
Bagi para penderita diabetes, sangat di anjurkan untuk mengikuti  diet kaya akan serat. Sebab serat mampu mempromosikan kadar gula baik dalam darah yang mampu menginduksi produksi insulin di dalam tubuh dan diabetes dapat terobati.

Itulah 6 manfaat serat bagi kesehatan tubuh dan pencernaan. Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran alami untuk mencegah berbagai penyakit di atas, serta dapat membuat tubuh Anda tetap sehat. Semoga bermanfaat!