8 Manfaat Terong Untuk Kesehatan Yang Tersembunyi

Tipscaraalami.com - Manfaat terong bagi kesehatan - Selain rutin olahraga dan mengkonsumsi buah-buahan segar, mengkonsumsi sayur juga wajib agar tubuh tetap sehat dan bugar alami. Bila Anda bosan makan sayur yang itu-itu saja, kenapa tidak mencoba sayur terong atau terung? Terong adalah sayur yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


manfaat terong
Manfaat terong (c) Pixabay.com/Hans
Budidaya tanaman terong di Indonesia cukup meyakinkan, dan sangat mudah untuk tumbuh di semua kondisi tanah dan cuaca. Selain itu, masakan terong juga enak dan juga bisa di  jadikan cemilan sehat. Bila Anda ingin mencoba menikmati terung, ada banyak resep terong dan cara memasaknya yang bisa Anda coba. Selain terong ungu, banyak juga yang membudidaya terong hijau dan terong belanda, rasanya pun tak jauh berbeda dengan terong ungu.

Lalu apa saja manfaat terong yang katanya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan tersembunyi? Seperti dikutip dari Care2.com, ini 8 manfaat terong atau terung bagi kesehatan yang tersembunyi.


Manfaat Terong

  • Kandungan zat besi, mineral, dan kalsium yang tinggi pada terung ternyata sangat menyehatkan tubuh. Anda bisa menyantap terong dengan cara merebus, menggoreng, dipanggang, atau di bakar. Yang terpenting tergantung sama Anda yang mana yang gampang dan tidak ribet untuk Anda santap.
  • Mengkonsumsi terong jangan mengupas kulitnya, nikmati saja secara utuh. Karena pada bagian kulit terong banyak terdapat nutrisi yang berguna meningkatkan sirkulasi darah.
  • Mengkonsumsi terung juga dapat melancarkan pencernaan Anda dengan kandungan serat di dalamnya. Selain itu, makan terung secara teratur pun mampu menurunkan risiko kanker usus besar.
  • Anda jangan takut membuat berat badan Anda naik, karena terung sangat rendah kalori, berserat tinggi, dan tidak punya lemak sama sekali. Selain makan terung bisa membuat Anda kenyang lebih lama tetapi bagus juga bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.
  • Selain itu, kandungan karbohidrat dan serat rendah larut pada terung ternyata dapat mengontrol diabetes dan juga mengontrol gula darah dalam tubuh.
  • Terung pun berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Nutrisi di dalamnya ampuh menurunkan kolesterol. Tapi Anda harus benar cara mengolahnya, misalnya dipanggang di dalam oven sehingga tidak menyerap minyak terlalu banyak seperti ketika digoreng.
  • Nutrisi lain yang ada dalam terung adalah bio-flavonoid. Fungsinya bagi tubuh adalah mengurangi stres dan mengontrol tekanan darah tinggi.
  • Makan terung secara teratur mampu mencegah penggumpalan darah. Hal itu dikarenakan kandungan vitamin K yang memperkuat dinding pembuluh darah. Jadi jangan lupa membeli terung kalau pergi ke pasar.
Itulah 8 manfaat terong dan kandungan terong bagi kesehatan yang tersembunyi. Jadi jangan ragu dan malas untuk mengkonsumsi terung untuk merasakan khasiat dan manfaat di atas. Masukkan terung ke dalam daftar belanjaan Anda besok. Semoga bermanfaat!