5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah anggur - Anggur adalah salah satu buah yang tumbuh dengan cara merambat dan termasuk dalam keluarga vitaceae. Anggur sangat terkenal dikalangan masyarakat dunia dan sering dimanfaatkan untuk membuat jus, maupun minuman beralkohol seperti wine. Sebenarnya, buah anggur ini sudah dibudidayakan oleh orang timur tengah pada 4000 tahu sebelum masehi silam. Namun, pengolahan anggur untuk dijadikan minuman baru sekitar 2500 sebelum masehi oleh bangsa mesir. Pada umumnya, buah anggur ini hidup di daerah dataran rendah. Buah anggur ini sangat berbeda dengan buah lain pada umumnya karena buah anggur membutuhkan kemarau yang panjang agar dapat tumbuh subur.


Buang anggur ini sangat dikenal selain sebagai bahan dasar wine maupun karena buah anggur dianggap sebagai buah yang mewah, tetapi karena buah anggur juga mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratrol yang sangat berperan aktif untuk melancarkan metabolism dalam tubuh. Selain itu, kedua zat tersebut juga sangat berguna untuk mencegah terbentuknya sel kanker dan mencegah berbagai penyakit lainnya. Semua aktivitas itu berkaitan dengan adanya senyawa metabolit sekunder yang berperan sebagai antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas. Jadi manfaat buah anggur untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi.

manfaat buah anggur
Manfaat buah anggur (c) Pixabay.com/VicampoWeinbilder
Selain semua zat di atas, buah anggur juga mengandung karotenoid serta likopen yang sangat tinggi. Kedua senyawa tersebut diketahui sangat ampuh dalam mencegah berbagai penyakit. Dengan kandungan antioksidan tersebut, buah anggur diyakini oleh masyarakat luas mampu melindungi sel dari radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit degenerative yakni serangan jantung, kanker dan penyakit-penyakit yang timbul akibat penuaan. Buah anggur sendiri terdiri dari beberapa jenis dan berbeda-beda warnanya. Ada anggur merah, anggur hijau, anggur, hitam, dan anggur kuning. Selain rasanya yang nikmat serta lezat, manfaat buah anggur untuk kesehatan dan manfaat buah anggur untuk kecantikan sangat berlimpah.

Kulit anggurpun tidak ketinggalan memiliki beberapa khasiat. Dengan kandungan resveratrol yang merupakan sumber yang sangat penting bagi flavonoids, dan masih banyak senyawa bernutrisi tinggi lainnya. Resveratrol bisa ditemukan pada kulit buah anggur. Penelitian yang dilakukan para ahli dalam beberapa tahun belakangan ini membuktikan bahwa resveratrol tersebut memiliki kemungkinan untuk membuat kita tetap awet muda serta mencegah kanker. Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah anggur bagi kesehatan yang luar biasa.

Manfaat Buah Anggur

1. Mengurangi resiko terkena serangan jantung
Buah anggur membantu meningkatkan oksida nitrat dalam darah Anda jika Anda mengkonsumsi buah ini. Peningkatan oksida nitrat tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung. Dengan antioksidan didalamnya, buah anggur dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang dapat menghambat pembuluh darah Anda.

2. Mencegah timbulnya kanker payudara
Manfaat buah anggur yang kedua dapat mencegah kanker payudara. Penelitian para ahli membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi jus anggur yang berwarna ungu dapat membantu dalam mencegah timbulnya kanker payudara dan sangat efektif mengurangi massa tumor pada payudara.
3. Menyehatkan ginjal
Buah anggur memiliki kemampuan untuk menghilangkan serta menyingkirkan zat asam pada ginjal. Dengan begitu, buah anggur ini dapat mengurangi tekanan pada ginjal dan akan menyehatkan ginjal Anda.

4. Menghilangkan kerutan pada wajah
Selain menyehatkan ginjal, manfaat buah anggur untuk kecantikan adalah dapat menghilangkan kerutan pada wajah. Bila Anda memiliki banyak kerutan pada wajah Anda? Mungkin minyak biji anggur mampu mengatasi masalah Anda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak biji anggur ini di area wajah Anda secara merata dan lakukan sebelum tidur. Minyak biji anggur yang kaya akan antioksidan dan asam lemak esensial ini mampu membuat wajah Anda terlihat lebih awet muda.

5. Memutihkan gigi
Jika Anda memiliki masalah gigi yang kurang putih, Anda dapat mengkonsumsi buah anggur yang telah masak. Asam malat yang terdapat di dalam buah anggur mampu secara alami menghapus noda yang terdapat pada gigi serta mampu mengatasi masalah perubahan warna pada gigi. Selain itu, baca juga cara mengobati sakit gigi secara alami.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat buah anggur dan khasiat buah anggur bagi kesehatan dan kecantikan. Buah anggur ternyata bukan hanya buah yang berkesan mewah saja, dengan harga yang lumayan buah anggur ini ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Untuk itu, sudah selayaknya Anda mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran dan mengerti akan kegunaan serta manfaat dari makanan yang alami tersebut. Semoga artikel tentang manfaat buah anggur ini bermanfaat bagi Anda.

Selain manfaat buang anggur di atas, ketahui juga manfaat buah pepaya dan jeruk nipis bagi kesehatan. Terimakasih!