10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah pepaya - Pepaya adalah buah yang berasal dari meksiko dan memiliki carica pepaya dan termasuk dalam family caricaceae. Biasanya pepaya ditanam di pekarangan rumah maupun di kebun. Jika telah matang, buah pepaya biasanya berwarna orange atau merah muda. Rasanya manis dan mengandung cukup banyak air. Memang, buah pepaya adalah buah dengan harga yang murah dan sangat mudah didapat. Namun harus dicatat bahwa buah pepaya adalah salah satu buah yang memiliki khasiat yang tentunya bermanfaat bagi manusia, baik dalam segi kesehatan maupun dalam segi kecantikan. Sangat masuk akal bila buah ini mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan karena nutrisi yang dimilikinya. 


manfaat buah pepaya
Manfaat buah pepaya (c) pixabay.com/nightowl
Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan.


Manfaat Buah Pepaya

1. Mengatasi gangguan pencernaan
Jika anda memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Buah pepaya mungkin salah satu solusinya karena buah pepaya dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan percernaan seperti buang air besar. Selain itu, buah pepaya juga sangat efektif untuk mencegah timbulnya penyakit wasir. Menurut penelitian, buah pepaya mengandung enzim papain serta kaya akan serat. Enzim papain dalam buah pepaya ternyata dapat membunuh parasite yang mengganggu sistem pencernaan di dalam usus halus.

2. Manfaat buah pepaya mencegah flu
Sudah umum diketahui bahwa buah pepaya mengandung banyak vitamin C, vitamin C ini berguna untuk memperbaiki sistem imun dan mencegah serangan berbagai macam penyakit

3. Menjaga kesehatan ginjal
Selain dapat mencegah flu, manfaat buah pepaya lainnya adalah dapat menjaga kesehatan ginjal. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa biji buah pepaya ternyata juga memiliki khasiat. Bukan hanya buahnya yang kaya nutrisit, namun biji buah pepaya juga mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Biji pepaya sangat berguna karena mengandung senyawa flavonoid dan phenotic yang berperan penting bagi kesehatan ginjal.

4. Mencegah serangan jantung dan stroke
Buah pepaya juga mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol dan mampu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Mempertajam penglihatan
Vitamin A yang ada pada buah pepaya sangat berguna bagi kesehatan mata. Jadi, bagi Anda yang sedang memiliki masalah pada mata dan penglihatan, disarankan untuk mengkonsumsi buah pepaya secara rutin guna menjaga kesehataan mata Anda.

Selain buah pepaya, ini makanan lainnya yang dapat menjaga kesehatan mata.

6. Mencegah penuaan dini
Khasiat buah pepaya lainnya dapat membuat Anda awet muda. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa buah pepaya memiliki kandungan antioksidan. Dalam bidang medis, telah diketahui bahwa antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada kulit seperti flek hitam, kulit keriput dan sebagainya.

7. Kesehatan kulit
Selain mengandung vitamin A dan vitamin C, pepaya juga mengandung Vitamin E. Kesemua vitamin tadi sangat berguna bagi kesehatan kulit Anda. Bukan hanya melembabkan kulit saja, tetapi vitamin-vitamin tersebut juga berguna untuk membantu mencerahkan kulit yang kusam dan menyegarkan kulit.

8. Manfaat buah pepaya untuk vitalitas Pria
Untuk khasiat yang satu ini, mungkin masih jarang yang mengetahuinya. Buah pepaya memiliki enzim arginine dan terbukti efektif memacu aliran darah di area mr. P. Ariginie ini mampu mendorong asam nitrat pada tubuh dan merilekskan otot-otot pembuluh darah. Hal ini membuat mr. P membesar dan memperlancar aliran darah di daerah tersebut.

9. Antiradang
Selain bermanfaat bagi pria, manfaat buah pepaya lainnya adalah sebagai antiradang. Seperti yang telah disebutkan bahwa pepaya mengandung papain dan juga chymopapain. Kedua zat tersebut berguna untuk meredakan peradangan serta mempercepat penyembuhan pada luka bakar. Karena kegunaan dari kedua zat tersebut, maka pepaya dimanfaatkan untuk mengobati luka di kulit, psoriaris dan berbagai macam penyakit kulit lainnya.

10. Kesehatan pencernaan
Selain memperlancar buang air besar, pepaya ternyata berkhasiat untuk membersihkan usus dari racun-racun yang tidak sengaja diserap oleh tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena pepaya kaya akan serat dan mengandung antioksidan yang dapat mengangkat serta membersihkan bagian usus lalu membawanya ke saluran pembuangan manusia.

Setelah Anda mengetahui khasiat buah pepaya dan manfaat buah pepaya seperti yang telah dijelaskan di atas, apakah Anda masih meremehkan buah yang satu ini? Buah pepaya adalah buah yang dapat dibeli dengan harga murah namun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah pepaya.

Nah, setelah Anda mengetahui manfaat buah pepaya untuk kesehatan, ketahui juga manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang terlebih dahulu tipscaraalami.com bagikan. Semoga bermanfaat!