0
Tipscaraalami.com - Manfaat buah rambutan - Buah rambutan adalah salah satu buah yang sangat terkenal di indonesia. Seperti di kecamatan Indrapuri, kabupaten Aceh Besar, Aceh, buah rambutan seakan sudah menjadi tanaman yang wajib di tanam, baik di kebun maupun pekarangan rumah. Jadi tak heran, di Indrapuri selain buah langsat, buah rambutan sangat terkenal, berbagai macam jenis pun ada. Dan bila sudah musim rambutan, tak heran sepanjang jalan ratusan penjual menjajakan rambutannya.

Buah yang berbentuk bulat agak lonjong ini akan berwarna kuning dan yang merah tua jika telah masak. Buah ini termasuk buah yang digemari bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dengan rasa yang manis dan memiliki sedikit rasa asam buah ini mampu memikat orang-orang untuk mengkonsumsinya. 

Namun, tahukah Anda jika buah rambutan tersebut selain memiliki rasa yang nikmat juga memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan manusia? Buah rambutan ini memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium serta Vitamin C yang sangat berguna bagi kesehatan Anda. Selain itu, kulit buah ini banyak mengandung tanin serta saponin. Dan bijinya mengandung lemak serta polifenol. Kandungan tannin serta saponin juga terdapat pada daun dari buah ini. Batang buah rambutan juga mengandung tannin dan saponin namun juga terdapat kandungan flavonida, pectic substance dan zat besi.


manfaat buah rambutan untuk kesehatan
Manfaat buah rambutan (c) tipscaraalami.com/mustajib
Perlu Anda ketahui bahwa buah rambutan mengandung khasiat bagi kesehatan Anda. Menurut penelitian para ahli buah rambutan ini kaya dengan zat besi, kalium hingga Vitamin C. Di dalam setiap 100 g daging buah rambutan ini (sekitar tiga buah) mengandung 69 kalori, 18,1 g karbohidrat, serta mengandung 58 mg vitamin. Kadar serat yang dimiliki oleh buah rambutan ini juga cukup tinggi, yakni sekitar 2 g per 100 gram daging buah. Buah dengan karakter seperti buah rambutan ini sangat cocok bagi mereka yang sedang melaksanakan program diet. Maupun yang ingin menjaga berat badannya.

Selain manfaat buah rambutan, daun dari buah rambutan ini dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit disentri , penyakit demam, mengatasi diare dan mampu menghitamkan rambut Anda. Sedangkan kulit dari batang rambutan ini dapat mengatasi sariawan. Akar dari buah ini juga mampu digunakan untuk mengatasi demam dan bijinya berkhasiat untuk mengobati penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah rambutan serta cara mengolahnya untuk mengobati penyakit Anda. Jika Anda meminum obat yang dibuat dari buah ini, tidak ada dosis tertentu dalam pemakaiannya. Jika Anda memakainya untuk obat luar yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggiling daun buah rambutan ini sampai halus lalu tambahkan sedikit air. Saring larutan tersebut dan gunakan airnya untuk perawatan pada rambut Anda.


Manfaat Buah Rambutan

1. Mengatasi disentri
Jika Anda terserang penyakit disentri, Anda hanya perlu mengambil kira-kira sepuluh buah rambutan. Namun di sini yang digunakan bukan daging buahnya tetapi kulit dari buah tersebut. Anda tinggal memotong-motong kulit buah itu lalu rebus dengan menambahkan tiga gelas air minum yang bersih hingga tersisa separuhnya. Setelah di dinginkan, saring rebusan kulit rambutan ini lalu minum ramuan ini tiga kali sehari.

2. Merawat rambut
Manfaat daun rambutan untuk kecantikan adalah dapat membuat rambut indah, sehat, dan hitam alami. Untuk merawat rambut Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengambil daun rambutan seperlunya, lalu haluskan. Tambahkan sedikit air pada daun rambutan yang telah dihaluskan ini lalu saring untuk memisahkan air dan ampasnya. Gunakan air perasan daun rambutan itu untuk membasahi rambut Anda. Lakukan ini setiap hari sampai hasilnya terlihat.

3. Mengobati kencing manis
Selain merawat rambut, manfaat buah rambutan lainnya adalah dapat mengobati kencing manis. Caranya adalah dengan menyangrai lima biji buah rambutan lalu digiling sampai menjadi serbuk. Setelah halus, seduh serbuk tersebut menggunakan air panas. Setelah didinginkan, minum ramuan ini sekaligus untuk mengobati penyakit Anda. Lakukan ini satu sampai dua kali sehari.

4. Manfaat buah rambutan untuk mengobati sariawan
Jika Anda terkena sariawan, kulit buah rambutan ini mampu untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan mengambil kulit batang rambutan sebanyak tiga ruas jari cuci hingga bersih. Rebus kulit batang tadi dengan dua gelas air bersih dan gunakan untuk berkumur selagi hangat.

Dari keterangan diatas, ternyata biji dari buah rambutan ini juga mampu untuk menyembuhkan penyakit. Biji buah rambutan ini tidak mengandung racun serta kaya akan karbohidrat, lemak, protein yang sangat membantu pemenuhan gizi bagi tubuh kita. Biji buah rambutan ini juga mengandung lemak polifenol yang cukup tinggi. Dari kandungan-kandungan buah ini, biji buah ini menghasilkan khasiat hipoglikemik atau menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Untuk itu, tidak mengherankan jika buah rambutan ini digunakan untuk pengobatan alternative bagi mereka yang terkena penyakit kencing manis.

Nah, itulah beberapa manfaat buah rambutan, manfaat daun rambutan, dan manfaat biji rambutan bagi kesehatan dan kecantikan tubuh Anda. Selain manfaat buah rambutan di atas, baca juga manfaat buah alpukat yang sering Anda buat jus itu. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top