5 Cara Menurunkan Demam Tinggi Dengan Cepat Dan Alami

Tipscaraalami.com - Cara menurunkan demam tinggi - Demam adalah suatu penyakit yang sangat menyiksa. Biasanya orang yang mengalami demam suhu badannya akan naik, bahkan bisa mencapai 37 derajat celsius. Penyebab demam umumnya terjadi karena adanya penyakit dan peradangan. Ciri-ciri demam tinggi akan membuat tubuh seseorang lemas dan merasa tak berdaya, dan Anda akan banyak menghabiskan waktu di tempat tidur.

Bila demam pada Anda atau pada anak Anda sudah melebihi 3 hari belum hilang, Anda patut waspada, karena bisa saja itu karena gigitan nyamuk dan berujung pada malaria. Selain itu, jangan sampai gangguan penyakit demam menghambat aktivitas Anda.

cara menurunkan demam tinggi secara alami
Cara menurunkan demam (c) Pixabay.com/OpenClips
Saat penyakit demam tinggi menyerang Anda, jangan sekali-kali langsung meminum obat demam. Anda bisa meredakan demam dengan cara alami. Seperti dikutip dari Boldsky.com, ini cara menurunkan demam tinggi.

Cara Menurunkan Demam

1. Mandi dengan air hangat
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk cara menurunkan demam tinggi adalah berendam atau mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat berkhasiat menurunkan suhu tubuh Anda. Setelah itu, badan Anda akan teras lebih segar dan demam berangsur-angsur menghilang.

2. Gunakan spons basah
Salah satu cara yang populer dan sangat banyak orang gunakan adalah terapi menggunakan spons basah. Dengan spons basah yang diletakkan di atas dahi, sedikit demi sedikit demam Anda akan turun dan pulih.

3. Turunkan suhu ruangan Anda
Bila demam mulai menyerang Anda, jagalah suhu di ruangan Anda supaya tetap dingin. Suhu dingin yang nyaman akan membantu meredakan suhu tubuh Anda, dan demam pun akan menghilang dengan sendirinya.

4. Minum banyak air
Selain itu, cara menurunkan demam lainnya adalah banyak-banyak minum air putih. Saat demam, banyak sekali yang menyarankan untuk banyak-banyak minum air putih. Karena selain membantu agar Anda terhindar dari dehidrasi, air membantu agar panas tubuh Anda menurun sehingga demam pun akan hilang.

5. Oleskan bawang putih pada kaki
Ternyata bumbu dapur ini juga berkhasiat meredakan demam. Anda bisa mencobanya dengan cara mencampurkan sedikit bawang putih dengan minyak kelapa dan kemudian oleskan di telapak kaki Anda. Biarkan selama satu malam dan panas tubuh Anda akan turun.

Itulah cara menurunkan demam tinggi dengan alami dan murah. Ingat, demam yang tinggi jangan di abaikan, karena bisa saja berubah menjadi penyakit yang berbahaya. Selalu berkonsultasi ke dokter bila Anda tidak tau cara menanganinya. Lihat juga khasiat luar biasa dari ikan tuna. Semoga bermanfaat!

Lihat juga: