5 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Tipscaraalami.com - Manfaat buah salak - Setiap masyarakat Indonesia pasti mengenal buah yang satu ini. Buah yang berwarna hitam kecoklatan ini memiliki kulit yang kasar dan seperti memiliki sisik. Daging buahnya yang berwarna putih memiliki rasa yang manis agak asam ini mampu memanjakan lidah para penikmatnya. Buah salak ini memiliki nama ilmiah salacca zalacca ini banyak tumbuh di Indonesia.

Lalu tahukah Anda jika buah salak juga memiliki manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh kita? Memakan buah salak ternyata dapat memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Ada banyak ragam jenis buah salak yang bisa kita temui di Indonesia seperti salak pondoh, salak bali waru, salak condet dan lain sebagainya.


Manfaat buah salak (c) tipscaraalami.com/mustajib
Buah salak yang sudah matang biasanya memiliki beragam rasa dari yang manis masam atau sepat, asam atau yang hanya berasa sepat. Memang buah salak ini hanya tumbuh di daerah tropis, namun buah yang satu ini juga sangat diminati oleh masyarakat Eropa maupun Amerika. Masyarakat Eropa dan Amerika menyebut buah ini dengan sebutan snake fruit dikarenakan kulitnya bersisik dan mirip dengan kulit ular.

Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang khasiat buah salak dan manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan nutrisi buah salak
Tidak hanya bentuk yang unik serta rasanya yang nikmat, buah salak ternyata juga memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Setiap 100 g daging buah salak mengandung energy sebesar 368 kal, protein 0,8 g, karbohidrat sebanyak 90,3 g, lemak 0,4 g, kalsium sebesar 38 mg, fosfor 31 mg, dan zat besi 3,9 mg. Selain nutrisi - nutrisi tersebut, buah salak juga mengandung vitamin C sebesar 8,3 mg.


Manfaat Buah Salak

Karena buah salak memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, tidak begitu mengherankan memang jika buah tersebut memiliki banyak khasiat serta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat buah  salak serta khasit dari buah salak tersebut antara lain adalah :

1. Meningkatkan kecerdasan otak
Nah, manfaat buah salak yang pertama adalah meningkatkan kecerdasan otak. Penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli telah membuktikan bahwa salak diklaim mampu meningkatkan kinerja otak karena buah salak memiliki kandungan potassium dan peknin. Potassium sangat berguna untuk memberikan nutrisi pada syaraf otonom yang merupakan pengendali detak jantung, mampu meningkatkan fungsi otak serta mampu meningkatkan fungsi fisiologi lainnya. Berdasarkan penelitian yang telah dipublikasikan oleh “interview center therapies” mengungkapkan bahwa buah salak mengandung peknin dan sangat berguna mencegah serta mengobati kanker prostat. 

2. Menjaga kesehatan mata
Di dalam buah salak juga terkandung betakaroten yang sangat berguna untuk memelihara serta menjaga kesehatan mata Anda. Penelitian telah menyebutkan bahwa kandungan betakaroten buah salak lebih besar 5,5 kali lipat dibanding buah manga dan 5 kali lipat jika dibandingkan buah semangka. Jika Anda telah bosan merawat kesehatan mata dengan mengkonsumsi jus wortel, Anda dapat menggunakan buah salak ini sebagai alternative dalam menjaga kesehatan mata Anda.

3. Mencegah sembelit
Telah ada mitos yang menyebutkan jika mengkonsumsi buah salak maka akan berakibat pada susah untuk buang air besar. Mitos ini adalah mitos yang salah karena menurut F. X Wahyurin Mitano ahli gizi dari RSUD Dr Soetomo mengatakan, bahwa jika Anda mengkonsumsi buah salak jangan membuang kulit arinya. Kulit ari dari buah salak tersebut mengandung banyak serat, dengan kandungan serat itulah yang memungkinkan mengurangi sembelit pada saat Anda mengkonsumsi buah salak. Selain itu, salak juga memiliki kandungan tannin yang telah dikenal luas mampu mengobati penyakit diare.

5. Membantu progran diet
Manfaat buah salak untuk kecantikan adalah untuk diet. Buah salak mengandung serat yang cukup tingi. Serat ini selain berguna untuk melancarkan buang air besar dapat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah salak tersebut akan membantu anda menghindar dari porsi makan yang lebih besar. Buah salak sangat baik digunakan oleh orang yang sedang menjalani program diet maupun orang yang ingin menjaga berat badannya tetap normal.

Itulah beberapa manfaat buah salak untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!