0
Tipscaraalami.com - Cara menghilangkan bau ketiak - Axilla merupakan bahasa latin yang artinya ketiak, yang merupakan lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dan bahu. Bau ketiak di sebabkan karena adanya keringat yang bercampur dengan bakteri serta adanya sel kulit mati. Tidak hanya itu saja, penyebab bau ketiak lainya adalah keseimbangan pola diet, makanan, dan hormon. Biasanya keriangat muncul setelah manusia melakukan aktivitas, apalagi aktivitas berat.

Hadirnya keringat dapat memperbanyak jumlah bakteri pada tubuh kita. Keringat berasal dari suatu kelenjar yang ada di tubuh kita, yakni kelenjar accrine dan aprocine yang memiliki fungsi yang berbeda. Sistem kerja kelenjar accrine itu sendiri yaitu menghasilkan kelenjar bening, dan tidak berbau. Biasannya keluar pada punggung, telapak tangan atau pada dahi.


cara menghilangkan bau ketiak secara alami
Cara menghilangkan bau ketiak (c) Prisca Ranth/Flickr
Kelenjar apocrine biasanya keluar pada tempat-tempat tertentu, terutama pada tempat-tempat yang terdapat rambut seperti di daerah hidung, kemaluan , dan ketiak. Kelenjar tersebut produksinya akan meningkat terutama pada masa pubertas yang mana jika keringat ini bercampur dengan bakteri makan akan menimbulkan bau tak sedap, atau yang biasa di sebut dengan bau badan.

Bau ketiak yang tidak sedap tentunya akan menurunkan rasa percaya diri Anda dalam bergaul. Orang yang mempunyai bau badan biasanya merasa minder untuk berdekatan dengan orang lain. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau ketiak yang tak sedap.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 cara menghilangkan bau ketiak secara alami.


Cara Menghilangkan Bau Ketiak

1. Mandi yang bersih secara teratur
Mandi bersih secara teratur minimal 2 kali dengan prinsip mandi bersih, yaitu mandi dengan menggunakan sabun dan digosok.

2. Menggunakan daun sirih
Cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih. Daun sirih adalah daun yang berasal dari Indonesia yang merambat pada batang pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai ketinggian 15 m. batang sirih berwarna coklat kehijauan dan beruas. Daunnya berbentuk jantung, beruas dan ujungnya runcing. Bila diremas daun ini akan beraroma sangat sedap. Daun sirih mengandung minyak atsiri yang kandungannya yaitu seperti zat samak, gula, seskuiterpen, pati, diatase dan betlepenol yang berkhasiat untuk menghilangkan bau badan.

Sebenarnya banyak sekali manfaat dari daun sirih, tapi bila Anda ingin tau manfaat lainnya daun sirih selain menghilangkan bau ketiak, Anda bisa membacanya disini, yaitu manfaat daun sirih untuk kesehatan.

Cara mengolahnya yaitu : ambillah 5 lembar daun sirih dan satu sendok air kapur sirih. 5 lembar daun sirih tadi timbuk sampai halus, lalu campuri satu sendok air kapur sirih lalu aduklah sampai rata.

Cara penggunaanya yaitu : oleskan pada bagian ketiak secukupnya, tunggu hingga 20 – 30 menit sampai menyerap. Setelah kering basuh dengan air. Lakukan secara teratur dan berkelanjutan.

3. Menggunakan daun beluntas
Cara menghilangkan bau ketiak dengan cara alami lainnya mengunakan daun beluntas. Duan beluntas merupakan tumbuhan semak-semak yang mempunyai cabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Biasanya tanaman ini dijadikan tanaman pagar karena ia tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter jika belum pernah di pangkas. Daun ini berbentuk bulat telur sungsang, ujungnya bundar melancip dan tepi daunnya bergerigi berwarna hijau terang. Kandungan dalam daun beluntas yaitu kalsium, alkaloid, flavonoid, tannin, minyak atsiri, magnesium dan fosfor.

Konsumsilah daun inin secara rutin selama satu bulan. Biasannya daun ini di gunakan untuk lalapan makanan. Tidak perlu dimasak terlebih dahulu, cukup di cuci hingga bersih.

4. Daun kemangi
Cukup dengan memakan daun mentah-mentah dan di cuci hingga bersih sebelum dimakan. Biasannya daun ini juga di jadikan sebagai lalapan makanan.

Baca juga manfaat daun kemangi lainnya.

5. Jahe merah
Selain dengan daun kemangi, cara menghilangkan bau ketiak lainnya adalah dengan menggunakan jahe merah. Dengan meminum jahe merah yang telah di racik menjadi minuman jahe, dapat mengurangi bau badan dan bau ketiak Anda. Selain diminum jahe ini bisa di gunakan dengan cara menggosokkan lumatan jahe ke daerah yang banyak memproduksi keringat, terutama di daerah ketiak.

6. Jeruk nipis
Bahan yang digunakan adalah satu buah jeruk nipis, satu lembar daun sirih merah, dan kapur secukupnya. Cara meramunya yaitu belah jeruk nipis menjadi dua. lalu lumatkan daun sirih merah dan kapur secara merata. Peras jeruk ke lumatan daun sirih merah dan kapur yang telah di lumatkan tadi. Oleskan pada ketiak dan tunggu selama 15 menit lalu tunggu hingga kering. Setelah itu basuh dengan air, dana gunakan secara teratur dan berkelanjutan.

Baca juga manfaat jeruk nipis lainnya untuk kesehatan.

7. Hindari memakai baju terlalu ketat
Jangan tertalu sering memakai pakaian yang terlalu ketat, karena memakai pakaian yang ketat akan mudah sekali tubuh mengeluarkan keringat terutama pada bagian ketiak.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan permanen. Memiliki bau ketiak atau bau badan yang terlalu kuat pasti membuat Anda kurang percaya diri dalam melakukan berbagai rutinitas sehari. Maka, coba lakukan beberapa cara menghilangkan bau ketiak di atas, dan semoga masalah bau badan dan ketiak Anda cepat teratasi.

Lihat juga:


Selain cara menghilangkan bau ketiak secara alami, baca juga artikel menarik lainnya seperti cara menghilangkan bau mulut, dan penyebab bau mulut. Semoga bermanfaat!
loading...
loading...
 
Top